Home Pinjaman 5 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk

5 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Menumpuk

by Mas Abadi
melunasi hutang pinjol

Mengajukan pinjaman secara online memang sangat menarik untuk dilakukan, karena semua proses dan prosedur yang diberikan terbilang mudah. Hal inilah membuat banyak masyarakat yang tertarik menggunakannya. Namun, dampak dari kemudahan dan kepraktisan yang diberikan banyak masyarakat yang terjebak pinjaman online. 

Ada beberapa kasus yang mengalami hutang hingga ratusan bahkan miliaran rupiah, tindakan tersebut tentu akan membuat Anda tertekan dan kehidupan yang tidak nyaman. Lantas, bagaimana melunasi hutang yang terlalu besar dari pinjol tersebut? Untuk informasi lengkapnya, simak penjelasannya dibawah ini. 

Melunasi Hutang Pinjol Besar

1. Melunasi Bunga Tertinggi 

Pada dasarnya pinjaman online itu memang memberikan suku bunga yang tinggi, sehingga untuk melunasinya ada banyak yang menunggak. Bagian satu ini harus Anda lihat dan ukur semuanya secara menyeluruh, sehingga tidak ada yang mengalami permasalahan dan prosesnya bisa Anda lihat dengan jelas. 

Apabila Anda melakukan pinjaman online dari beberapa penyedia, maka perhitungkan dan melihat beberapa bunga yang paling tinggi. Jika Anda sudah menentukan semuanya, maka dipilih berdasarkan skala prioritas yang harus Anda melunasi hutang tersebut. Bagian satu ini harus jelas dan tepat, sehingga bisa mendapatkan perhitungannya. 

Untuk proses membayarnya, langkah yang bisa Anda pilih setelah melakukan skala prioritas dan mendapatkan pinjol yang bunganya paling tinggi, maka utamakan yang bunganya paling untuk perlahan Anda lunasi. Bagian tersebut harus Anda dahulukan agar tidak mengalami pembengkakan dan hutang Anda akan semakin bertambah nantinya. 

2. Metode Snowball 

Mungkin Anda jarang mendengar istilah yang ada tersebut, namun ketika Anda sudah berada dalam posisi banyak hutang dengan pinjaman online, maka metode snowball menarik untuk Anda gunakan. Melalui trik yang ada satu ini, prosesnya Anda akan melakukan tahapan pelunasan hutang dengan membayar yang nominalnya paling kecil terlebih dahulu. 

Secara tidak langsung, cara satu ini akan memberikan Anda motivasi dan semangat untuk melunasi beberapa hutang yang ada, sehingga secara perlahan dan satu per satu hutang yang Anda miliki tersebut perlahan akan lunas dan tidak memberatkan diri Anda kembali. Terpenting Anda mempunyai niatan untuk melunasinya dan tidak pernah menyerah. 

Berdasarkan dari konsepnya memang Anda harus mendata terlebih dahulu mengenai beberapa platform yang Anda gunakan untuk berhutang. Melalui bagian tersebut Anda sudah menemukan dan melihat daftar hutang yang paling besar dan kecil, sehingga melalui metode satu ini pilih hutang yang paling kecil dan bisa diselesaikan secara cepat. 

3. Menggunakan Pinjaman Bank 

Proses satu ini ibarat tutup lubang buka lubang kembali, namun segi perhitungannya proses satu ini akan terbilang masuk akal. Karena melihat perhitungan bunga pinjaman bunga yang terlalu besar, kedepannya hutang yang Anda miliki tersebut akan semakin meningkat dan membesar setiap Anda telat melakukan pembayaran. 

Solusinya Anda bisa menggunakan pinjaman langsung dari pihak bank untuk mengatasi persoalan tersebut secara menyeluruh. Dengan demikian, beberapa pinjaman online yang Anda lakukan tersebut bisa langsung dilunasi dan hanya tersisa menggunakan pinjaman dari bank saja untuk mendapatkan pelunasannya secara menyeluruh. 

Meminjam dengan pihak bank bunga yang diberikan tidak terlalu besar serta masa tenornya pun masih bisa disesuaikan. Oleh karena itu, pada bagian satu ini memang menjadi pilihan yang menarik untuk Anda gunakan. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba dan melakukan pelunasan hutang dengan menggunakan pinjaman langsung dari bank. 

4. Menjual Aset 

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan apabila seluruh hutang pinjaman online terlalu besar adalah menjual beberapa aset yang Anda miliki, baik itu bergerak dan tidak bergerak. 

Hal ini Anda perlukan untuk bisa melunasi segala hutang yang Anda miliki tersebut, sehingga semuanya perlahan bisa Anda lunasi dan mulai kondusif.

Menjual beberapa aset yang dimiliki memang akan ada banyak pro kontra yang akan terjadi, namun fokus yang paling penting untuk Anda lakukan adalah tidak merasakan beban hutang pinjaman online yang selalu besar dan dapat melunasi semua hutang yang ada, meskipun harus kehilangan beberapa aset yang sudah lama Anda kumpulkan tersebut. 

5. Bantuan Keluarga 

Alternatif terakhir yang bisa Anda lakukan apabila tidak sanggup untuk melakukan pelunasan hutang bisa dengan meminta bantuan keluarga. Tahapan satu ini sangat menarik untuk Anda lihat secara menyeluruh, sehingga semua hutang yang ada dari pinjaman online bisa langsung terlunasi dan tidak ada beban lagi yang mengintai diri Anda tersebut. 

Pada dasarnya tindakan satu ini opsi yang paling akhir, karena meminta bantuan keluarga tentu akan menambah beban pikiran saja, sehingga apabila kondisinya tidak benar-benar memungkinkan lagi, tidak ada salahnya meminta bantuan dari keluarga. 

 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pelunasan hutang pinjaman online yang menumpuk. 

You may also like