Home Perencanaan Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Digital

Menghadapi Persaingan Bisnis Di Era Digital

by Mas Abadi

Di tengah zaman yang sudah serba digital, ide kreatif saja belumlah cukup untuk membuat bisnis kamu bertahan dan berkembang. Apalagi di tengah situasi pandemi kemarin, dimana banyak bisnis harus mencoba beradaptasi dengan cepat agar tidak terkena dampak dari pandemi.

Pentingnya Strategi Bisnis Berbasis Digital

Bisnis kamu akan bisa berkembang jika kamu bisa menarik konsumen dengan cara yang unik dan kreatif, selain tentu saja meningkatkan kualitas layanan dan produk kamu. Apapun jenis bisnis kamu, kamu perlu beradaptasi dengan zaman dimana strategi bisnis berbasis digital sangat penting untuk menjaga bisnis kamu tetap berjalan dan berkembang.

Strategi Bisnis Di Era Digital

Jika kamu tidak memikirkan strategi bisnis digital, kamu akan sulit bersaing dengan kompetitor kamu. Lalu, apa saja yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi persaingan bisnis di era digital ini? Berikut beberapa strategi bisnis digital yang bisa kamu implementasikan pada bisnis kamu.

1. Memaksimalkan Teknologi

Berbicara strategi bisnis digital tentu saja tidak lepas dari teknologi. Memaksimalkan kecanggihan teknologi di zaman ini untuk mendukung bisnis kamu. Jadikan teknologi sebagai teman bukan lawan. Apalagi di zaman serba digital ini dimana semua serba terhubung lewat teknologi. 

2.  Promosi Lewat Media Sosial

Salah satu keunggulan media sosial dalam strategi digital adalah kemampuannya untuk berpromosi tanpa memerlukan biaya yang besar. Berpromosi lewat digital atau secara online lebih efektif dalam menjangkau konsumen jika dibandingkan berpromosi secara konvensional. 

Banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan untuk keperluan strategi digital kamu. Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube, Twitter adalah beberapa platform media sosial besar yang bisa kamu pilih untuk mengkampanyekan produk kamu ataupun sekadar menjangkau dan berjejaring dengan konsumen kamu.

3. Menggunakan Aplikasi Digital

Menerapkan strategi digital berarti juga menggunakan segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi untuk membantu kamu dalam persaingan bisnis. Banyak aplikasi digital yang bisa kamu pakai untuk mempermudah bisnis kamu. 

Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan lain-lain adalah contoh aplikasi yang bisa membantu memudahkan kamu dalam memasarkan bisnis kamu. Selain aplikasi untuk memasarkan bisnis kamu ada banyak aplikasi lainnya yang bisa membantu kamu untuk bersaing dalam dunia bisnis.

Contoh lainnya adalah aplikasi administrasi digital yang bisa membantu kamu mengelola keuangan kamu dengan baik. Aplikasi ini bisa dengan otomatis membantu kamu menghitung pengeluaran maupun pemasukan dalam keuangan bisnis kamu.

Ada juga aplikasi inventaris digital yang membantu kamu dalam mendata jumlah produk kamu. Dengan adanya aplikasi-aplikasi tersebut, kesalahan akibat human error seperti salah hitung bisa diminimalisir.

4. Melakukan Inovasi Digital

Strategi bisnis digital menuntut kamu harus melakukan inovasi dari bisnis konvensional kamu. Inovasi dibutuhkan selalu bahkan ketika kamu sudah menjalankan strategi bisnis digital. Inovasi dibutuhkan agar konsumen juga tidak merasa bosan dengan bisnis yang ada.

Contoh inovasi dalam bidang digital adalah semisal dengan mulai mendesain dan menggunakan e-flyer atau brosur digital untuk bisnis kamu. E-flyer di desain sedemikian rupa, sehingga menarik untuk konsumen yang ingin mengetahui tentang produk kamu.

Contoh lainnya lagi adalah penggunaan QR code yang sudah semakin lazim untuk memudahkan transaksi bisnis kamu. Apalagi dengan semakin banyaknya transaksi yang sudah digital alias cashless, inovasi digital jika diaplikasikan dengan baik akan sangat membantu dalam perkembangan bisnis kamu.

5. Buat Mobile Friendly Promo

Seperti sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, untuk bisa bersaing dalam bisnis yang sudah semakin canggih ini wajib dilakukan secara digital. Kamu sebagai seorang pelaku bisnis dapat memanfaatkan ragam jenis aplikasi untuk melakukan promosi produk yang dimiliki.

Selain daripada itu promosi yang kamu tawarkan harus mobile friendly alias bisa menjangkau bahkan lewat smartphone sekalipun. Di jaman sekarang ini, hampir semua orang mempunyai smartphone. Makanya, strategi digital kamu harus bisa memaksimalkan peluang ini dengan baik. 

6. Ciptakan Kolaborasi

Sebuah bisnis memiliki kelebihan dan kekurangannya. Untuk mengatasi kekurangan dalam bisnis kamu, kamu bisa mencoba melakukan kolaborasi digital dengan beberapa pihak lain untuk memaksimalkan bisnis kamu agar semakin dikenal oleh konsumen. Kolaborasi juga membuka peluang untuk menambah konsumen dan menambah pendapatan. 

7. Selalu Berkomitmen Memberikan Pelayan Terbaik

Hal yang kadang selalu luput ketika kita berbisnis. Padahal kepuasan pelanggan atau konsumen merupakan salah satu hal penting dalam berbisnis. Bisnis kita bisa berjalan karena adanya konsumen yang menggunakan produk kita dan adanya pelanggan yang rutin dan setia memakai produk kita.

Salah satu contoh bentuk pelayanan dalam zaman serba digital ini seperti, merespon konsumen dengan cepat, memberikan produk atau jasa dengan kualitas terbaik dan memastikan konsumen menerima pesanan kita tepat waktu tanpa terkendala.

Demikianlah beberapa strategi yang bisa kamu coba dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital. Strategi yang baik akan membuat kamu lebih bisa bersaing dengan kompetitor kamu dan tentu saja, membuat bisnis kamu berkembang dan menghasilkan keuntungan bagi kamu.

 

You may also like