Home Karier 5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Secara Cepat Sebagai Fresh Graduate

5 Tips Mendapatkan Pekerjaan Secara Cepat Sebagai Fresh Graduate

by admin
pekerjaan buat fresh graduate

Untuk Anda yang baru lulus kuliah, selamat Anda telah memasuki suatu jenjang kehidupan yang menuntut Anda akan harus lebih kuat dan berjuang kembali. Memutuskan untuk melamar pekerjaan dan berharap segera bergabung memang menjadi impian dari fresh graduate, tetapi terkadang ada saja beberapa hambatan yang akan ditemukan dalam prakteknya. 

Pilihan satu ini sangat menarik untuk Anda pahami, ternyata dalam proses melamar ada beberapa ketentuan yang bisa Anda pahami agar bisa segera mendapatkan pekerjaan. Tahapan satu ini harus Anda lihat dengan jelas agar tidak salah langkah dan mendapatkan pekerjaan impian. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba untuk cepat kerja, simak yuk.

Cara Cepat Kerja 

1. Pengalaman Organisasi 

Hal ini sebenarnya persiapan sebelum Anda lulus atau masuk dalam job seeker, dalam artian statusnya Anda masih menjadi mahasiswa. Ketika Anda masih duduk di bangku perkuliahan, maka sangat penting untuk selalu aktif dan memahami beberapa unsur yang ada, salah satunya ikut terlibat aktif dalam organisasi. 

Bagian satu ini sangat penting untuk memupuk diri Anda dalam meningkatkan pola pikir yang menarik dan terbaik untuk didapatkan. Dalam tahap ini, biasanya perusahaan akan lebih mudah dan tertarik kepada fresh graduate yang mempunyai pengalaman organisasi. Karena melihat mahasiswa tersebut sudah terbiasa bertemu dan berdiskusi dengan banyak orang. 

Apabila Anda masih dalam tahap menjalani kehidupan sebagai mahasiswa/i, tidak ada salahnya untuk ikut pada berbagai organisasi, baik di kampus atau luar kampus. Terpenting Anda mampu mengasah kemampuan lainnya, terutama dalam leadership, public speaking, dan penyelesaian masalah yang menjadi modal ketika Anda bekerja nantinya. 

2. Memperluas Jaringan atau Networking 

Pada tahap ini pergaulan dan relasi menjadi sangat penting dalam mendapatkan berbagai informasi yang sangat krusial. Biasanya beberapa pekerjaan dan proyek lainnya paling cepat didapatkan melalui jaringan pertemanang atau networking. Karena secara tidak langsung mereka akan memberikan rekomendasi dan membuat Anda bisa lebih cepat bekerja. 

Tidak ada salahnya untuk bergaul secara positif dengan banyak orang, mungkin Anda bisa terlibat dalam beberapa komunitas atau sebagainya. Sehingga perlahan Anda akan menemukan banyak orang dan mengenal beberapa lainnya. Dengan demikian, tindakan tersebut akan memberikan banyak manfaat dan peluang terbaik kedepannya. 

Mulai dari sekarang, ada beberapa bagian yang mulai harus Anda lakukan. Salah satunya dengan membangun personal branding dan menjalin berbagai relasi pertemanan yang baik, maka tindakan tersebut akan membantu Anda untuk membuka pintu rezeki lainnya, maka tanamkan prinsip untuk selalu ramah dan baik pada orang lain. 

3. Mengikuti Program Sertifikasi 

Menguasai beberapa bidang teknis dalam mempersiapkan untuk melamar pekerjaan termasuk bagian yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Karena bagian ini termasuk nilai tambah yang bisa Anda dapatkan ketika sedang melamar pekerjaan nantinya. Seorang HRD akan melihat dan melirik kemampuan teknis yang Anda miliki tersebut. 

Secara tidak langsung Anda mempunyai nilai jual tersendiri, kedepannya akan membuat diri Anda akan jauh lebih mudah mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Apalagi era serba digital sekarang ini, tentunya Anda harus mempunyai sisi yang menjual dan memahami beberapa ketentuan yang ada. 

Oleh karena itu, manfaatkan beberapa program pelatihan dari berbagai bidang yang ingin Anda kuasai, maka secara tidak langsung akan membuat diri Anda akan jauh lebih siap dalam melakukan beberapa bagian yang lebih jelas ketika ingin melamar pekerjaan. Sisi lainnya, pihak perusahaan akan jauh lebih mempertimbangkan lamaran yang Anda miliki tersebut. 

4. Update Informasi 

Ada banyak lowongan pekerjaan yang dibuka, memang kebutuhannya Anda harus mencari dan menentukan perusahaan yang diinginkan. Selain itu, dalam tahap ini Anda juga harus bisa mengupdate informasi secara lebih luas. Tidak hanya fokus pada satu media atau platform saja, manfaatkan bidang lainnya yang membuat Anda bisa mendapatkan pekerjaan. 

Hal ini harus mulai dipahami oleh fresh graduate, sehingga bisa memiliki informasi yang jelas dan lengkap untuk informasi pekerjaan. Oleh karena itu, bagian satu ini harus benar-benar dipahami agar bisa cepat mendapatkan pekerjaan. 

5. CV yang Menarik 

Terakhir yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan curriculum vitae (CV) yang baik untuk bisa membuat pihak HRD terpincut dan tertarik untuk melirik Anda dalam bekerja. Bagian satu ini harus Anda buat secara maksimal dan masukan beberapa informasi yang penting. Dengan demikian, lamaran yang Anda masukkan tersebut akan cepat dipanggil perusahaan. 

Buat CV yang tidak terlalu berlebihan, namun tetap elegan, mudah dipahami, dan tidak terlalu berbelit-belit, sehingga ketika saat mengakses HRD sudah mendapatkan poinnya dan bisa diundang untuk melamar pada pekerjaannya tersebut. 

 

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pahami jika ingin mendapatkan pekerjaan yang cepat sebagai fresh graduate. 

You may also like