Home Belanja 5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Boros Uang

5 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Bikin Boros Uang

by Mas Abadi

Mengatur keuangan untuk tidak boros itu juga tidak gampang, banyak dari kita yang sadar atau tidak sadar tidak bisa teliti untuk mengelola keuangan dengan stabil dan tidak terlalu boros. Sedangkan uang yang kita gunakan itu tidak jelas dengan barang yang kita beli, bisa dibilang kita menggunakan uang dengan boros, tapi barang yang kita beli itu tidak ada wujudnya. Apa lagi untuk Anda yang belum menikah dan sudah bekerja juga memiliki penghasilan yang sudah tetap, pasti Anda juga masih susah untuk mengatur keuangan Anda karena Anda sering sekali membelanjakan uang tersebut dengan barang yang tidak begitu penting.

Gaji Anda yang seharusnya cukup untuk Anda satu bulan dan Anda juga masih bisa menabung, uang itu bisa habis dalam waktu tidak sampai satu bulan, Apa sih penyebab dari semua itu? Mari kita simak 5 penyebabnya yang sudah dirangkum di bawah ini

  • Makan di luar

Terkadang kita yang sedang malas memasak, sebagai anak kos atau ibu rumah tangga seringkali mesti merasakan suatu hal yaitu malas memasak, pasti tujuan utamanya adalah membeli makan di warung atau membeli makanan lauk cepat saji. Hal tersebut tentu juga sangat berpengaruh untuk mengatur keuangan kita untuk tidak boros dan jika sering dilakukan hal tersebut membuat kita semakin malas dan akan terus terusan membeli makanan cepat saji.

Kalau kalian pikir hal tersebut tentu sangat boros padahal jika kita memasak sendiri itu akan jauh lebih hemat dibanding kuta membeli makanan dari luar. Karena jika kita membeli makan diluar atau di warung, kita akan mengeluarkan uang yang lebih. Karena tidak mungkin Anda makan dalam sehari cukup satu kali saja dan kalau Anda memasak sendiri uang yang akan Anda keluarkan tentu tidak sangat banyak. Dengan belanja secukupnya itu bisa buat Anda makan seharian dengan jumlah uang yang dikeluarkan satu kali belanja sama dengan satu kali makan di luar.

  • Membeli kopi di coffee shop

Hal ini wajar sih untuk kalian Anda muda yang sedang ada di perantauan karena dengan adanya tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas ataupun bersantai dengan tempat yang nyaman. Tapi hal tersebut yang juga membuat kita itu sangat boros karena apa? Jika ini dilakukan secara terus menerus ini juga lumayan pengeluaran uang yang juga tidak tentu sedikit.

Untuk Anda yang tidak inginĀ  boros dan bisa menabung, sebagainya untuk di kuarangu dengan cara jika Anda ingin ngopi bisa membuat sendiri di rumah karena itu sangat mempengaruhi untuk kita tidak menjadi boros. Pergi ke kedai kopi jika ingin saja, dan sebaiknya dikurangi.

  • Rokok

Tidak asing dengan barang yang satu ini. banyak sekali orang yang mengkonsumsinya dari anak muda sampai orang tua bahkan juga banyak orang yang mengganti uang jajan atau makan untuk membeli rokok. Karena barang yang satu ini sudah dijadikan untuk gaya hidup bahkan juga amunisi bagi yang mengkonsumsinya. Mungkin hal ini yang kalian anggap sepele padahal ini sangat boros jika di rasakan, jika uang yang kalian gunakan untuk membeli rokok Anda tabung untuk setiap harinya pasti akan lebih bermanfaat dan hasilnya juga tidak sedikit.

  • Belanja online

Berbelanja online tentu sangat praktis dan mudah. dengan Anda duduk di rumah dan memilih barang dengan menggunakan HP saja Anda sudah bisa belanja dengan banyak apalagi berbelanja online biasanya juga sangat banyak diskon yang di keluaran di toko tersebut. Terus kenapa belanja online bisa menyebabkan boros?Tentu sangat bisa karena dengan Anda tergiur dengan diskon yang ada Anda bisa terus membeli barang dengan terus menerus. Karena belanja online bisa membuat Anda kecanduan terutama dengan diskon yang ada di toko online.

  • Transportasi online

Tidak ada salahnya untuk Anda menggunakan transportasi online karena terkendala dengan sesuatu tertentu. tapi dengan Anda menggunakan transportasi online terus menerus padahal Anda sudah mempunyai kendaraan sendiri. dan jarak dekat pun Anda juga masih tetap menggunakan transportasi online. Hal tersebut jika terus dilakukan pengeluaran Anda juga semakin banyak karena walaupun itu terlihat sepele namun juga lumayan untuk mengeluarkan koceng setiap hari. sebaiknya jika mau pergi dengan jarak yang dekat dan tidak boros, lebih baik berjalan kaki.

Jadi itulah beberapa tips dan pengetahuan yang dapat kami rangkum semoga menambah wawasan dan pengetahuan kalian agar tetap hidup hemat dan tidak boros. Karena hidup boros bukan untuk kalian yang sedang bekerja maupun yang sedang kuliah. Jadi dari rangkuman diatas Anda bisa belajar untuk hidup lebih hemat lagi.

You may also like