Home Tips 6 Manfaat Konsumsi Oatmeal

6 Manfaat Konsumsi Oatmeal

by Mas Abadi
manfaat konsumsi oatmeal

Belakangan ini oatmeal sedang naik daun dan banyak dibicarakan dalam masyarakat. Terutama untuk lingkungan yang sedang ingin melakukan diet, karena oatmeal dipercaya memiliki pengaruh dalam menjaga kesehatan dan menu sehat untuk sarapan setiap harinya, sehingga banyak orang penasaran dan ingin mencobanya. 

Sisi lainnya, biasanya oatmeal banyak dipilih dan digunakan oleh beberapa orang untuk menu diet, karena dipercaya memiliki pengaruh yang baik. Sehingga tidak heran ketika ada teman Anda yang sedang melakukan diet, maka sering mencoba dan mengkonsumsi oatmeal. Lantas, apa saja sih manfaat oatmeal itu? Simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Manfaat Oatmeal

1. Menurunkan Kolesterol 

Jika Anda ingin menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda, caranya bisa Anda lakukan dengan mengganti pola makan dengan oatmeal. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan dalam oatmeal yang kaya akan serat larut. Fungsi dan perannya tersebut memberikan daya hambat pada kolesterol LDL atau jahat, sehingga berperan aktif dalam mencegah jantung dan stroke. 

Pendapat satu ini bukan tanpa dasar yang jelas, berdasarkan informasi dari Anne Whitehead menjelaskan dalam National Library of Medicine menjelaskan apabila kandungan dari zat beta glucan yang ada pada oatmeal ampuh dan efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda dan membuat diri Anda akan jauh lebih sehat. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Untuk Anda yang belum tahu dan ingin mencoba mengganti pola makan dengan oatmeal, maka rasanya Anda perlu melihat manfaat lainnya. Jika Anda rutin konsumsi oatmeal, perlu dipahami secara bersama-sama, apabila dalam oatmeal tersebut mengandung avenanthramide yang berperan sebagai antioksidan dan mencegah penyumbatan dalam aliran darah. 

Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk tubuh dan terhindar dari serangan jantung yang termasuk penyakit berbahaya di dunia. Riset satu ini juga didapatkan dari hasil studi oleh ahli kardiologi yang berada di Taipei dan menjelaskan apabila konsumsi oatmeal sendiri secara rutin akan membantu diri Anda dari kondisi pemulihan dari pasca serangan jantung yang optimal. 

3. Resiko Tekanan Darah Tinggi 

Manfaat berikutnya ketika Anda rutin dan rajin konsumsi oatmeal adalah mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi. Bagian satu ini akan memberikan manfaat pada diri Anda, termasuk dalam mengontrol gula darah yang ada dalam tubuh Anda tersebut. Kondisi satu ini perlu untuk Anda pahami, sehingga tidak menjadi permasalahan. 

Untuk Anda yang menderita gejala tekanan darah tinggi atau hipertensi, Konsumsi oatmeal bisa menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba. Sisi lainnya, terdapat kandungan lain yang akan berpengaruh pada aspek kesehatan lainnya. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat darah tinggi, tidak ada salahnya konsumsi oatmeal tersebut. 

4. Terhindar Resiko Diabetes

Untuk Anda yang mempunyai gejala diabetes, maka dapat menghindarinya dengan rutin konsumsi oatmeal. Karena peranan dalam oatmeal sendiri mampu untuk mengontrol dan mencegah gula darah menumpuk dan terhambat. Hal ini tentunya bisa menjadi pilihan yang menarik untuk menjaga kesehatan dalam tubuh Anda tersebut, termasuk gejala diabetes. 

Berdasarkan penelitian dari ahli gizi yang berasal dari Universite de Lyon Perancis menjelaskan apabila oatmeal sendiri mempunyai penurunan yang efektif dalam menurunkan glukosa yang terkandung dalam darah dan membuat kinerja dari insulin sendiri akan lebih baik dalam tubuh Anda tersebut. 

Bagian satu ini sangat menarik untuk Anda coba, sehingga jika Anda mempunyai riwayat resiko diabetes yang tinggi, tidak ada salahnya untuk mencoba rutin konsumsi oatmeal. 

5. Efektif Menurunkan Berat Badan 

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda temukan dan dapatkan dengan rutin konsumsi oatmeal sendiri adalah lebih efektif dalam menurunkan berat badan. Kondisi satu ini sangat menarik untuk Anda lihat dan coba semuanya secara keseluruhan. Oleh karena itu, jika Anda sedang menjalankan program diet, tidak ada salahnya mencoba mengganti dengan oatmeal. 

Kondisi satu ini dipengaruhi oleh beta glucan yang terkandung dalam oatmeal dan membuat kandungan hormon akan terpicu, sehingga membuat perut Anda tidak ingin makan berlebihan dan membuat Anda jauh lebih bisa mengontrol diri Anda tersebut. Sisi lainnya, karbohidrat yang ada pada oatmeal membuat energi akan jauh lebih cukup dan terhindar dari lesu. 

Dengan demikian, program diet yang sedang Anda lakukan tersebut akan jauh lebih efektif dan membuat Anda tetap bisa mengontrol makanan dengan sangat baik tanpa ada rasa lemas. 

6. Mampu Merawat Kulit 

Dampak positif lainnya jika Anda memutuskan untuk rutin konsumsi oatmeal adalah membuat kulit pada diri Anda akan jauh lebih terawat dan mampu menghaluskan. Kondisi satu ini akan mampu membuat Anda akan tampil lebih cantik dan bersih. 

 

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika rutin dan rajin konsumsi oatmeal, jika Anda ingin mendapatkan banyak manfaat tersebut coba ubah pola makannya. 

You may also like