Home Tips 5 Cara Menghemat Pengeluaran Belanja Rumah Tangga

5 Cara Menghemat Pengeluaran Belanja Rumah Tangga

by Mas Abadi
kebutuhan rumah tangga

Tugas menjadi seorang ibu rumah tangga akan sangat banyak dan sibuk, selain mengurus anak dan suami, seorang istri dan ibu di rumah harus juga memenuhi kebutuhan rumah tangga setiap harinya. Apalagi kebutuhan rumah tangga ini terus mengalami kenaikan harga, sehingga harus ada perhitungan yang tepat untuk mengatur keuangan dalam keluarga. 

Aspek ini memang sangat penting untuk dilihat secara penuh, karena apabila Anda salah dalam menentukannya akan berdampak pada pengeluaran yang terjadi. Sehingga dalam memenuhi kebutuhan rumah, harus hemat dan pandai dalam mengaturnya. Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk menghemat kebutuhan belanja rumah tangga, simak yuk penjelasannya. 

Belanja Hemat Rumah Tangga

1. Membuat Catatan atau List Belanja

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran belanja untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga Anda tersebut bisa dilakukan dengan mencatat semua daftar belanjaan yang akan dikeluarkan. Hal ini sangat penting untuk melihat beberapa daftar yang dibutuhkan atau tidak didalam rumah. 

Dengan mempunyai catatan ketika belanja, maka Anda akan lebih mudah untuk memperhitungkan, melihat kondisi barang yang ada di rumah, dan mengingat beberapa kebutuhan yang sangat penting. Kebutuhannya memang Anda harus mencatat semuanya, sehingga mendapatkan belanja yang hemat dan tidak membengkak pengeluarannya. 

Menariknya lagi apabila Anda mempunyai catatan ketika sedang belanja membuat semuanya jauh lebih terkonsep dan tidak sembarangan. Sehingga beberapa barang atau produk yang tidak penting untuk Anda beli bisa dilewatkan. Oleh karena itu, jika Anda ingin hemat, tidak ada salahnya mencoba metode yang satu ini. 

2. Menulis Daftar Belanjaan Selama Seminggu

Pos pengeluaran paling besar dalam rumah tangga itu adalah makanan. Untuk menghindari belanja yang terlalu besar dan boros, maka langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat daftar dan jadwal belanja selama seminggu saja. Sehingga belanja kebutuhannya untuk memenuhi kurun waktu selama seminggu tersebut. 

Mungkin konsep lainnya Anda bisa mencoba dengan menggunakan metode food preparation yang sedang trending dan booming di media sosial. Bagian satu ini sangat menarik untuk Anda lihat, menariknya lagi beberapa kebutuhannya pun akan jauh lebih murah dibandingkan Anda harus belanja atau membeli keperluan secara eceran. 

Tidak ada salahnya mencoba beberapa metode yang paling efektif dan memberikan dampak yang tepat, sehingga membuat berbagai kebutuhan yang ada tidak mengalami permasalahan. Untuk itulah, konsep satu ini benar-benar harus Anda lihat, sekaligus mempelajari ilmu baru yang memberikan banyak keuntungan. 

3. Memilih Pasar Tradisional

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk hemat dalam belanja memenuhi kebutuhan rumah tangga dengan memilih pasar tradisional. Karena, praktisnya pasar tradisional biasanya akan memberikan daftar harga yang lebih miring atau murah dibandingkan ketika Anda harus belanja di supermarket yang selisihnya jika diperhitungkan sangat lumayan. 

Hal ini harus Anda pertimbangkan, apabila Anda sudah terbiasa berbelanja di supermarket tidak ada salahnya untuk mencari dan memilih beberapa kebutuhan belanja Anda di pasar tradisional saja. Bahkan, sementara ini sudah banyak beberapa pasar modern yang jauh lebih murah, menarik, dan bersih, sehingga nyaman juga dalam proses berbelanja. 

Untuk Anda yang sudah terlanjur berbelanja di supermarket dan ingin hemat, mulai untuk mempertimbangkan dan pikir ulang semuanya. Berbelanja di supermarket itu ada biaya akumulasi pajak yang harganya akan lebih tinggi. Oleh karena itu, mulai sekarang harus benar-benar Anda perhitungkan secara matang kedepannya. 

4. Membedakan Daftar Belanjaan 

Terkadang masih banyak ibu rumah tangga yang tidak memperhatikan beberapa daftar belanja berdasarkan dari kebutuhan yang ada. Hal ini secara tidak langsung akan membuat jalur keuangan yang ada dalam rumah Anda akan kesulitan untuk mengaturnya. Oleh karena itu, bagian ini memang harus Anda bagi dan tentukan semuanya dengan sangat jelas. 

Hindari belanja dengan mencampurkan antara kebutuhan harian, mingguan, dan bulanan. Karena tindakan tersebut hanya akan membuat proses perhitungan yang ada akan sulit untuk didapatkan perhitungan yang tepat. Dalam tahap ini Anda harus mempunyai daftar belanjaan yang kebutuhannya akan berbeda-beda. 

5. Hindari Menggunakan Kartu Kredit 

Pada dasarnya menggunakan kartu kredit memang sangat menarik, apalagi prosesnya sangat cepat dan tidak terlalu lama dalam melakukan pembayaran. Bagian satu ini memang paling menarik untuk melihat dan memperhatikannya, sehingga jika Anda salah dalam bertindak pada prosesnya akan mengalami pembengkakan di akhir bulan. 

Oleh karena itu, pilih kebutuhan disesuaikan tingkat urgensinya. Saran terbaik untuk Anda lakukan adalah menghindari melakukan proses belanja rumah tangga menggunakan kartu kredit, karena hanya memberikan beban kemudian hari. 

 

Bagaimana sudah bisa menentukan belanja bulanannya? Pastikan Anda bisa mengatur dan tidak terlalu boros ya dalam menghabiskan pengeluaran setiap bulannya nanti. Harus mampu melihat dan meneliti semuanya dengan baik. 

 

You may also like