Home Perencanaan 4 Tips Penting Membangun Langkah Finansial

4 Tips Penting Membangun Langkah Finansial

by Mas Abadi
langkah finansial

Kehilangan sosok suami untuk selama-lamanya bukan tindakan yang mudah agar bisa melaluinya dengan sangat mudah. Kondisi tersebut membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa pulih secara perlahan-lahan. Tetapi, apabila Anda terus merenungi keadaan dan tidak mengubah apapun itu, rasanya Anda harus mulai bangkit dan berjalan kembali. 

Apalagi untuk Anda yang masih mempunyai tanggungan, semuanya harus Anda perhatikan supaya semuanya berjalan dengan baik dan tidak ada permasalahan. Salah satunya dalam mengatur keuangan kembali, karena setelah suami meninggal pasti akan ada banyak perubahan. Berikut ini beberapa tahapan yang bisa Anda lakukan, mari kita bahas. 

Tahapan Keuangan Setelah Suami Meninggal

1. Membeli Asuransi Jiwa 

Statusnya akan berubah ketika suami sudah meninggalkan Anda lebih dahulu, dalam tahap ini Anda akan menjadi kepala keluarga yang akan mengurus berbagai kebutuhan dalam rumah tangga. Dalam tahap ini, langkah keuangan yang paling bijak untuk Anda lakukan adalah membeli asuransi jiwa terlebih dahulu sebagai perlindungan utama. 

Apabila ada permasalahan dan apapun itu diluar prediksi Anda, maka asuransi tersebut akan diberikan kepada anak-anak Anda nantinya. Hal ini minimal mungkin akan memberikan beberapa bentuk pertanggungjawaban untuk melanjutkan kehidupan dan bisa terus melanjutkan jenjang pendidikannya mereka secara menyeluruh. 

Hal inilah menjadi langkah pertama kali Anda lakukan ketika sang suami sudah tidak ada, sehingga kebutuhan kedepannya sudah Anda prediksi dan bisa terhitung dengan sangat baik. Tahapan satu ini memang langkah yang besar, karena tujuannya untuk kebutuhan jangka panjang dalam memberikan perlindungan dan kebutuhan anak-anak masa depan nantinya. 

2. Pilih Asuransi yang Tepat

Ada banyak produk asuransi yang ditawarkan, semuanya harus Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Dalam tahap ini, semua prosesnya harus Anda perhatikan secara menyeluruh agar tidak salah dalam menentukannya. Pertimbangkan dan perhitungkan semuanya dengan sangat jelas agar tidak menambah beban kemudian harinya. 

Pastikan Anda mencari dan memahami produk asuransi yang benar-benar tepat agar tidak mengalami permasalahan kedepannya. Tahapan tersebut sangat penting untuk Anda lihat agar tidak menjadi beban dan permasalahan dalam keuangan kedepannya. Apabila memutuskan untuk asuransi jiwa, maka pilih penyedia jasa yang benar-benar terpercaya. 

Tentukan perusahaan asuransi yang benar-benar bisa memberikan Anda kebutuhannya secara menyeluruh agar tidak salah langkah. Semuanya harus jelas dan lengkap agar bisa mendapatkan pemenuhan yang besar dari beberapa nilai pertanggungjawaban yang ada agar sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan yang ada secara menyeluruh. 

3. Mempersiapkan Dana Darurat

Dana darurat sangat penting untuk Anda lihat, karena keadaan tersebut untuk memberikan Anda persiapan apabila jika ada dana tertentu yang mendesak. Keadaan satu ini memang harus Anda pertimbangkan secara menyeluruh agar tidak ada permasalahan yang terjadi. Dengan demikian, keadaan yang ada bisa teratasi dari uang darurat tersebut. 

Apalagi jika Anda satu-satunya orang yang mencari dan mendapatkan sumber keuangan yang ada, sehingga dana darurat tersebut sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Jangan sampai Anda sama sekali tidak mempersiapkannya. Untuk perhitungan dana darurat sendiri harus Anda sisihkan sekitar 12 kali dari pengeluaran rutin yang akan Anda berikan nantinya. 

Untuk proses perhitungannya, apabila setiap bulan Anda akan menghabiskan sekitar 8 juta perbulannya, maka untuk dana darurat sendiri bisa Anda alokasikan sebesar 96 juta rupiah. Tahapan tersebut harus Anda perhitungkan dengan sangat matang, karena uang darurat sangat penting untuk Anda miliki dan persiapkan semuanya dengan jelas. 

Dalam melakukan prosesnya bisa Anda lakukan dengan mencari dan mengalokasikan dana tersebut pada rekening khusus, sehingga semua instrumen investasi nantinya akan lebih mudah untuk Anda dapatkan dan cairkan sepenuhnya secara menyeluruh. 

4. Mempersiapkan Dana Pendidikan

Selanjutnya Anda juga harus memperitmbangkan dan memperhatikan dana pendidikan untuk anak-anak Anda nantinya. Ditinggalkan oleh seorang kepala keluarga memang bukan bagian yang mudah, namun kehidupan terus berjalan dan berputar. Sehingga mau tidak mau Anda harus benar-benar bisa mengatasinya dan terus melangkah. 

Pada bagian ini Anda harus sudah mempersiapkan semua kebutuhan yang ada, sehingga biaya pendidikan juga mulai harus benar-benar dipertimbangkan. Apalagi jika anak-anak Anda masih kecil, maka pastikan Anda sudah mempersiapkan biaya pendidikan untuk jenjang perkuliahan nantinya. 

Pilih bentuk investasi tabungan yang panjang dan berjenjang, karena untuk memenuhi kebutuhan pendidikan jangka panjang yang harus Anda perhatikan semuanya secara menyeluruh. Jangan sampai Anda salah dalam menentukannya dan perhitungkan semuanya dengan sangat jelas, sehingga biaya pendidikan anak Anda nantinya akan terjamin. 

Semuanya harus jelas dan mengubah pola kehidupan, hemat menjadi pilihan yang harus Anda lihat sepenuhnya, sehingga segala kebutuhan dapat terpenuhi dengan sangat baik.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai proses mengatur keuangan ketika sudah ditinggal oleh suami. 

You may also like