Home Perencanaan 6 Cara Mencapai Kebebasan Finansial

6 Cara Mencapai Kebebasan Finansial

by Mas Abadi
kebebasan finansial

Mungkin dari Anda pernah mendengar kebebasan finansial, bagian satu ini sangat menarik untuk Anda lihat secara menyeluruh. Tentu mempunyai banyak tabungan dan bebas secara maksimal menjadi target dan tujuan banyak orang. Bagian satu ini akan membuat Anda tertarik untuk melakukannya dan menggapai harapan tersebut. 

Untuk mencapai itu semua, perlu adanya persiapan dan perencanaan yang baik agar bisa mencapai tujuan tersebut. Dalam tahap ini, untuk Anda yang tertarik dalam melakukannya, maka kami akan memberikan cara untuk mencapainya. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan dalam mencapainya, simak yuk penjelasan lengkapnya. 

Mencapai Kebebasan Finansial

1. Menentukan Tujuan Hidup 

Untuk mencapai kebebasan finansial yang bisa Anda lakukan adalah menentukan tujuan hidup terlebih dahulu. Karena bagian satu ini sangat penting untuk menentukan arah untuk bisa mencapai itu semuanya. Bagian ini harus jelas dan bisa Anda pahami secara menyeluruh, sehingga kedepannya dapat dengan maksimal untuk mendapatkannya. 

Semuanya berlandaskan pada impian yang diinginkan terlebih dahulu, sehingga Anda mempunyai motivasi untuk mencapai dan mendapatkan semuanya. Pahami secara jelas dan perhatikan secara menyeluruh. Dengan demikian, kebebasan yang Anda inginkan tersebut bisa tercapai nantinya. 

2. Memperhatikan Kondisi Keuangan

Mengenai kondisi keuangan, tentu hanya diri Anda sendiri yang mampu memahaminya. Dalam tahap ini yang bisa memahami dan mengenalnya hanya diri Anda tersebut. Dengan demikian, ketentuan ini akan membuat Anda akan lebih mampu untuk mengukur dan melihat kondisi keuangan yang Anda miliki tersebut. 

Jika Anda sudah mampu mengukur dan memahaminya, maka Anda sudah bisa menentukan skala prioritas yang bisa dilakukan. Apabila ingin mencapai kebebasan yang diinginkan, tentunya Anda harus mengukur dan memprioritaskan terkait arus masuk dan keluarnya. Dengan demikian, kedepannya Anda bisa menentukan tujuan yang diinginkan. 

3. Melunasi Segala Hutang 

Hidup ditengah kemudahan untuk mendapatkan program cicilan membuat Anda mudah tergiur dan sering kali terjebak dengan beberapa penawarannya. Untuk terlepas dari bagian dan sistem tersebut memang terlihat sulit, namun semuanya mempunyai kontrol sendiri dan diri Anda mampu mengatur dan membatasinya untuk tidak menggunakannya. 

Awalnya memang terlihat akan sangat sulit, tetapi apabila Anda bisa menahan semuanya tentu tidak akan muncul kesulitan. Jika Anda sudah terlanjur memiliki hutang, maka tahapannya bisa Anda lakukan dengan melunasi semuanya terlebih dahulu. Bagian satu ini sangat menarik dan jelas untuk pahami, sehingga perlahan akan mengurangi beban pada keuangan Anda tersebut. 

Sisi lainnya akan membuat diri Anda akan jauh lebih santai dalam menghadapinya, sehingga sangat menarik untuk dipahami. 

4. Rutin Menabung 

Jika Anda ingin mendapatkan kebebasan finansial sesuai dengan tujuan yang diinginkan, maka mulai mempersiapkan dan rutin untuk melakukan proses tabungan. Apabila Anda memilih untuk proses menabung dengan bank, perhatikan untuk memisahkan antara pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan. 

Kondisi ini sangat penting untuk Anda lihat secara menyeluruh, sehingga dalam proses mengaturnya tidak mengalami kesulitan dan membuat Anda lebih mudah dalam memantaunya. Oleh karena itu, pahami semuanya dengan jelas dan jangan sampai Anda terjebak pada bagian tersebut, sehingga mampu mencapai kebebasan keuangan yang Anda impikan. 

5. Mempersiapkan Dana Darurat

Hal selanjutnya yang tidak kalah penting untuk Anda lihat mengenai dalam mempersiapkan dana darurat. Kebutuhannya ditujukan untuk memenuhi berbagai keperluan jika terjadi permasalahan atau mendesak. Tahap ini memang harus Anda lakukan dan persiapkan dengan jelas agar bisa membuat semuanya akan jauh lebih aman kedepannya. 

Ada banyak yang bisa Anda gunakan dengan memiliki dana darurat, diantaranya untuk melindungi diri Anda dari biaya pengobatan yang terlalu besar, permasalahan dalam keluarga, atau terjadi PHK. Dengan dana darurat tersebut minimal mampu menjaga keuangan Anda dan tidak mempengaruhi dari keuangan tabungan yang Anda miliki. 

6. Instrumen Investasi 

Tidak hanya mempersiapkan tabungan saja, tetapi dalam tahap ini Anda juga harus memulai dan mempertimbangkan instrumen investasi. Jika Anda terlalu memahaminya, tidak ada salahnya untuk belajar terlebih dahulu. Apalagi ada banyak media untuk mempelajarinya, sehingga bukan menjadi permasalahan yang harus Anda ketahui. 

Untuk tahap awal Anda mungkin bisa dengan melakukan proses investasi dengan bagian paling mudah dan aman terlebih dahulu. Hal ini sebagai tahapan permulaan, sehingga membuat Anda bisa mendapatkan keuntungannya. Oleh karena itu, semuanya harus jelas dan dipahami secara menyeluruh agar tidak mengalami permasalahan. 

Hindari itu untuk mencoba investasi yang terlalu beresiko, mungkin dari segi keuntungan akan menggiurkan, tetapi jika Anda tidak ada basis ilmu, maka kesulitan untuk melakukannya. Daripada mengalami kerugian, lebih baik mempelajarinya secara bertahap dahulu saja. 

 

Nah, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai mempersiapkan tabungan untuk mencapai kebebasan finansial yang diinginkan dan bisa pensiun lebih cepat. 

You may also like