Home Karier 5 Psikotes yang Dilakukan Oleh Perusahaan

5 Psikotes yang Dilakukan Oleh Perusahaan

by Mas Abadi
psikotes perusahaan

Menjadi sarjana memang tidak mudah, tetapi langkah selanjutnya ada di depan Anda nantinya. Setelah mengembang berbagai teori dari kampus, maka tahapan yang akan Anda lakukan kedepannya adalah memasuki dunia kerja. Melalui tahapan satu ini Anda akan menemukan berbagai tes kembali, agar bisa bergabung dan bekerja dalam perusahaan yang diinginkan. 

Salah satu tes yang paling umum dilakukan oleh beberapa perusahaan adalah melakukan proses psikotes. Pada artikel kali ini, kami mencoba mengajak Anda untuk melihat dan mengetahui beberapa jenis-jenis psikotes yang sering digunakan untuk tahapan rekrutmen. Nah, apa saja bentuk psikotesnya? Simak yuk penjelasan lengkapnya

Bentuk Psikotes Perusahaan 

1. Aritmatika 

Biasanya bentuk psikotes satu ini akan digunakan oleh perusahaan ketika hendak melakukan proses seleksi karyawannya. Dalam tahap ini Anda akan diajak untuk memecahkan berbagai persoalan dengan proses perhitungan dengan berbagai tingkatan, dari yang paling mudah dan tingkatan yang paling sulit dalam bentuk cerita. 

Jika Anda belum pernah mengerjakan proses psikotes aritmatika, maka ada beberapa ketentuan yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Dalam tahap ini Anda harus mempunyai strategi yang jitu, karena apabila Anda tidak memilikinya akan kesulitan untuk mengerjakan tes yang Anda lakukan tersebut secara menyeluruh. 

Tips yang paling tepat untuk bisa dengan lancar dalam melakukan proses pengerjaannya adalah melakukan tahapan tes dengan perbanyak latihan. Dengan demikian membuat Anda akan jauh lebih terbiasa menghadapi berbagai tes yang diberikan oleh perusahaan. 

2. Tes Kemampuan Verbal 

Jika Anda menemukan pada saat tes mengenai sinonim dan antonim, maka bagian tersebut termasuk dalam bentuk tes kemampuan verbal. Untuk mengerjakan tes yang satu ini memang terbilang ringan, namun ada beberapa bagian yang harus Anda perhatikan secara lebih jelas, karena ada beberapa pertanyaan yang menjebak dan membuat ragu dalam menjawabnya. 

Untuk mampu dengan lancar dalam menjawab semua proses yang ada dan diberikan, langkah paling untuk Anda melakukannya adalah dengan perbanyak latihan soal. Pada tahap ini Anda akan lebih mudah untuk melakukan semua tes yang ada dan tidak kesulitan dalam menyelesaikan semua tugas yang diberikan secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, latihan sebagai modal dasar untuk Anda lakukan agar terbiasa dengan beberapa soal yang diberikan oleh perusahaan untuk proses tes seleksi tersebut. Bagian satu ini sangat penting untuk dilakukan agar dapat dengan mudah menyelesaikan tes yang diberikan. 

3. Tes Wartegg 

Beberapa perusahaan masih banyak yang menggunakan tes wartegg, karena untuk mendapatkan hasil dari pandangan ketajaman logikanya. Dalam tahap ini Anda akan diberikan beberapa gambar dari sebuah kertas dan diminta untuk berkreasi dari beberapa bentuk yang diberikan tersebut secara menyeluruh. 

Ada beberapa garis yang zig-zag, garis lurus, garis putus-putus, dan beberapa bentuk garis lainnya yang bisa Anda padukan. Semuanya masih dalam bentuk abstrak dan tugas Anda untuk melengkapinya serta menggambar secara utuh dari beberapa garis tersebut. Namun, perhatikan beberapa gambar yang Anda buat. 

Melalui tes tersebut perusahaan dapat melihat dan membaca kemampuan diri Anda, terutama dalam memutuskan beberapa kebijakan yang ada. 

4. Tes Daya Ingat 

Pada tahap satu ini Anda akan diminta untuk menghafal dan mengingat beberapa kata, bentuk, dan angka pada layar yang ditampilkan. Pada tes satu ini ada beberapa perusahaan yang masih menggunakan dan menerapkannya. Sehingga Anda harus dituntut untuk mampu dalam melakukan proses mengingat dan menghafal beberapa bagian yang ada. 

Semuanya dituntut untuk berkonsentrasi dan melihat kemampuan dalam mengingat yang benar-benar dituntut untuk sangat teliti dan cepat. Apalagi teks yang dimunculkan pun akan sangat cepat, tentu harus benar-benar fokus dan tidak mudah teralih pikirannya. Jumlah soalnya pun memang tidak begitu banyak, antara 20 sampai 30 soal.

5. Tes Pauli 

Jenis tes yang satu ini memang memakan waktu, tenaga, dan pikiran sekaligus. Disini Anda akan diminta untuk teliti dan mengukur kecepatan tangan serta mata pada diri Anda tersebut. Melalui tes satu ini Anda akan diminta untuk melakukan proses tes dengan menggunakan deretan angka yang dimulai dari atas ke bawah, hingga dari kiri sampai kanan kertas besar. 

Melalui tes pauli tersebut Anda akan diminta untuk mampu melakukan proses secara cepat dan akurat yang tinggi. Konsentrasi sangat penting untuk dilakukan, sehingga jangan sampai Anda lengah ketika mulai melakukan tahapan tes. Karena bagian satu ini menuntut Anda untuk tetap fokus, cepat, dan teliti, sehingga harus tenang dan tidak panik dalam proses pengerjaannya. 

 

Demikianlah beberapa bentuk atau jenis tes psikotes yang diberikan oleh perusahaan dalam menyeleksi calon karyawan yang akan bekerja pada perusahaannya tersebut. Melalui ketentuan yang ada, maka sistem seleksi akan mudah mendapatkan kandidat terbaik.

You may also like