Home Tips 5 Contoh Gaya Hidup Konsumtif beserta Cara Menguranginya yang Bisa Anda Lakukan

5 Contoh Gaya Hidup Konsumtif beserta Cara Menguranginya yang Bisa Anda Lakukan

by Greg Pascal
gaya hidup konsumtif

Tak sedikit orang yang menerapkan gaya hidup konsumtif demi terlihat senang dan kaya, padahal perilaku tersebut harus dihindari. Biasanya perilaku konsumtif atau hedonisme terjadi pada anak-anak muda generasi milenial, di mana mereka menggunakan uangnya untuk membeli atau melakukan hal-hal yang tidak dibutuhkan dan tidak bermanfaat. Lebih parahnya lagi, banyak orang yang menunjukkan gaya hedonisme mereka.

Contoh Gaya Hidup Konsumtif

Konsumtif adalah perilaku boros atau membuang-buang uang untuk membeli barang atau melakukan hal yang tidak dibutuhkan, bahkan mereka rela berhutang demi memenuhi gaya tersebut. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut ini merupakan contoh gaya hidup konsumtif yang harus dihindari, di antaranya yaitu:

1. Selalu Mengikuti Trend

Tak sedikit orang yang selalu mengikuti trend secara berlebihan, baik itu trend fashion, gadget, dan lain sebagainya. Mengikuti tren bukanlah masalah yang besar, namun jika kamu terlalu memaksakan diri itulah yang menjadi masalah. Biasanya keinginannya muncul ketika ingin membeli barang keluaran terbaru agar tidak ketinggalan trend.

2. Mementingkan Keinginan Dibanding Kebutuhan

Contoh gaya hidup konsumtif selanjutnya yaitu membeli barang yang tidak dibutuhkan, misalnya Anda membeli HP,.padahal HP yang Anda miliki juga masih bagus dan berfungsi dengan baik. Atau Anda membeli sepatu gaya, padahal membutuhkan sepatu sekolah.

3. Makan di Restoran Mahal

Makan di restoran mahal bukanlah hal yang salah, namun jika keseringan, hanya akan membuang-buang uang dan masuk ke dalam perilaku konsumtif. Tidak ada salahnya jika Anda memilih makan di warteg atau angkringan selama makanan yang dijual halal, mengenyangkan dan sehat. Pasalnya harga makanan di warteg lebih murah dibandingkan restoran.

4. Menggunakan Kuota Internet untuk Hal-hal Tidak Berguna

Anda harus lebih bijak dalam bermain internet, jangan sampai Anda melakukan hal-hal yang tidak berguna dan hanya membuang-buang kuota. Gunakan kuota internet untuk belajar atau melakukan hobi yang bermanfaat, seperti menulis, mengedit video dan lainnya.

5. Memiliki Rasa Gengsi yang Tinggi

Salah satu hal yang seringkali terjadi oleh masyarakat konsumtif yaitu memiliki rasa gengsi yang tinggi, di mana mereka ingin terlihat mampu atau kaya di hadapan orang lain, khususnya dalam hal finansial.

gaya hidup konsumtif

Baca Artikel Selanjutnya :

5 Cara Mengurangi Perilaku Konsumtif

Arti konsumtif sangat negatif dan harus dihindari oleh banyak orang. Jika Anda pernah mengalami perilaku ini dan ingin berubah lebih baik, berikut 5 cara mengurangi perilaku konsumtif yang bisa Anda lakukan, di antaranya yaitu:

1. Buat perencanaan anggaran

Buatlah perencanaan sebelum membelanjakan uang Anda. Anda dapat menuliskan perencanaan Anda dalam catatan buku khusus, atau Anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi anggaran untuk hp yang sekarang sudah banyak digunakan.

Anda dapat membuat perencanaan menyesuaikan dengan uang yang anda miliki sekarang. Jangan lupa bagi-bagi uang anda dengan baik. Anda dapat membaginya untuk berapa persen ditabung, berapa persen untuk kebutuhan barang-barang pokok, berapa persen untuk kebutuhan yang lainnya.

2. Membeli kebutuhan yang paling Penting

Anda harus benar-benar memilih kebutuhan yang penting dan tidak penting. Belilah barang yang benar-benar penting dan Anda butuhkan. Jadi penting sekali untuk Anda memilah barang yang dibutuhkan.

3. Hindari iming-iming potongan harga

Anda harus lebih selektif dalam membeli barang. Jangan karena ada iming-iming potongan harga, Anda langsung membeli barang tersebut meski belum benar-benar Anda butuhkan.

Rubahlah pemikiran Anda untuk membeli barang-barang yang murah meski tidak Anda butuhkan sekarang. Anda harus menghentikan pemikiran akan barang-barang murah tersebut.

4. Lebih banyak di rumah

Jangan sering keluar rumah, karena setiap keluar rumah pasti mengurangi jumlah uang di kantong Anda. Apabila Anda keluar rumah menggunakan transportasi seperti motor, mobil, atau juga kendaraan umum,  Anda akan membelanjakan uang Anda untuk bahan bakarnya atau jasa transportasi. 

Bagi Anda yang mudah sekali tergiur dengan jajanan-jajanan di seberang jalan, lebih baik Anda membuat camilan sendiri di rumah dengan porsi secukupnya agar benar-benar menghemat uang Anda. Selain itu juga, Anda dapat memilih makanan yang lebih sehat dengan memilih bahan, dan dapat memperhitungkan nilai gizi yang digunakan untuk membuat camilan di rumah.

5. Fikirkan kebutuhan di masa depan

Anda harus memikirkan masa depan Anda, agar dapat mengurangi rasa ingin membeli barang yang terlalu berlebih. Memikirkan masa depan Anda, dapat menjadikan Anda untuk dapat lebih banyak menabung akan kebutuhan masa depan Anda.

Mulailah menabung untuk masa depan Anda agar di masa depan Anda memiliki tabungan yang dapat ditarik ketika Anda benar-benar membutuhkannya disuatu hari. Jangan tunda untuk menabung saat ini juga!

Itulah beberapa hal mengenai contoh gaya hidup konsumtif beserta cara menanganinya yang bisa Anda lakukan. Gaya konsumtif memiliki dampak buruk bagi hidup Sehingga harus dihilangkan. 

You may also like