Home Tips 4 Tips Menghindari Boros Saat Berbelanja di Musim Liburan

4 Tips Menghindari Boros Saat Berbelanja di Musim Liburan

by Mas Abadi

Natal serta tahun baru akan segera berlangsung, meski masih beberapa bulan lagi. Akan tetapi, masyarakat yang mau merayakan kadang sudah memikirkan hal-hal yang berkaitan dengan belanja. Seperti mencari hadiah untuk natal serta kebutuhan lain ketika momen tersebut tiba.

Karena jika belanja ketika sudah masuk Natal serta tahun baru biasanya akan menguras pengeluaran, atau bahkan menciptakan pemborosan finansial sampai harus berhutang sana sini. Nah, agar terhindar dari kondisi tersebut, mari simak beberapa tips untuk menghindari pemborosan ketika berbelanja saat musim libur tiba.

1.       Menyusun Anggaran Belanja serta Mematuhinya

Perhatikan secara cermat semua tabungan serta anggaran yang adam agar dapat mengetahui seberapa banyak dana yang bisa dialokasikan untuk berlibur tahun ini.

Setelah itu buatlah daftar seluruh hal yang perlu dibeli, bukan hanya hadiah saja namun juga makanan, akomodasi, dekorasi dan lain sebagainya. Anda bisa menetapkan anggaran untuk setiap daftar kebutuhan pengeluaran. Bila Anda menemukan daftar yang ternyata dana Anda tidak mencukupi untuk menutupi seluruh pemenuhannya, maka pertimbangkan untuk memangkas beberapa jenis pengeluaran.

2.       Bijak Penggunaan Kartu Kredit

Menggunakan fasilitas kartu kredit guna memperoleh hadiah atau sebuah pengembalian dana tunai memang bisa menghemat uang Anda. Akan tetapi ingat hal ini terjadi hanya bila Anda bisa melunasi tagihan kartu tiap bulannya.

Catatlah, bunga yang wajib dibayar dengan bunga lainnya bila telat membayar tagihan. Itu berarti bisa saja, terjadi pengeluaran lebih besar dibanding nilai dari hadiah yang didapat.

3.       Menahan Berbelanja untuk Diri Sendiri

Sebagian dari Anda pasti memiliki rencana untuk mencari dan membeli hal untuk diri sendiri. Akan tetapi menolak keinginan tersebut bisa memberikan Anda banyak ruang untuk bisa mencapai anggaran yang diinginkan.

Sebaliknya, tunggu hingga liburan usai. Maka Anda pun mungkin bisa memenuhi berbagai kebutuhan dengan memanfaatkan kartu yang baru saja diterima, serta Anda akan memperoleh keuntungan atas penjualan setelah musim.

4.       Menyusun Rencana Terkait Pembelian

Sebagian orang akan memburu berbagai macam diskon jika ada momen tertentu. Misalnya memanfaatkan Cyber Monday dan Black Friday.

Walaupun Anda menemukan penawaran terbaik di momen tersebut, akan tetapi bisa saja ada penawaran yang jauh lebih bagus bila menunggu sampai akhir bulan Desember.

Dampak Buruk Boros Berbelanja

Pengendalian untuk menginginkan semuanya merupakan suatu yang susah dilakukan. Namun manusia cenderung tak akan pernah ada yang namanya puas dan selalu ingin lebih dan lebih lagi. Ini yang tak pantas untuk Anda pertahankan sebab keinginan tersebut membuat Anda boros keuangan. Ketahuilah bahwa boros bisa menjadikan Anda pribadi yang susah berkembang serta dibawah ini 5 dampak buruk yang dapat menyerang Anda.

1.       Anda akan Berhutang ke Banyak Orang

Boros dapat membuat Anda berani berhutang meski terdengar biasa namun bila sudah keseringan bisa menciptakan penumpukan hutang. Alhasil, Anda akan kesulitan dalam membayarnya serta utang pun semakin banyak.

Cobalah mengatur finansial dengan bijak dan tidak asal-asalan. Jika tidak begitu penting sebaiknya jangan membelinya. Prioritaskan kebutuhan terlebih dahulu. Itu merupakan cara paling tepat supaya Anda terhindar dari hutang ke orang lain.

2.       Dipenuhi Rasa Cemas Setiap Hari

Menjalani hidup yang damai merupakan impian bagi siapa saja serta Anda akan mencari berbagai cara agar tetap damai. Akan tetapi, bila Anda sering boros maka akan sangat berpengaruh negatif terhadap kehidupan. Rasa cemas muncul sebab Anda tidak bisa mengikuti perubahan zaman, serta khawatir saat mencari uang supaya bisa menutupi utang yang ada. Dengan beban pikiran yang begitu banyak ini tentu akan membuat Anda gelisah dan selalu cemas sepanjang hari.

3.       Kesulitan Mencapai Kesuksesan

Menimbang kesuksesan pun bisa dinilai dari bagaimana cara Anda dalam mengatur keuangan. Bila boros tentu kesuksesan pun akan begitu susah untuk dicapai dan bahkan Anda terus ada di titik kegagalan berulang kali. Belajar menabung sangat disarankan. Hal ini bertujuan supaya Anda mempunyai simpanan dana yang dapat digunakan jika mempunyai kebutuhan yang mendesak. Misalnya, menyiapkan dana tabungan untuk keperluan di masa depan ketika menikmati hari tua yang damai dan tenang.

4.       Hidup Selalu Merasa Kurang

Membiasakan diri sendiri untuk membeli produk terbaru dan juga mahal malah akan membuat Anda ketagihan. Ingin mempunyai semuanya namun dari segi finansial Anda tidak mampu dan juga boros. Hal ini akan membuat hidup Anda selalu merasa kurang dan lama-lama Anda semakin susah untuk mengendalikan diri sendiri.

5.       Rentan Terkena Stres

Pemborosan dalam berbelanja sangat rentan membuat seseorang merasa stres. Karena ketika boros seseorang kadang tidak sadar seberapa banyak pengeluarannya. Sementara pemasukannya jauh lebih rendah. Alhasil, setiap harinya Anda akan selalu memikirkan terkait bagaimana kelanjutan hidup di keesokan harinya agar dapat menutupi semua hutang yang ada, tapi kondisi keuangan sendiri pun dalam kondisi minus.

You may also like