Home Karier 4 Trik Menjawab Pertanyaan Kerja Selama Pandemi Covid 19

4 Trik Menjawab Pertanyaan Kerja Selama Pandemi Covid 19

by admin
pertanyaan kerja

Selama masa pandemi Covid 19 membuat banyak sektor mengalami dampak dan memutuskan gulung tikar. Hal ini membuat banyak orang kembali menganggur dan terkena PHK, sehingga mencari dan mendapatkan pekerjaan selama pandemi akan sangat sulit untuk dilakukan. Kondisi tersebutlah yang membuat Anda harus mampu mempersiapkannya. 

Apalagi sekarang kondisi untuk masuk atau wawancara kerja sendiri tidak ada sistem langsung ke kantor, tetapi sudah dilakukan secara online atau tidak tatap muka langsung. Adanya perubahan tersebut tentu beberapa pertanyaan pun ada yang berbeda. Nah, untuk Anda yang status fresh graduate dan ingin mendapatkan pekerjaan, berikut ini tips untuk menjawab. 

Jawaban Interview Tengah Pandemi 

1. Pembelajaran Tentang Diri 

Ketika Anda pertama kali mengikuti proses lamaran kerja atau interview, maka salah satu pertanyaan yang pertama kali diutarakan oleh pewawancara adalah mengenai diri Anda selama masa pandemi Covid 19 sekarang ini. Hal ini bertujuan untuk mengukur diri Anda termasuk yang mampu berkembang, cepat beradaptasi, dan mampu belajar hal baru. 

Dalam tahap ini perusahaan memang sedang benar-benar mencari kandidat terbaik dan menentukan banyak pesaing yang harus bekerja sama dalam perusahaannya. Dengan begitu, pada proses ini Anda harus mampu memberikan jawaban yang jelas, tersusun, dan jelas tanpa ada jawaban yang terkesan ragu dan tidak memberikan rasa percaya diri yang tinggi. 

Ada banyak aspek yang bisa Anda kembangkan ketika mendapatkan pekerjaan tersebut, namun bagian satu ini memang terkesan sulit untuk Anda yang baru mengikuti proses lamaran kerja. Caranya sangat mudah untuk dilakukan, cari bagian paling kecil dan mudah untuk dijelaskan, sehingga memberikan banyak kemudahan untuk bisnis Anda tersebut. 

Sebenarnya tidak selalu berkaitan dengan dunia pekerjaan, tetapi Anda bisa menjelaskan dari sisi hobi atau meningkatkan skill yang Anda miliki. Mungkin bisa memberikan jawaban dengan mempelajari bahasa asing dan mengembangkan hobi berupa meningkatkan skill fotografi, bagian ini juga akan memberikan kesan berbeda dan menarik di mata HRD.

2. Pekerjaan Secara Online 

Sebelumnya pertanyaan satu ini tidak ada dipertanyakan oleh pihak HRD perusahaan, tetapi ketika badai pandemi Covid masuk, membuat semuanya harus perlahan berubah ke arah digital dan banyak pekerjaan yang dilakukan secara online. Tentunya bagian satu ini sangat menarik untuk Anda pahami dan ketahui secara menyeluruh. 

Biasanya perusahaan akan menanyakan mengenai kemampuan Anda bekerja dari rumah, terutama mengenai dari sisi kesulitan dan permasalahan yang dihadapi. Spesifiknya terkadang terlintas yang sering ditanyakan mengenai jaringan internet dan ruangan khusus untuk bekerja, tentu bagian satu ini sangat menarik untuk Anda lihat. 

Pada dasarnya pertanyaan tersebut memang terkesan informal, namun ada sisi yang harus dilihat oleh perusahaan ketika harus bekerja dirumah bisa maksimal atau tidak. Dengan demikian, meskipun dilakukan secara remote pekerjaan yang Anda lamar tersebut tetap mampu berjalan maksimal dan tidak ada halangan yang mengganggu jalannya perusahaan. 

Hal ini harus Anda persiapkan dan pahami dengan jelas, sehingga kedepannya ketika sudah memasuki tahap wawancara Anda tidak kaget akan pertanyaan tersebut. 

3. Mengatur Waktu Bekerja di Rumah 

Pertanyaan selanjutnya yang akan ditanyakan mengenai tahapan dalam mengatur waktu bekerja ketika di rumah. Bagian ini menjadi sangat penting untuk dilihat dan dipahami oleh perusahaan, karena selama masa pandemi ini banyak perusahaan mulai mempertimbangkan untuk bekerja dari rumah dan tidak mewajibkan datang ke kantor. 

Hal ini sangat penting, terutama untuk Anda yang sudah lama bekerja dari kantor dan tiba-tiba harus dari rumah rasanya sangat penting untuk dilihat. Bagian paling utama mengenai work life balance nya, sehingga ketika Anda mampu menjelaskan dengan baik dan jelas, maka perusahaan akan mempertanyakan tanggung jawab kepada Anda nantinya. 

Oleh karena itu, jika Anda baru lulus dan ingin mendapatkan pekerjaan selama masa pandemi covid 19 ini, salah satunya harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan proses yang lainnya. 

4. Skill Baru yang Dipelajari 

Hal ini mungkin akan masuk dalam daftar pertanyaan oleh HRD perusahaan, karena dalam tahap ini Anda bisa meningkatkan kemampuan atau tidak selama menjalani aktivitas dari rumah saja. Pada tahap ini, skill baru tersebut untuk mengukur diri Anda tetap produktif atau tidak, sehingga ketika memasuki dunia kerja nanti dapat maksimal. 

Ada banyak perubahan yang terjadi selama masa pandemi Covid 19, sehingga semua bagian yang ada memang harus benar-benar dilihat dan dipertimbangkan secara matang. Jangan sampai Anda salah dalam menentukannya, karena akan ada banyak tantangan yang akan dihadapi nantinya, sehingga mulai persiapkan dari sekarang ini. 

 

Demikianlah beberapa tahapan untuk menjawab beberapa pertanyaan ketika Anda melamar pekerjaan selama masa pandemi Covid 19 tersebut, sehingga mampu mendapatkan pekerjaan yang diinginkan nantinya. 

You may also like