Home Bisnis 6 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil-Kecilan

6 Cara Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kecil-Kecilan

by Mas Abadi
modal usaha

Bisnis kecil-kecilan menjadi salah satu solusi untuk memperoleh pendapatan tambahan. Karena usaha dalam skala kecil ini tidak akan menyita banyak waktu anda, namun tetap mampu menghasilkan keuntungan. Sehingga anda mendapat tambahan pemasukan tanpa harus mengorbankan pekerjaan utama. Untuk memulai bisnis ini, berikut modal usaha yang bisa digunakan.

Sumber Modal untuk Memulai Usaha

1. Menggunakan Tabungan Pribadi

Menggunakan tabungan pribadi merupakan salah satu cara paling mudah yang bisa ditempuh untuk memulai bisnis kecil-kecilan. Apalagi dengan tabungan sendiri, anda tidak perlu mengembalikan modal kepada siapapun saat bisnis sudah menghasilkan keuntungan. Pasalnya semua modal berasal dari uang pribadi anda sendiri.

Biasanya memang banyak orang yang menabung untuk berbagai tujuan, misalnya untuk membeli suatu barang, sebagai bekal ketika sudah pensiun, hingga dana darurat. Dalam hal ini, tidak ada salahnya jika anda menggunakan tabungan untuk memulai usaha. Namun pastikan bahwa tabungan masih ada sisa untuk biaya hidup dan dana darurat.

2. Meminjam dari Kenalan

Jika anda tidak memiliki tabungan sendiri, maka modal bisnis juga bisa dikumpulkan dengan cara meminjam dari orang lain. Di sini anda dapat meminjam pada keluarga, saudara, maupun teman. Meminjam pada kenalan akan memberi keuntungan lebih, bila dibandingkan meminjam di bank.

Pasalnya tidak ada bunga yang harus anda bayar ketika mengembalikan pinjaman tersebut. Namun, meminjam dari kenalan juga memiliki sisi negatifnya sendiri karena bisa mengganggu kelangsungan hubungan anda dengan orang tersebut. Maka dari itu, anda wajib untuk memastikan kapan uang ini akan dikembalikan sebelum meminjam.

3. Kredit Usaha Rakyat

KUR atau kredit usaha rakyat merupakan salah program pemerintah yang digalakkan melalui perbankan. Dimana program tersebut bertujuan untuk membantu pembiayaan kepada para pelaku UMKM, yang mencakup berbagai macam bentuk usaha. Namun jenis usaha yang umumnya menggunakan KUR di antaranya yaitu perikanan, kelautan, pertanian, dan perindustrian.

Untuk mendapatkan kredit usaha rakyat ini, maka anda perlu menyiapkan beberapa berkas seperti KTP, kartu keluarga, surat keterangan domisili, akte pendirian usaha, SIUP atau TDP, laporan keuangan, serta proposal usaha. Pastikan juga bahwa bank yang anda tuju memang merupakan perbankan yang telah ditunjuk pemerintah untuk menyediakan KUR.

4. Kredit Tanpa Agunan

Cara mendapatkan modal usaha satu ini kebanyakan sudah bisa dilakukan pada berbagai bank. Dan sesuai dengan namanya, anda tidak perlu memiliki aset seperti mobil atau rumah untuk mengajukan pinjaman. Cukup menyiapkan berkas dokumen seperti fotokopi KTP, kartu keluarga, serta riwayat penggunaan kartu kredit.

Meski anda bisa mendapatkan dana hanya dalam 2 hingga 3 hari saja tanpa perlu menyediakan jaminan, namun KTA ini juga memiliki kekurangan. Seperti bunganya relatif tinggi, limit kecil, harus menjadi pemegang kartu kredit, dan pinjaman yang anda ajukan tergantung pada penghasilan dan profesi yang dimiliki.

5. Menjual Aset

Menjual aset yang dimiliki bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghadirkan modal guna memulai bisnis. Namun ini bisa dapat dilakukan apabila anda memiliki aset yang bisa dijual, seperti kendaraan bermotor, properti, emas, atau jenis investasi lain. Nantinya keuntungan yang diperoleh dari bisnis bisa anda gunakan kembali untuk membeli aset tersebut.

6. Modal dari Konsumen

Jika tidak mempunyai tabungan maupun aset yang bisa dijual, namun ragu jika harus berhutang. Maka ada cara praktis yang bisa anda tempuh untuk menghadirkan modal bisnis, yaitu menggunakan modal dari konsumen. Caranya dengan menggunakan sistem PO dan meminta uang muka terlebih dahulu kepada calon konsumen tersebut.

Baca Artikel Selanjutnya : Pemula Wajib Tahu! Berikut Perkiraan Modal Usaha Laundry Kiloan

Tips Memulai Bisnis Kecil-Kecilan

modal usaha

1. Hitung Modal Bisnis

Sebelum mencari modal untuk memulai bisnis, sebaiknya anda hitung terlebih dahulu kira-kira berapa jumlah modal yang anda perlukan dalam bisnis tersebut. Hitung dengan teliti apa saja kebutuhan yang anda perlukan di awal. Sebaiknya, jangan memasukkan barang yang hanya dirasa perlu namun nyatanya tidak begitu diperlukan untuk awal bisnis.

2. Lakukan Riset

Ada baiknya anda melakukan riset atau pengamatan terlebih dahulu saat ingin membuka sebuah usaha. Hal ini bertujuan agar bisnis yang anda jalankan sukses dan tidak merugi di kemudian hari. Pasalnya ide bisnis merupakan hal penting selain modal. Modal besar bahkan tidak menjamin bisnis anda bisa sukses, jika tidak dipikirkan dengan matang.

3. Susun Rencana

Setelah mendapatkan ide akan memulai bisnis apa, maka penting untuk menyusun rencana serta visi misi bisnis. Meski usaha yang anda lakukan termasuk dalam skala kecil, namun perencanaan matang akan membuka peluang agar usaha ini bisa berkembang menjadi lebih besar di kemudian hari. Perencanaan ini meliputi tujuan usaha, target pasar, bentuk pemasaran, dan lain lain.

Itulah berbagai cara mendapatkan modal usaha serta tips memulai bisnis itu sendiri. Dimana memulai sebuah bisnis memang bukan perkara mudah, meski dalam skala kecil sekali pun. Ada kalanya mungkin anda akan menemui berbagai masalah hingga pada titik gagalnya usaha. Namun dengan perencanaan matang, berbagai risiko ini bisa diminimalisir dan menyukseskan bisnis.

You may also like