Home Perencanaan 5 Strategi Jitu Memilih Produk Asuransi Kesehatan

5 Strategi Jitu Memilih Produk Asuransi Kesehatan

by Mas Abadi

Kesehatan merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dan dijaga. Beberapa cara untuk menjaga kesehatan adalah dengan makan dan minum air putih serta memiliki waktu tidur yang cukup untuk menghilangkan stres. Selain itu, penting juga dalam memiliki asuransi kesehatan. Memiliki asuransi kesehatan itu adalah hal yang sangat penting. Anda perlu melindungi diri dari risiko keuangan yang ditimbulkan oleh kejadian tak terduga contohnya penyakit, kecelakaan, dan kematian. 

Asuransi dapat meyakinkan Anda dan membuat Anda merasa lebih aman karena Anda terlindungi dari risiko keuangan yang tidak menguntungkan. Seperti yang Anda ketahui, sakit itu mahal dan biaya pengobatannya tidak murah. Untungnya, mendapatkan asuransi kesehatan pada saat ini sangatlah mudah. Anda dapat melakukan pembelian asuransi kesehatan dengan online, membandingkan berbagai produk asuransi serta membeli produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Namun, ada begitu banyak pilihan di pasaran sehingga sebelum membeli asuransi kesehatan pasti cukup membingungkan. Yah, Anda sebelum memutuskan untuk membeli asuransi atau kesehatan. Sangat disarankan untuk memeriksa terlebih dahulu terkait dengan hal yang perlu dicari. Tujuannya adalah untuk mencegah Anda membeli produk asuransi yang salah  dan tidak dapat memaksimalkan manfaat dari produk asuransi kesehatan Anda.

Langkah Jitu Ambil Asuransi Kesehatan

1. Jika Anda sehat, ambilah asuransi kesehatan 

Penyesalan  memang akan selalu datang terlambat. mayoritas dari kita akan membeli asuransi hanya ketika penyakitnya sudah mereda. Dengan begitu, Anda bisa melihat betapa besarnya biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan di rumah sakit tersebut. Anda mungkin pernah mendengar seseorang yang menyadari manfaat asuransi setelah dia atau orang yang dicintainya dirawat di rumah sakit dan memiliki biaya pengobatan yang tinggi. Jika Anda sudah sakit kemudian baru memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan, makan Anda akan kesulitan dalam prosesnya, sebab banyak sekali perusahaan asuransi yang tidak mengizinkan Anda untuk mendaftar. Ini karena asuransi kesehatan membutuhkan pemahaman tentang peraturan “kondisi yang ada”. Arti dari ketentuan ini adalah bahwa apabila Anda sedang jatuh sakit atau sudah mempunyai kondisi medis tertentu, perusahaan asuransi tidak mungkin menanggung penyakit tersebut. Karena itu, jika Anda sehat, ambillah asuransi kesehatan.

2. Memahami kebutuhan dan kondisi rawat inap 

Penting untuk memahami kebutuhan. Sebelum Anda mendapatkan asuransi, Anda harus memahami dengan jelas tentang apa klaim asuransi Anda. Misalnya, jika Anda sakit parah, apakah Anda harus memperpanjang premi asuransinya? dll. Hal lain yang perlu dipahami adalah bahwa produk dari asuransi kesehatan yang berbeda mempunyai aturan dan ketentuan rawat inap yang berbeda. Ada kesalahpahaman umum mengenai rawat inap. Misalnya, jika Anda perlu dirawat di rumah sakit, Anda selalu dapat mengklaim asuransi Anda. Juga, perhatikan baik-baik manfaat asuransi kesehatan yang Anda beli. Misalnya aturan rawat inap yang ada di rumah sakit dalam klaim asuransi. Dapatkah Anda mengklaim asuransi setelah rawat inap? Atau jika Anda berada di ruang gawat darurat hanya beberapa jam, dapatkah Anda mengklaimnya secara langsung?

3. Kebijakan untuk keluarga 

Jika Anda sudah menikah, Anda akan sering ditanya, lebih baik mengambil asuransi kesehatan langsung untuk keluarga atau mengambil asuransi per keluarga? Jawabannya adalah membeli asuransi kesehatan secara langsung yang diperuntukkan banyak keluarga, hal tersebut akan menyebabkan harganya menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan membeli satu asuransi. Akan tetapi, ini juga tergantung dengan layanan dan cakupan yang diberikan. Ini adalah pilihan bagi mereka yang sudah menikah dan dapat mengambil asuransi kesehatan keluarga. 

4. Sejak usia dini 

Anda perlu memahami bahwa  premi sebenarnya akan bergantung pada pertanggungan yang diberikan, usia pelanggan atau tertanggung, riwayat kesehatan tertanggung, dan durasi perlindungan. Ketentuan berlaku untuk asuransi kesehatan. Semakin tua Anda, semakin tinggi premi yang akan Anda bayarkan. Karena usia tua harus menerima berbagai resiko kesehatan. Jadi jangan menunggu orang tua untuk mendapatkan asuransi kesehatan, sebab semakin muda usia Anda, maka akan semakin murah juga premi asuransi Anda.

5. Tinjauan menyeluruh tentang manfaat dan polis asuransi siswa 

Sebelum mengambil asuransi kesehatan, Anda perlu melihat lebih dekat manfaat asuransi (pertanggungan) yang ditawarkan dan mempertimbangkan polis asuransi Anda. Produk asuransi kesehatan A mungkin lebih sederhana dari B, tetapi manfaatnya berbeda. Manfaat yang biasa ditawarkan dalam produk asuransi kesehatan umumnya meliputi fasilitas rawat inap, scalling gigi, manfaat rawat jalan, bahkan manfaat bedah. Selain itu, perlu dipahami bahwa berbagai jenis asuransi dapat menerima rumah sakit yang berbeda. Karena semakin banyak jumlah rumah sakit yang Anda dapat menerima asuransi, semakin banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Juga, jangan abaikan untuk mempelajari pengecualian yang tercantum pada polis asuransi kesehatan Anda. Misalnya, Anda harus mengetahui peraturan asuransi kesehatan yang menunjukkan bahwa kondisi yang ada atau manfaat asuransi menurut undang-undang tidak berlaku untuk kondisi yang ada.

You may also like