Home Perencanaan 5 game ini bisa ajarkan kamu dalam pengelolaan uang

5 game ini bisa ajarkan kamu dalam pengelolaan uang

by Mas Abadi

Berkembangnya teknologi menjadi salah satu aset yang berharga untuk para gamers sekarang ini, banyak sekali bermain game menjadi pekerjaan utama dan juga seperti halnya pekerjaan keren lainnya, dengan bermain game bisa mendatangkan sponsor yang rutin setiap bulan atau setiap event akan memberikan uang tunai supaya gamers dapat menggunakan produk yang sponsor miliki.

Era milenial juga menuntut para developer game untuk membuat suatu permainan yang tidak hanya dimainkan ketika waktu luang saja, namun game yang banyak dicari adalah game yang bisa mengasah otak manusia, selain itu juga dituntut untuk game tersebut sudah bisa digunakan untuk aplikasi mobile ponsel seperti Android dan Apple.

Pada sisi lain yaitu dari penglihatan orang tua, pastinya akan memunculkan kekhawatiran ketika melihat anaknya sering bermain game, sehingga orang tua lebih protektif ketika anak meminta izin untuk bermain game, dalam kasus ini orang tua sebenarnya tidak akan membatasi permainan anaknya, hanya saja takut akan game yang dimainkan memberikan dampak negatif seperti kecanduan game tersebut, namun jika orang tua bisa lebih selektif ketika memberikan kebebasan bermain game dengan cara memilihkan game yang memang dapat mengedukasi anak.

Pada satu dekade lalu, bermain game hanya akan memberikan dampak negatif dengan membuang-buang waktu saja, lalu beberapa orang bermain game dicap sebagai pemalas yang hobinya hanya ingin bermain-main saja. akan tetapi di era milenial seperti sekarang ini bermain game tidak hanya untuk mencari keuntungan atau pekerjaan, ada juga game yang mengedukasi pemainnya untuk memiliki IQ yang tinggi karena game tersebut memiliki level kesulitan yang harus dipecahkan dengan akal logika manusia, selain itu ada juga jenis permainan yang dapat memberikan sensasi kepada gamers tentang pengelolaan keuangan yang mungkin bisa diaplikasikan pada kehidupan nyata.

Lalu apa saja game yang bisa mengedukasi untuk memberi sensasi pengelolaan keuangan buat pemainnya? simak ulasannya dibawah ini ya

Game Edukasi Pengelolaan Keuangan

Mengelola keuangan yang baik memang harus dimulai sejak dini, hal ini bertujuan ketika suatu saat memiliki kekuatan finansial yang matang dapat mengelolanya dengan baik dan juga sehat. namun banyak orang yang masih menyepelekan tata kelola keuangan ini, namun saat ini Anda bisa mencobanya terlebih dahulu secara menyenangkan yaitu dengan game yang memiliki edukasi mengelola keuangan.

  • Harvest Moon
    Salah satu game yang tak lekang oleh waktu ini sudah ada sejak tahun 90an dan pasti sudah banyak gamers console yang memainkannya seperti playstation, nintendo dan juga Xbox. Game ini mengajarkan seseorang untuk mengelola keuangan rumah tangga dengan jual-beli dari hasil pertanian dan peternakan. selain itu Anda bisa menggunakan hasil dari peternakan dan pertanian untuk renovasi rumah, membeli pekarangan, menambah hasil tani dan membeli hewan ternak. 
  • Monopoly
    Game edukasi keuangan selanjutnya yang sangat populer dan familiar di semua lapisan masyarakat adalah game monopoly, game ini kabarnya salah satu game edukasi yang sangat tua yaitu mencapai 100 tahun usianya, Game ini mengajarkan manajemen keuangan, jual-beli obligasi hingga saham yang dapat dibagi kepada orang lain. Selain itu juga game ini mengajarkan menentukan keputusan yang baik dari kebutuhan dan keinginan yang penting untuk kehidupan nyata.  
  • The Sims
    Game edukasi selanjutnya adalah salah satu game dengan banyak seri nya, yaitu The sims. game ini mengajarkan seseorang mengelola keuangan pribadi hingga pada seri yang terbaru adalah dapat mengelola keuangan suatu kota.

    The sims menampilkan visual grafis yang sangat luar biasa, dari tingkah laku dan cara bermainnya sangat mirip dengan dunia nyata, lalu the sims ini juga sangat kompleks tentang manajemen keuangan, jual-beli barang, bagaimana menjadi kontraktor bangunan yang baik, dan masih banyak lainnya yang berhubungan dengan dunia nyata. bahkan jika pemainnya tidak pintar mengatur keuangan akan menjadi orang yang miskin sampai kematian karena tidak memiliki uang. Game ini salah satu yang terbaik mengedukasi semua orang untuk mengatur keuangannya. 
  • Zoo Tycoon
    Game edukasi selanjutnya dan salah satu dengan keunggulan yaitu mengelola suatu kebun binatang yang dinamai oleh developer gamenya Tycoon. game ini memiliki permainan mengelola kebun binatang mulai dari nol, game ini mengajarkan tentang bagaimana membangun suatu kebun binatang, promosi kebun binatang, mengelola keuangan hingga bagaimana merawat hewan-hewan yang ada di kebun binatang tersebut. Selain itu gamers juga disuguhkan bagaimana menggaji karyawan, menentukan harga tiket masuk dan juga mempelajari makanan yang baik untuk kesehatan hewan di dalam zoo Tycoon. 

Hay Day
Game edukasi selanjutnya yang juga sangat familiar di kalangan masyarakat yang dapat dimainkan di game console maupun game ponsel yang pada dasarnya merupakan game ringan akan tetapi memberikan edukasi yang komplek di pedesaan. Game ini mengajarkan mengatur keuangan dan juga mengelola peternakan dan pertanian lalu menjualnya ke kota untuk memenuhi kebutuhannya.

You may also like