Home Tips 6 Daftar Makanan Penurun Kolesterol yang Murah dan Mudah Didapatkan

6 Daftar Makanan Penurun Kolesterol yang Murah dan Mudah Didapatkan

by Greg Pascal
makanan penurun kolesterol

Tidak ada yang mau mempunyai kadar kolesterol yang tinggi di tubuhnya. Jika memungkinkan dan dengan cara yang berbeda, Anda perlu menurunkan kolesterol jika sudah berlebihan. Untungnya, saat ini ada beberapa makanan penurun kolesterol yang bisa Anda temukan dengan mudah, serta harganya murah meriah. 

Kolesterol pada Tubuh

Ada dua jenis kolesterol di dalam tubuh yaitu high-density lipoprotein (HDL) atau biasa disebut kolesterol baik. Sedangkan yang kedua adalah low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolesterol jahat.

Sebenarnya, tubuh membutuhkan kolesterol untuk membantu membangun sel-sel yang sehat. Memiliki kolesterol yang terlalu tinggi sebenarnya dapat menyebabkan penumpukan plak yang menyumbat pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti stroke dan penyakit jantung.

Batasan kolesterol normal dalam tubuh antara 160-200 mg. Sehingga, saat kadar kolesterol Anda masih dibawah 200 mg, Anda tidak perlu merisaukannya. Yang berbahaya adalah kadar kolesterol dalam darah jauh lebih tinggi. 

Kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit sekaligus menyumbat aliran darah. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan penurun kolesterol secara rutin. Terlebih lagi, dengan pola makan masyarakat, kolesterol tinggi tidak hanya mempengaruhi orang tua, tetapi anak muda juga bisa memiliki kolesterol tinggi. 

Ini karena asupan makanan mereka tidak dijaga. Terutama makanan berlemak. Semakin banyak makanan berlemak yang masuk ke dalam tubuh Anda, semakin banyak lemak yang menumpuk akan meningkatkan kadar kolesterol tubuh Anda. Contoh makanan yang meningkatkan kadar kolesterol adalah gorengan, susu, daging kambing dan masih banyak makanan berlemak lainnya.

Ketika kolesterol LDL tinggi, itu akan menghalangi aliran darah. Tentunya, timbunan lemak yang buruk akan mengganggu suplai makanan ke jantung. Serta dapat menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti stroke dan penyakit jantung.

Kolesterol tinggi juga sering dikaitkan dengan orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Namun, pada kenyataannya orang kurus juga berisiko mengalami  peningkatan kadar kolesterol. Apabila Anda tidak menjaga pola makan yang sehat. 

Namun, tidak semua makanan berbahaya bagi tubuh, dan ada juga makanan yang menurunkan kolesterol. Dengan makan dengan benar, penurunan kolesterol tinggi bisa tercapai. Untuk lebih mempermudah penurunan kolesterol, Berikut ini beberapa daftar makanan dengan harga murah meriah yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Daftar Makanan Penurun Kolesterol

makanan penurun kolesterol

Baca Artikel Selanjutnya :

1. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber lemak tak jenuh yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Kacang polong banyak mengandung mineral, protein dan juga serat. Mengganti biji-bijian dan daging olahan dengan kacang-kacangan dapat mengurangi resiko penyakit jantung yang disebabkan tingginya kadar kolesterol jahat pada darah.

Kacang kenari kaya akan berbagai macam asam lemak omega-3 nabati, sejenis lemak tak jenuh ganda yang berpengaruh pada jantung. Selain itu, Almond dan kacang-kacangan lainnya sangat tinggi L-arginine, asam amino yang membantu tubuh memproduksi oksida nitrat. Serta membantu mengatur tekanan darah.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang baik untuk kesehatan jantung, karena mengandung lemak tak jenuh. Selain itu, alpukat kaya akan mineral, vitamin dan senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol jahat pada aliran darah. 

Sebab itulah, alpukat bisa dijadikan sebagai buah penurun kolesterol. Hanya dengan memakan 1 buah alpukat sehari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) Anda. 

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa selain pengaruhnya terhadap kadar kolesterol. Alpukat dapat memberikan rasa kenyang jangka panjang dan menstabilkan kadar gula darah. Alpukat juga mengandung senyawa antioksidan dan glutathione, yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dan kanker.

3. Ikan

Kandungan minyak Omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan Anda. Lemak omega-3 telah terbukti melindungi diri dari penyakit jantung, demensia, dan penyakit lainnya. Salmon adalah makanan yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. 

Hal ini berdasarkan penelitian dari Loma Linda University, dimana mengonsumsi lemak omega-3 yang terdapat pada ikan, seperti salmon dan sarden, dapat meningkatkan kolesterol baik hingga empat persen.

4. Pepaya

Pepaya adalah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Pepaya juga kaya senyawa antioksidan, seperti vitamin C dan E serta likopen. Selain itu, vitamin E dan C yang ditemukan pada pepaya akan bergabung dengan enzim yang disebut paraoxonase, yang nantinya bisa menghambat oksidasi kolesterol di pembuluh darah.

5. Brokoli

Brokoli dikenal sebagai makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya, brokoli memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat tubuh Anda. 

Brokoli akan mendukung proses detoksifikasi alami tubuh. Dengan demikian, berbagai penyakit pada tubuh akan segera tersingkir. Untuk mendapatkan manfaat brokoli sebagai penurun kolesterol, masaklah brokoli dan hindari menggunakan minyak untuk mengkonsumsi brokoli.

6. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan selama berabad-abad sebagai bahan kuliner dan obat-obatan. Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih bisa menurunkan tekanan darah tinggi serta dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol jahat.

Itu dia enam makanan penurun kolesterol yang bisa Anda temukan dengan mudah dan juga tidak akan menguras dompet Anda saat ingin membelinya. Selain mengubah pola makan, ada baiknya Anda juga merubah gaya hidup yang lebih sehat, seperti berolahraga secara rutin, membatasi konsumsi minuman beralkohol, berhenti merokok, serta mengurangi makanan berlemak.

You may also like