Home Belanja 5 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Mengatur Keuangan Pribadi

5 Rekomendasi Buku Terbaik untuk Mengatur Keuangan Pribadi

by Mas Abadi

Siapa pun pasti ingin mencapai financial freedom di masa depan, tidak lagi terbebani dengan cicilan atau utang dan berhasil meraih tujuan finansialnya masing-masing. Namun semua itu akan didapatkan apabila disertai dengan berbagai upaya, salah satunya yaitu mengatur keuangan pribadi. 

Seberapa pun besarnya penghasilan yang Anda peroleh, tidak lantas membuat kondisi keuangan sehat. Finansial yang sehat hanya akan terwujud dengan pengelolaan keuangan yang baik. Meskipun tidak mudah dilakukan, mengatur keuangan pribadi bisa dipelajari dari berbagai sumber. 

Kali ini kami akan memberikan rekomendasi buku keuangan yang kemungkinan bisa membantu Anda mengatur keuangan pribadi dengan sebaik mungkin. Simak rangkumannya !

Inilah 5 Buku Terbaik untuk Anda yang Ingin Mengatur Keuangan Pribadi

Tidak ada kata terlambat untuk membenahi keuangan Anda yang selama ini tidak dikelola dengan baik. Jadikan kelima buku di bawah ini sebagai pedoman Anda untuk mengatur keuangan pribadi mulai dari sekarang. Dan berikut rekomendasinya :

1. Rich Dad Poor Dad

Buku karya Robert T. Kiyosaki dan Sharon L. Lechter ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1997. Meski sudah puluhan tahun, namun buku perencanaan keuangan ini menjadi buku terbaik sepanjang masa dan masih banyak dicari. Bahkan buku Rich Dad Poor Dad telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa.

Buku ini bercerita tentang bagaimana Robert melihat dua sosok ayah yang kehidupannya sangat berbeda. Di mana sosok tersebut adalah ayah kandungnya sendiri yang hidup dalam kemiskinan serta ayah dari sahabatnya yang kaya raya. 

Kedua sosok tersebut telah membentuk pola pikirnya terhadap uang dan investasi. Dalam buku Rich Dad Poor Dad, Anda akan mendapatkan fakta bahwa untuk menjadi kaya tidak harus memiliki penghasilan tinggi. Dengan membaca buku ini, Anda juga akan mengetahui bagaimana caranya agar uang bisa bekerja untuk kita bukan sebaliknya. 

2. The Total Money Makeover

Buku yang seharusnya Anda miliki berikutnya yaitu The Total Money Makeover karya Dave Ramsey, penulis sekaligus penasihat keuangan yang sangat populer. Buku ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sedang terjebak utang. 

Dalam bukunya, Dave Ramsey menuliskan “The 7 Baby Steps” untuk terbebas dari hutang. Ketujuh langkah yang dituliskan tersebut disertai dengan strategi perencanaan keuangan sehingga arus kas Anda tetap lancar meskipun sedang memiliki utang. 

3. The Millionaire Next Door

Setahun setelah buku Rich Dad Poor Dad terbit, buku karya Thomas Stanley dan William Danko ini hadir menambah daftar buku keuangan terbaik berikutnya. The Millionaire Next Door dianggap sangat relevan dengan apa yang sering dialami oleh kebanyakan orang selama ini.

Buku ini merupakan hasil analisa riset terhadap 292 milyarder untuk mengetahui bagaimana gaya hidup mereka. Thomas Stanley dan William Danko pun menemukan berbagai kesamaan gaya hidup para milyarder tersebut, antara lain yaitu gaya hidup hemat (frugal living) dan perencanaan keuangan yang baik. 

Dan faktanya, sebanyak 70 persen milyader yang diteliti memiliki kekayaan bukan karena warisan, tetapi mereka mampu mengoptimalkan hasil kerja atau keuntungan bisnis yang dijalankan untuk diinvestasikan.  

4. Make Your Kid A Money Genius

Rekomendasi buku berikutnya adalah karya dari Beth Kobliner yang ditujukan untuk para orang tua. Beth Kobliner berharap anak-anak sudah diajarkan untuk melek finansial sejak dini. 

Menurutnya, hal tersebut harus menjadi fokus orang tua agar anak-anaknya terlatih dalam menggunakan uangnya secara bijak. Dan ini bisa menjadi bekal ilmu mereka saat beranjak dewasa nanti. Buku ini juga memberikan pedoman bagi orang tua agar tidak memaksakan diri untuk berhutang ketika sedang menghadapi permintaan anak-anak. 

Meskipun buku ini membahas masalah keuangan yang rumit namun tetap mudah dipahami oleh para orang tua. Sehingga orang tua bisa mengajarkan anak-anaknya untuk mengatur keuangan dengan cara-cara yang cerdas. 

5. Why Didn’t They Teach Me This in School, Too ? 99 Life Management Principles To Live

Rekomendasi buku terbaik berikutnya merupakan karya dari Cary Siegel. Menurut Cary Siegel dalam buku ini, seharusnya kemampuan untuk mengelola keuangan juga diajarkan di bangku pendidikan sekolah. 

Di buku ini, Cary Siegel menuliskan 99 prinsip yang bisa membantu Anda mengatur keuangan dengan baik. Melalui prinsip-prinsip tersebut diharapkan para pembaca khususnya kaum milenial bisa mencapai kebebesan finansialnya.

Banyak yang menilai karya Cary Siegel ini mudah dicerna oleh siapa pun sehingga anak-anak muda bisa memahami bagaimana mengatur keuangan yang baik dan praktis. 

Itulah tadi lima rekomendasi buku terbaik untuk Anda yang ingin atur keuangan pribadi dengan baik. Selain buku, sebenarnya ada banyak sumber yang bisa Anda jadikan informasi dan pedoman untuk mengetahui cara tepat mengatur keuangan pribadi.

You may also like