Home Pinjaman 5 Jenis Pinjaman Bank BRI dan Tips Jitu Cara Mendapatkannya

5 Jenis Pinjaman Bank BRI dan Tips Jitu Cara Mendapatkannya

by Greg Pascal
pinjaman Bank BRI

Bank BRI telah hadir di tengah-tengah masyarakat dan menjadi solusi keuangan sejak dulu. Sekarang, semakin banyak produk pinjaman Bank BRI yang bisa menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di era modern.

Seperti gayung bersambut, banyak masyarakat yang semakin sadar dengan produk perbankan. Ditambah lagi dengan pesatnya teknologi informasi, sehingga masyarakat semakin mudah mendapatkan akses pinjaman BRI dan mampu memanfaatkannya dengan lebih baik.

Nah, berikut ini berbagai jenis produk terbaik BRI yang bisa Anda manfaatkan untuk solusi keuangan.

Produk Pinjaman Bank BRI

Totalnya ada 17 produk BRI yang disesuaikan dengan jenis kebutuhan para peminjam. Dari 17 produk tersebut dibagi menjadi beberapa beberapa jenis, berikut beberapa jenis pinjaman BRI.

1. Briguna

Jenis pinjaman ini merupakan pinjaman tanpa agunan atau biasa disebut dengan kredit tanpa agunan (KtA). Jenis pinjaman ini memiliki beberapa produk, yaitu:

1. Briguna Karya

Produk ini cocok bagi para debitur dengan penghasilan tetap. Jenis produk ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan nasabah, baik produktif maupun konsumtif.

2. Briguna Purna

Seperti namanya, pinjaman ini khusus bagi para pensiunan yang ingin mengambil pinjaman. Pembayaran angsuran akan diambilkan dari dana pensiun, dan dibatasi sampai usia 75 tahun.

3. Briguna Umum

Produk Briguna ini bisa dimanfaatkan bagi pekerja dengan gaji tetap hingga usia pensiun, yaitu 75 tahun.

4. Briguna Pendidikan

Model pinjaman ini digunakan untuk biaya kuliah jenjang S2 dan S3, dengan persyaratan gaji bulanan dan rekomendasi dari atasan.

2. KPR BRI

Seperti namanya, produk Bank BRI ini digunakan untuk menyediakan kredit pembelian properti. Beberapa jenis KPR yang bisa didapatkan berupa:

1. KPR BRI Biasa

Pinjaman untuk kredit pembelian properti ini mewajibkan nasabah membayar uang muka 10%. Selain itu, masa pinjaman mencapai 20 tahun.

2. KPRS

Pinjaman KPR ini untuk masyarakat berpenghasilan dibawah Rp 4 juta dengan bunga 5% per tahun, karena telah disubsidi pemerintah.

3. KKB

Produk pinjaman Bank BRI juga bisa digunakan untuk pembelian kendaraan bermotor. Dengan adanya KKB ini tentunya nasabah akan semakin mudah dalam mendapatkan kendaraan yang diimpikannya.

Beberapa jenis KKB diantaranya adalah:

1. KKB Mobil Baru dan Bekas

KKB ini bisa membantu Anda membeli mobil baru maupun bekas dengan uang muka 25 persen. Cicilan jenis produk ini hingga 6 tahun untuk mobil baru, dan 4 tahun untuk mobil bekas.

2. KKB Refinancing

KKB jenis ini menggadaikan BPKB yang Anda miliki, dengan nominal plafon disesuaikan harga kendaraan.

3. KKB Premium

Jenis KKB ini khusus bagi pembelian kendaraan mewah untuk memenuhi gaya hidup. 

4. Kredit Usaha

Jenis kredit ini bisa digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan modal untuk usaha. Jenis kredit ini diberikan kepada perorangan maupun lembaga. Beberapa jenis kredit usaha ini diantaranya:

1. KUR

Kredit usaha dalam bentuk ini ditujukan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Ada tiga jenis yang disediakan BRI, yaitu KUR untuk ritel kecil, KUR untuk usaha mikro, dan KUR untuk TKI.

2. Kupedes

Kredit usaha ini bersifat umum, untuk berbagai jenis sektor pertanian, industri, perdagangan, jasa, dan lainnya.

3. Kredit Modal Kerja

Kredit usaha jenis ini untuk pembiayaan operasional usaha, bahan baku, produksi, piutang, persediaan barang, dan sebagainya.

4. Kredit Investasi

Kredit usaha ini untuk pembiayaan modal tetap perusahaan, seperti mesin, peralatan, bangunan, dan sebagainya.

5. Kredit Pangan

Kredit jenis ini merupakan kredit investasi dan modal kerja khusus bidang pangan.

6. Resi Gudang

Kredit usaha khusus untuk petani, kelompok tani, dan koperasi. Jenis produk pinjaman ini mendapat bunga 6 persen per tahun.

7. Kredit Kemitraan

Kredit ini untuk pelaku bisnis dari semua sektor pertanian, industri, perdagangan, perkebunan, perikanan, peternakan, dan jasa, untuk meningkatkan produktivitas.

5. Pinjaman Online

Jenis terakhir dari pinjaman Bank BRI ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat di era kemajuan teknologi digital yang begitu pesat. Dengan pinjaman online ini, Anda bisa berbelanja online tanpa menggunakan kartu kredit.

Pinjaman jenis ini lebih populer dengan istilah fintech. Untuk mendapatkannya Anda tinggal mengunduh aplikasi BRI Ceria di playstore untuk smartphone berbasis Android atau iStore untuk apple.

Limit pinjaman yang bisa Anda dapatkan cukup besar, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta. Dengan tenor pinjaman mulai dari 1 hingga 12 bulan. Bunga pinjaman yang diberikan juga tergolong rendah, Anda hanya dikenakan bunga sebesar 1,42% tiap bulannya, atau 26,95% setiap tahun.

pinjaman Bank BRI

Baca Artikel Selanjutnya :

Cara Mendapatkan Pinjaman Bank BRI

Secara umum persyaratan dalam mendapatkan berbagai pinjaman BRI tersebut harus memenuhi beberapa kriteria. Berikut kriteria yang harus Anda penuhi:

  • Berkewarganegaraan Indonesia.
  • Memiliki rekening BRI.
  • Usia minimal adalah 21 tahun, atau sudah memiliki status pernikahan.
  • Lokasi tempat tinggal atau tempat usaha, sama dengan lokasi cabang BRI pengajuan.
  • Mengisi formulir pengajuan sesuai dengan pinjaman yang diajukan.
  • Menyertakan beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, KK, NPWP, Slip Gaji, pas foto suami istri bagi yang sudah menikah, dan slip gaji.

Sedangkan untuk pinjaman dari jenis BRIGUNA, harus ada rekomendasi dari atasan debitur. Seperti ketika Anda mengajukan BRIGUNA Karya, harus ada rekomendasi dari kepala kantor atau direktur perusahaan. Atau ketika mengajukan BRIGUNA Pendidikan, harus ada rekomendasi dari rektor perguruan tinggi.

Agar semakin jelas, ikuti langkah-langkah dalam pengajuan pinjaman Bank BRI berikut:

  • Datang ke kantor cabang BRI terdekat, baik KC atau KCP.
  • Mengisi formulir pinjaman yang sesuai dengan jenis pinjaman yang ingin diajukan.
  • Melengkapi semua persyaratan sesuai dengan jenis pinjaman.
  • Serahkan formulir pengajuan, kemudian pihak BRI akan memeriksa dan memproses pengajuan pinjaman tersebut.
  • Dilakukan uji kelayakan dari pihak BRI untuk memeriksa apakah Anda layak menerima kredit tersebut. Uji kelayakan ini juga termasuk survei lapangan ke tempat tinggal atau tempat usaha.
  • Setelah dinyatakan layak, Anda akan menandatangani kontrak perjanjian.
  • Proses setelahnya, pihak BRI akan mencairkan dana sesuai yang telah disepakati bersama dalam nota kontrak.

Setelah itu, tentunya kewajiban Anda adalah melakukan pengangsuran setiap bulannya, sesuai nota kesepakatan. Angsuran tersebut terdiri dari pokok dan bunga sesuai jenis produk BRI yang diajukan.

Untuk bunga pinjaman setiap produknya berbeda-beda satu sama lain. Beberapa jenis bunga pinjaman BRI diantaranya:

  • KUR memiliki bunga yang disubsidi pemerintah, yaitu sebesar 5 persen per tahun.
  • KPR memiliki bunga 9,9 persen per tahun, namun bisa juga berubah-ubah sewaktu-waktu.
  • Pinjaman online memiliki bunga 1,42 persen tiap bulannya.
  • Kredit lainnya memiliki bunga yang disesuaikan dengan ketentuan Bank Indonesia, yang bisa berubah-ubah setiap waktu.

Tips Agar Lebih Mudah Mendapatkan Pinjaman Bank BRI

Meski sudah memenuhi semua persyaratan dalam mendapat pinjaman produk Bank BRI, tidak selalu menjamin bisa mendapatkannya dengan mudah. Namun, tidak perlu khawatir, berikut beberapa tips agar Anda lebih mudah mendapatkan pinjaman di BRI.

  • Ada jaminan yang bisa menjadi bukti bahwa Anda mampu membayar cicilan. Beberapa jaminan diantaranya sertifikat tanah, BPKB, SK pengangkatan, hingga bentuk usaha sendiri.
  • Lunasi semua hutang Anda di tempat lain.
  • Untuk kredit usaha tentunya pihak bank ingin melihat apakah usaha Anda legal atau tidak.
  • Ada aktivitas usaha yang sedang berjalan.

Itulah berbagai bentuk pinjaman Bank BRI, cara mendapatkannya, sekaligus tips buat Anda agar lebih mudah mendapatkannya. Jadi, datangi BRI sekarang juga untuk mendapatkan solusi keuangan terbaik.

You may also like