Home Perencanaan 4 Tips Mempersiapkan Masa Pensiun

4 Tips Mempersiapkan Masa Pensiun

by Mas Abadi
dana pensiun

Memasuki masa pensiun memang menjadi harapan banyak orang, karena sudah selesai dari kewajiban dan tanggung jawabnya pada perusahaan atau lembaga tertentu. Fokusnya tinggal berkumpul bersama keluarga dan menikmati kegiatan baru setiap harinya. Hal ini tentunya menjadi sangat menarik untuk dilihat. 

Namun, sebelum Anda memasuki masa pensiun penting sekali untuk mempersiapkan dan merencanakan masa pensiun Anda nantinya. Karena kebutuhan tersebut tidak mudah untuk dilakukan, harus banyak mengatur alokasi dana dan menjalani gaya hidup yang lebih bijak. Nah, bagaimana mempersiapkan masa pensiun? Simak penjelasan lengkapnya. 

Mempersiapkan Masa Pensiun 

Ada beberapa kebutuhan yang bisa Anda lakukan sebelum memasuki masa pensiun, berikut ini beberapa poin yang harus diperhatikan, diantaranya

1. Mengubah Pola Pikir

Mungkin Anda akan beranggapan pensiun akan mendapatkan kehidupan yang makmur dan lebih sejahtera. Dalam tahap ini Anda akan mendapatkan dana jaminan sosial (BPJS Ketenagakerjaan) untuk menghidupi seluruh keluarga Anda kedepan. Tetapi, jika Anda perhitungkan dana tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan. 

Sebenarnya jika melihat secara keseluruhan, pengeluaran memang tidak ada bedanya ketika Anda masih bekerja. Dalam tahap ini yang harus Anda lihat adalah sumber pemasukan yang akan berkurang dan tidak seperti sebelumnya. Kondisi tersebut yang harus benar-benar bisa Anda pertimbangkan dengan matang dan mulai harus mengubah pola pikir. 

Dalam tahap ini, ada banyak orang tua yang mengharapkan sumber pemasukan dari anak-anaknya. Tidak ada persoalan apabila anak-anak Anda mempunyai sumber pemasukan lebih, namun apabila mereka terbatas juga tentu akan menjadi persoalan. Oleh karena itu, sebelum Anda pensiun mulai pertimbangkan sumber pemasukan lainnya. 

Investasi saham, emas, atau properti menjadi bagian dari persiapan, sehingga apabila masa pensiun telah masuk Anda masih mempunyai sumber dana yang bisa Anda cairkan jika ada kebutuhan mendesak nantinya. 

2. Hindari Pemborosan 

Menikmati kehidupan sah-sah saja untuk Anda lakukan, tapi mengenai kondisi tersebut Anda harus mampu mengatur dan jangan sampai gaya hidup akan menghancurkan semuanya. Karena akan sangat rugi apabila jerih payah Anda bertahun-tahun hanya akan dihabiskan oleh kebutuhan-kebutuhan yang tidak mempunyai nilai jual. 

Untuk Anda yang sudah memasuki masa pensiun, maka penting sekali untuk mempertimbangkan kehidupan rumah tangga dan keluarga yang sederhana saja dan tidak begitu berlebihan. Hindari pengeluaran yang akan membuat kantong Anda berdarah-darah untuk melunasinya, cukup mencari pengeluaran yang sekiranya mampu Anda lunasi. 

Sisi lainnya, tidak perlu mengikuti trend yang selalu berubah. Tindakan tersebut hanya akan membuat Anda mengalami kesulitan nantinya. Faktor inilah yang harus Anda bentuk sebelum Anda benar-benar memasuki masa pensiun. Mulai persiapkan dan pertimbangkan semuanya agar tidak mengalami permasalahan yang berlanjut. 

3. Melunasi Semua Hutang 

Untuk mempersiapkan masa pensiun Anda harus benar-benar segera melunasi semua hutang yang Anda miliki. Kondisi tersebut harus Anda pertimbangkan agar tidak mengalami permasalahan dan membuat semuanya selesai. Faktor inilah yang harus Anda lihat agar tidak memberatkan Anda kedepannya. 

Apabila Anda salah dalam menentukannya, maka akan ada banyak pengeluaran yang harus Anda keluarkan dan harus dilunasi segera. Faktor inilah yang akan membuat keuangan Anda akan lebih berat dan mengatur semuanya secara lebih rinci. Hal ini sebenarnya akan lebih tepat jika Anda sudah melunasi semuanya ketika sebelum memasuki masa pensiun. 

Dengan demikian, ketika Anda sudah memasuki masa pensiun tidak ada lagi beban berat yang menanggung keuangan Anda kedepan. Lebih baik untuk tidak mempunyai hutang, karena kondisi tersebut akan memperburuk dan membuat pengeluaran Anda terganggu. Jika ingin sejahtera, lunasi semua hutang yang ada dan siapkan 30 persen dari gaji Anda kedepan. 

Proses tersebut akan membantu Anda untuk bisa menikmati masa-masa pensiun yang Anda inginkan kelak. Sehingga kehidupan Anda ketika memasuki masa pensiun akan lebih tenang dan sejahtera tanpa ada hutang yang memberatkan. 

4. Mencari Tempat Investasi 

Terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencari tempat investasi yang benar-benar tepat dan terpercaya. Semuanya harus Anda lihat dan verifikasi secara menyeluruh agar tidak mengalami permasalahan dikemudian hari. Apabila Anda salah dalam menentukannya akan ada banyak persoalan dan kerugian yang akan mengintai nantinya. 

Investasi memang sangat penting, karena membuat uang yang akan bekerja untuk Anda kedepannya. Tetapi, apabila Anda salah dalam memutuskannya, maka akan ada banyak kerugian yang akan terjadi. Oleh karena itu, sebelum Anda terjun langsung dalam dunia investasi mulai pertimbangkan untuk memahami dan melihat tempat investasi tersebut. 

Dengan demikian, kebutuhan dana pensiun yang Anda harapkan benar-benar memberikan manfaat dan tidak mengalami kendala lagi kedepannya. 

 

Nah, itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai persiapan sebelum pensiun. Pastikan Anda benar-benar bisa mempersiapkannya dengan baik dan menikmati hari-hari tua nantinya. 

You may also like