Home Investasi 4 Tips Penting Sebelum Memutuskan Investasi Deposito

4 Tips Penting Sebelum Memutuskan Investasi Deposito

by Mas Abadi
investasi deposito

Salah satu bentuk investasi yang masih terus dicari dan diminati oleh masyarakat adalah deposito. Proses investasi satu ini dinilai tepat untuk dipilih, karena resiko yang rendah dan beberapa penawaran suku bunga lebih tinggi daripada melakukan proses tabungan. Sehingga tidak heran banyak pemula untuk memilih deposito sebagai bagian dari investasi. 

Menariknya ketika Anda memilih deposito, prosesnya tidak terlalu sibuk untuk mengatur dan mengelolanya, dalam tahap ini pihak bank telah mengurus dan menentukan semuanya. Dalam prosesnya memang sangat mudah, tetapi Anda tidak bisa sembarangan menentukannya, apalagi baru memulai. Nah, berikut ini beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, simak yuk. 

Memilih Deposito Pemula

1. Jumlah Minimum Deposito 

Sekarang ada banyak beberapa penawaran deposito yang memberikan nilai minimumnya yang rendah, mulai dari 1 juta rupiah. Dengan modal tersebut Anda sudah bisa menentukan dan mendapatkan berbagai keuntungan dari proses penawaran deposito tersebut. Dalam tahap ini Anda harus mencari dan melihat beberapa penawaran yang diberikan oleh pihak bank. 

Dalam tahap ini Anda harus mencari tahu informasi terlebih dahulu, deposito menjadi bagian dari nilai investasi yang seharusnya bisa Anda lakukan tanpa terbebani. Apabila Anda minim informasi, maka membuat proses kedepan akan lebih sulit dalam melakukan tahapan untuk penarikan, terutama jika ada kebutuhan mendesak. 

Hal ini untuk melihat status nilai investasi yang Anda pilih tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tidak bisa Anda ganggu gugat. Tindakan tersebut untuk mencegah adanya penarikan sebelum masa tempo dan menjadi bagian investasi yang tepat. Sehingga dalam prosesnya dilakukan tanpa ada permasalahan dan nyaman dalam melakukannya. 

Investasi dalam deposito itu berdasarkan kurun waktunya, semakin lama Anda dalam melakukan proses deposito, maka semakin besar juga keuntungan bunga yang akan Anda dapatkan nantinya. 

2. Menyesuaikan Waktu Deposito 

Ada berbagai pilihan mengenai waktu pengajuan proses deposito tersebut, mulai dari 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, bahkan ada yang 12 bulan. Semuanya bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Dalam tahap ini Anda bisa memperhatikan dan memperhitungkan hasil yang akan didapatkan dari proses deposito tersebut. 

Apabila kebutuhan Anda untuk proses investasi dalam jangka waktu yang panjang, maka pahami untuk mencari dan memilih waktu yang paling lama. Karena, dalam prinsip investasi dalam deposito, semakin lama Anda dalam melakukan proses menabung, maka makin besar keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya. 

Terutama jika Anda melakukan proses deposito dalam jumlah yang besar, maka semua prosesnya bisa Anda dapatkan keuntungan yang maksimal. Tahapan tersebut tentu memberikan banyak perhitungan, maka sisihkan uang tersendiri untuk Anda yang ingin melakukan proses deposito tersebut. Dengan demikian, tahapan dalam menjalani investasi pada deposito aka jauh lebih menarik dan menguntungkan kedepannya. 

3. Pilih Bank Terpercaya 

Bagian selanjutnya yang tidak boleh Anda abaikan begitu saja dalam memilih bank tempat Anda untuk melakukan investasi deposito. Pastikan Anda mencari dan memilih bank yang mempunyai track record yang baik dan mempunyai lingkungan yang stabil. Dengan demikian, pada saat melakukan proses deposito membuat Anda tidak begitu khawatir. 

Hindari untuk mencoba berbagai penawaran yang tidak begitu masuk akal, apalagi menawarkan nilai investasi deposito dengan jumlah yang minim, tetapi memberikan keuntungan yang terlalu besar. Keadaan tersebut harus benar-benar Anda hindari dan pelajari secara menyeluruh agar tidak mengalami permasalahan kemudian hari nantinya. 

Lebih tepat untuk mencari dan melihat berbagai informasi dari perbankan yang terpercaya dan memahami beberapa penawaran yang diberikan dan ditawarkan. Keadaan tersebut akan memberikan Anda peluang dan kesempatan yang lebih baik, sehingga aset yang Anda berikan pada pihak perbankan tersebut aman, terutama yang sudah menjadi bagian dari LPS. 

Pihak Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan menjaga dana Anda tersebut, karena sewaktu-waktu bank mengalami kebangkrutan dan permasalahan, pihak LPS akan menjamin nilai deposito tidak lebih dari 2 miliar rupiah. 

4. Menghitung Keuntungan 

Terakhir yang paling menarik dan tidak kalah penting adalah menghitung keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Hal ini sangat penting ketika Anda sudah memutuskan untuk melakukan proses deposito. Dengan demikian, memunculkan motivasi dalam diri Anda untuk jauh lebih semangat dalam menjalani proses deposito tersebut. 

Dalam tahap ini pihak bank memberikan beberapa variasi dalam proses deposito tersebut, ada yang menawarkan keuntungan dari 5,25 persen, 5,50 persen, dan ada juga memberikan nilai sebesar 7 persen setiap bulannya. Tahap ini harus Anda perhitungkan dan bisa menentukan perbankan untuk dijadikan tempat investasi depositonya tersebut. 

 

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda pilih ketika sedang ingin melakukan proses deposito tersebut, pastikan Anda mencari dan memahaminya terlebih dahulu ketika hendak melakukan investasi deposito tersebut. 

You may also like