Home Investasi 6 Jenis Investasi Aman Tapi Menguntungkan Untuk Pemula

6 Jenis Investasi Aman Tapi Menguntungkan Untuk Pemula

by Mas Abadi
contoh investasi

Warren Buffet mengatakan jika kita tidak mencari jalan untuk menghasilkan uang saat tertidur, maka kamu akan bekerja sampai mati. Memaknai hal ini, bisa dibayangkan jika merdeka secara finansial tentu sangat dibutuhkan. Usia boleh muda bukan berarti tidak melek investasi. Berikut contoh investasi bagi pemula yang aman dan menguntungkan.

Kenapa Investasi Penting?

Siapa yang tidak tergiur menjadi orang kaya? Membayangkan saja sudah membuat senyum senyum sendiri. Kamu perlu tahu, jika inflasi itu akan terus terjadi. Dimana uang masuk kuliah 10 tahun yang lalu saat ini setara dengan uang masuk anak TK. Hal ini menjadi masuk akal mengapa kamu harus berinvestasi sejak usia muda.

Investasi bukanlah pilihan melainkan sebuah kebutuhan yang tidak semestinya diabaikan. Banyak yang menunda investasi karena berfikir jika keuangannya belum stabil. Padahal saat ini untuk memulai investasi tak harus mengeluarkan modal tinggi. Tapi kembali lagi, kebanyakan anak muda belum terlalu memikirkan keuangan masa depannya.

Dengan investasi, maka kamu bisa mendapatkan sumber keuangan baru. Nilai atas uang kamu akan bertambah, tak seperti menabung yang jumlahnya akan tetap diam. Nantinya dana investasi yang menghasilkan bunga, maka bunga itulah keuntungan kamu. Ada banyak contoh investasi yang bisa kamu lakukan demi merdeka secara finansial.

Investasi juga akan membantu kamu untuk meraih tujuan kamu di masa depan. Misalnya ingin membangun sebuah bisnis ataupun membeli rumah di masa depan. Dengan berinvestasi, kamu juga sedang menyiapkan dana pensiun kamu. Awalnya memang belum terasa, karena sifat dari investasi sendiri jangka panjang.

Jenis Investasi Yang Cocok Bagi Pemula

1. Investasi Logam Mulia

Investasi logam mulia khususnya emas merupakan investasi yang banyak dilirik dan cocok bagi pemula. Selain termasuk yang minim resiko, investasi ini juga memiliki keuntungan yang menggiurkan. Jika kamu ingin memulai investasi dengan modal yang ringan, maka investasi logam mulia ini bisa kamu jadikan pilihan.

Kamu memang harus membeli emas terlebih dahulu untuk kemudian menjadikannya lebih banyak. Kamu bisa memilih emas batangan Antam ataupun perhiasan emas. Harga emas terbilang selalu stabil, sehingga ketika kamu akan menjualnya tidak akan mengalami banyak kerugian. Untuk mencairkan investasi emas juga bukanlah hal yang sulit.

Selain bisa memulai investasi dengan modal yang cukup, kamu juga bisa membuka tabungan emas. Dengan tabungan emas, maka kamu tak harus memiliki modal yang besar. Kamu bisa memulai menabung dengan 0,01 gram. Tentu saja ini sangat terjangkau dan bisa kamu secepatnya agar hasilnya di masa depan lebih menguntungkan.

Baca Artikel Selanjutnya : Tertarik Investasi Deposito? Yuk Intip Cara Hitung Bunganya Di Sini

2. Reksadana

contoh investasi

Selain emas, kamu juga bisa menjadikan investasi reksadana sebagai pilihan. Investasi satu ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki banyak waktu, serta tidak memiliki keahlian untuk menghitung investasi. Sebab, reksadana akan dikelola oleh Manajer Investasi atau MI yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Reksadana sendiri terdiri dari banyak ragam, mulai dari reksadana saham, reksadana pasar uang dan juga reksadana obligasi. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk bisa memulai investasi ini, setidaknya kamu memiliki dana sekitar Rp 100 ribu saja. Tapi, sebelum kamu memulai investasi satu ini ada baiknya kamu pahami lebih jauh apa itu reksadana.

3. Deposito

Instrumen investasi berikutnya yang juga cocok untuk pemula adalah deposito. Sebenarnya investasi ini mirip dengan tabungan biasa di bank. Yang membedakannya adalah memiliki jangka waktu penyimpanan yang lebih lama. Dengan begitu kamu akan mendapatkan bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasanya..

Bisanya bunga yang diterapkan mulai dari 1 sampai 6%. Kamu bisa menyimpan sejumlah dana dengan jangka waktu tertentu. Kamu tidak akan bisa mengambil atau menyentuh uang yang ada sebelum waktunya. Investasi satu ini memiliki kelemahan, yakni bisa mengalami inflasi yang pasti akan terjadi. Tapi untuk pemula, investasi ini terbilang aman.

4. P2P Lending

Alternatif investasi yang belakangan ini naik daun adalah P2P Lending. Populernya investasi ini terjadi karena pinjaman online yang meningkat. Sistem investasi ini cukup sederhana, perusahaan P2P Lending akan menjadi jembatan untuk pihak yang membutuhkan dana dan investor. Kamu hanya perlu memberikan suntikan dana, dan keuntungan didapatkan dari bunga.

5. Saham

Saham masih menjadi investasi dengan untung yang menggiurkan. Sudah banyak anak muda yang mulai bergabung dengan investasi saham. Saat ini akses pasar saham memang semakin mudah dan diimbangi dengan perusahaan sekuritas yang bisa diakses. Tidak ada salahnya untuk bergabung dengan bisnis ini untuk melatih strategi kamu.

Investasi memberikan banyak manfaat pada keuangan di masa depan. Beberapa contoh investasi yang telah disebutkan bisa dijadikan sebagai pilihan. Manapun yang ingin kamu pilih, kamu harus tetap disiplin dalam investasi. Sehingga di masa mendatang, tujuan yang ingin kamu raih bisa didapatkan.

You may also like