Home Perencanaan 4 Tips Mencapai Keuangan Rumah Tangga yang Sejahtera

4 Tips Mencapai Keuangan Rumah Tangga yang Sejahtera

by Mas Abadi
keuangan rumah tangga

Memiliki keuangan yang matang membuat beberapa kebutuhan penting dalam keluarga jauh lebih bisa terpenuhi dengan sangat baik. Hal ini tentunya memberikan peranan yang sangat baik dalam kehidupan rumah tangga. Karena permasalahan dalam keuangan menjadi titik yang paling besar, sehingga benar-benar bisa harus dipertimbangkan. 

Jangan sampai adanya permasalahan pada keuangan membuat rumah tangga bermasalah dan mengganggu harmonisasi dalam rumah. Untuk Anda yang sudah berkeluarga dan ingin mencapai tujuan keuangan yang sejahtera, sebenarnya ada beberapa kiat-kiat yang bisa Anda coba dan lakukan. Nah, apa saja itu? Yuk simak penjelasannya. 

Mencapai Keuangan Keluarga yang Mapan

1. Semua Proses Terbuka 

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan ketika mengatur keuangan dalam keluarga atau rumah tangga yang paling utama adalah keterbukaan. Kejujuran menjadi nilai yang sangat penting, karena tindakan tersebut sebagai dasar utama yang harus dilihat dan dipahami oleh Anda yang sedang membangun rumah tangga yang bahagia. 

Sebenarnya tidak hanya dengan keuangannya saja, tetapi bagian lainnya kunci kesuksesan untuk melangkah bersama dan hidup sejahtera itu adalah keterbukaan. Hal ini harus Anda komunikasikan bersama pasangan, jelaskan semuanya secara jelas dan rinci. Sebab, tujuannya untuk membangun kepercayaan dan tidak ada prasangka buruk yang merugikan. 

Transparan sebagai modal utama yang harus dilihat dan dijelaskan oleh Anda dalam berkeluarga, hindari untuk menyembunyikan suatu hal termasuk dalam keuangan. Mungkin untuk awal-awal akan sangat kesulitan dalam melakukannya, tetapi jika didasari oleh niat dan tujuan bersama, rasanya bukan menjadi persoalan yang merepotkan nantinya. 

2. Menentukan Skala Prioritas

Selanjutnya untuk mencapai keuangan yang mapan dan sejahtera adalah menentukan skala prioritas terkait alokasi dana yang dimiliki. Dalam tahap ini Anda bisa melihat semuanya secara jelas dan menyeluruh, sehingga bisa Anda pertimbangkan secara matang. Jika Anda sudah mampu melihat prioritas dan keutamaan dari keuangan tersebut, kedepannya lebih muda. 

Hal ini Anda harus pertimbangkan secara matang, mulai dari keuangan yang dimiliki tersebut untuk biaya pendidikan anak, membeli rumah atau kendaraan, atau lainnya. Semuanya harus Anda pertimbangkan dan perhatikan secara jelas. Dengan demikian, keuangan yang Anda kelola bersama pasangan lebih memahami arahnya akan kemana nantinya. 

Hindari untuk membuat beberapa perencanaan yang dampak dan kebutuhannya tidak ada pahami dengan jelas. Keadaan tersebut akan mengganggu cash flow yang Anda miliki dalam rumah tangga, bagian ini harus jelas dan jangan sampai Anda salah dalam melakukannya. Oleh karena itu, arah dan tujuannya jelas dan mempunyai prioritas. 

3. Harus Disiplin 

Tahapan berikutnya yang harus Anda lihat dan pahami secara jelas mengenai disiplin dalam menabung atau menyisihkan uang. Komitmen satu ini sangat penting untuk dilakukan, sehingga keuangan Anda yang dimiliki tidak habis percuma. Apabila Anda tidak ada disiplin dan komitmen yang tinggi, maka persoalan tersebut akan berpengaruh pada aspek yang lainnya. 

Jangan sampai kehidupan yang konsumtif akan membuat keuangan dalam rumah tangga Anda akan hancur dan bermasalah. Buat tindakan yang tepat dan jelas, sehingga semuanya bisa Anda pertimbangkan secara matang. Tahapan satu ini harus benar-benar bisa Anda pahami, sehingga tidak sembarangan dalam mengalokasikan dana yang dimiliki. 

Buat tujuan dari keuangan yang Anda ingin capai tersebut, sehingga setiap harinya Anda akan mempunyai target yang harus dicapai. Hal ini memang terasa mudah dalam berteori, sebab untuk melakukannya pun sangat sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, semuanya harus jelas dan jangan sampai Anda salah dalam melakukannya. 

4. Tidak Melupakan Dana Darurat

Ketika sudah berkeluarga, maka sangat penting untuk mempersiapkan dan memiliki dana darurat. Hal ini sebagai bentuk dan bagian dalam memenuhi kebutuhan yang tidak terduga, sehingga adanya dana darurat tersebut dapat melindungi Anda dan keluarga dalam jangka waktu tertentu yang tidak bisa diabaikan begitu saja. 

Tahapan satu ini memang sangat penting untuk dilihat, diperhitungkan secara matang mengenai kebutuhan dari dana darurat tersebut. Berdasarkan dari ketentuan yang ada, dana darurat yang ideal itu sekitar 6-12 kali dari pengeluaran rutin setiap bulan, terutama untuk yang berkeluarga dan mempunyai anak. 

Secara praktisnya, menentukan dana darurat itu sendiri dapat Anda lakukan dari 10 persen gaji yang Anda dapatkan setiap bulannya. Dengan demikian, tindakan satu ini akan jauh lebih mudah dan dapat Anda perhatikan secara menyeluruh. Oleh karena itu, hal utama dan penting untuk Anda lihat mengenai dana darurat tersebut harus ada. 

Roda kehidupan itu akan selalu berubah dan kemungkinan permasalahan akan terjadi, sehingga jauh-jauh hari sudah harus Anda perhatikan dan persiapkan. 

 

Beberapa tips diatas dapat membantu Anda untuk mendapatkan keuangan keluarga yang mapan dan sejahtera. Pastikan Anda dan pasangan mampu mengelolanya dan bisa mewujudkan segala impian yang sedang ingin dicapai. 

You may also like