Home Tabungan 6 Cara Mencapai Target Tabungan Rp. 100 Juta Usia Muda

6 Cara Mencapai Target Tabungan Rp. 100 Juta Usia Muda

by Mas Abadi
target tabungan 100 juta

Memiliki tabungan yang banyak pada usia muda memang menjadi impian banyak orang, karena sudah mendapatkan kebebasan finansial yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Kondisi ini tentunya diinginkan dan diharapkan oleh banyak orang mudah diluar sana agar mampu mendapatkan dan memiliki tabungan 100 juta rupiah pertamanya. 

Sebenarnya untuk mendapatkan 100 juta rupiah pertama dan dijadikan tabungan yang diinginkan itu bukan tidak mungkin untuk didapatkan. Karena, apabila Anda bisa mengatur dan mampu menentukannya, maka tidak ada yang tidak mungkin. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencapai dan mendapatkan tabungan 100 juta rupiah. 

Mendapatkan Tabungan Rp. 100 Juta

1. Ubah Sudut Pandang 

Mungkin Anda akan beranggapan akan sangat sulit untuk menerima dan mendapatkan 100 juta rupiah pertama sebelum umur 30 tahun. Rasanya mindset tersebut sudah harus Anda ubah dan ganti dengan kepercayaan diri yang paling optimal. Cara utama yang harus Anda perhatikan adalah yakin akan impian Anda tersebut dan mampu mencapainya. 

Dengan sudut pandang yang lebih positif membuat diri Anda akan jauh lebih mudah dalam melihat dan menentukan skala yang ingin didapatkan. Faktor inilah yang harus dilihat dan didorong sepenuhnya oleh diri Anda tersebut. Oleh karena itu, jangan pesimis dalam melihatnya dan terapkan semuanya akan jauh lebih baik lagi. 

2. Menentukan Target 

Langkah berikutnya Anda sudah mengubah beberapa pikiran negatif dalam diri Anda dan yakin untuk bisa mencapai dan mendapatkan tabungan 100 juta rupiah pertama. Namun, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan target yang ingin mencapainya. Dengan demikian, membuat diri Anda akan jauh lebih termotivasi dalam melihatnya. 

Apabila Anda hanya akan mengalir, maka tujuan yang diinginkan tidak bisa didapatkan dan disampaikan dengan jelas. Kondisi satu ini harus Anda pertimbangkan dan pahami secara bersama-sama, sehingga harus jelas dan paham akan semuanya. Oleh karena itu, tentukan semuanya, termasuk target dalam mendapatkannya. 

Mungkin Anda bisa mencapai tabungan tersebut sebelum memasuki umur 30 tahun atau juga bisa lebih tergantung dari kondisi yang sedang Anda lakukan sekarang. 

3. Catat Semua Pengeluaran dan Pemasukan

Tidak kalah penting untuk Anda lihat dan tentukan mengenai pencatatan pemasukan dan pengeluaran yang ada. Tahap ini memang harus Anda perhatikan dan pahami secara menyeluruh agar tidak salah dalam melakukannya. Apabila Anda salah dalam bertindak, maka akan ada banyak kerugian yang akan didapatkan. 

Karena, keuangan yang Anda habiskan tersebut tidak mempunyai kontrol dan membuat Anda akan kesulitan untuk mengevaluasi pengeluaran yang paling besar. Pada tahap ini, semuanya harus jelas dan lengkap. Jangan sampai Anda menganggap pengeluaran yang dilakukan terbilang sepele, karena tujuan untuk mendapatkan tabungan diinginkan sulit untuk dicapai. 

Apabila Anda sedang ingin mencapai target tabungan 100 juta rupiah, maka maksimalkan diri Anda untuk bisa mencatat semuanya secara terperinci. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat dan mengevaluasi dengan jelas, sehingga kedepannya nanti akan membuat Anda jauh lebih bijak dan tidak sembarangan dalam melakukannya. 

4. Menyisihkan Keuangan 

Langkah berikutnya untuk mencapai keuangan yang lebih baik dan mendapatkan tabungan 100 juta rupiah selama sebulan itu bisa dilakukan dengan rutin menyisihkan keuangan. Mungkin sebelumnya Anda akan berpandangan apabila mengisahkan keuangan akan mendapatkan tabungan, tetapi jika ingin target yang lebih besar Anda harus menyisihkannya. 

Tahapan satu ini perlu untuk Anda lihat dengan jelas dan menyeluruh, sehingga target yang ingin Anda capai tersebut bisa terealisasi dan mampu mendapatkannya. Oleh karena itu, ubah mindset sesuai dengan ketentuan awal, sehingga impian besar yang terasa tidak mungkin akan dapat tercapai dan terwujud, terpenting Anda sabar dan menikmati prosesnya. 

5. Mencari Pemasukan Tambahan 

Untuk Anda yang ingin mendapatkan tabungan 100 juta rupiah sebulan mungkin bisa Anda lakukan dengan mencari pemasukan tambahan. Hal ini rasanya tidak mungkin apabila Anda hanya mengandalkan pemasukan dari UMR saja, apalagi itu satu-satunya sumber pemasukan. Karena akan sangat sulit untuk mendapatkannya. 

Cara yang paling tepat untuk mencapai semuanya tersebut dengan mencari dan mendapatkan sumber penghasilan tambahan. Ada banyak alternatif yang bisa Anda lakukan, mulai dari mencoba freelance, berjualan, dan sebagainya. 

6. Investasi

Terakhir yang harus Anda lakukan agar bisa mencapai target tabungan yang diinginkan adalah mulai melakukan investasi. Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih, namun pastikan Anda mencari dan menentukan yang paling aman dan keuntungannya menarik untuk dicoba, paling aman sementara ini adalah reksa dana. 

 

Nah, bagaimana mulai terpacu untuk mendapatkan tabungan 100 juta rupiah pertama sebelum umur 30 tahun? Terapkan beberapa tips dan ketentuan diatas, maka secara tidak langsung Anda akan menuju mendapatkan target tersebut.

You may also like