Home Perencanaan 4 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Mobil

4 Tips Memilih Asuransi Kendaraan Mobil

by Mas Abadi
asuransi mobil

Menentukan dan memilih asuransi mobil memang agak ribet, karena harus menyesuaikan biaya yang harus dikeluarkan dan fasilitas yang didapatkan. Semuanya harus diperhitungkan secara maksimal, sehingga tidak ada permasalahan yang akan muncul kemudian hari. Hal ini tentunya memang menjadi sangat menarik untuk dilihat, sehingga benar-benar bisa dipahami. 

Untuk Anda yang sudah memiliki mobil, asuransi kendaraan memang penting untuk dipersiapkan. Karena apabila ada permasalahan, setidaknya mobil Anda tersebut sudah mempunyai perlindungan. Nah, bagaimana menentukan asuransi mobil yang tepat? Bagaimana memilih yang terbaik? Untuk penjelasan lengkapnya, simak ulasannya dibawah ini. 

Memilih Asuransi Mobil

1. Survei 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam memilih asuransi mobil adalah melakukan survei terlebih dahulu dan membandingkan dengan beberapa produk asuransi yang ada. Dalam tahap ini, Anda memang dituntut untuk lebih teliti dalam menentukannya agar tidak menemukan permasalahan nantinya, karena asuransi sendiri kebutuhan jangka panjang. 

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan dalam memilih asuransi kendaraan itu bisa dilihat dari jumlah nasabah yang telah menggunakan dan menyediakan platform online yang sudah banyak diunduh oleh pengguna asuransi tersebut. Bagian satu ini jangan sampai Anda lewatkan dalam proses mencari produk asuransi untuk kendaraan mobil Anda dirumah. 

Sisi lainnya, perusahaan asuransi yang khusus untuk melindungi kendaraan mobil Anda tersebut biasanya memberikan beberapa penawaran produk yang menarik dan banyak pilihan serta berkualitas. Dengan demikian Anda mempunyai beberapa pilihan dan tidak hanya terbatas hanya satu produk penawaran saja yang diberikan. 

2. Menentukan Produk 

Ada banyak berbagai pilihan asuransi untuk kendaraan mobil Anda dirumah, tetapi dalam tahap ini Anda harus mencari dan menentukan produk yang tepat. Jangan sampai Anda salah dalam menentukannya, karena semuanya harus berdasarkan pada kebutuhan yang bermanfaat dan berguna untuk kendaraan mobil Anda tersebut. 

Untuk asuransi kendaraan mobil atau motor sendiri menggunakan dua jenis asuransi, ada yang all risk dan total loss only. Kedua bentuk penawaran tersebut bisa Anda pilih disesuaikan berdasarkan dari kemampuan dan kesanggupan masing-masing. Sehingga kedepannya asuransi yang Anda pilih tersebut sudah sesuai dengan perhitungan yang ada. 

Jika Anda sudah memilih dan menentukan semuanya, maka langkah berikutnya yang tidak bisa Anda lupakan adalah mengenai fasilitas dan layanan yang diberikan. Hal ini sangat penting untuk Anda lihat agar tidak mengalami permasalahan kemudian hari. Sehingga semuanya harus berdasarkan perhitungan, ketelitian, dan pengetahuan produk asuransinya. 

3. Kontrak Kerjasama 

Sebelum Anda memilih dan menentukan untuk menyepakati asuransi yang diberikan tersebut, maka tahapan yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kontrak kerjasama. Tahap ini memang terlihat sepele, namun dampaknya akan sangat panjang apabila Anda tidak memperhatikan dan melihatnya secara menyeluruh kedepannya nanti. 

Jangan sampai Anda salah dalam melakukannya dan bertindak semuanya dapat diselesaikan dengan mudah. Produk asuransi itu berdasarkan proses dan prosedur yang ketat, sehingga semuanya harus benar-benar bisa Anda pelajari dan pahami keseluruhannya. Pastikan poin per poin yang diberikan sudah Anda mengerti dan pertanyakan apabila belum memahaminya. 

Prosesnya ini untuk tahapan yang lama atau jangka panjang, sekali Anda melakukan tanda tangan dokumen secara langsung, maka ada pembayaran premi dan klaim asuransi yang harus bisa Anda jalankan secara menyeluruh. Apabila Anda tidak membaca dan memahaminya, kontrak yang diberikan itu berlaku secara mengikat dan mutlak tidak dapat diganggu gugat. 

4. Bengkel Luas 

Selanjutnya yang harus Anda pahami dan perhatikan bahwa produk asuransi yang diberikan dan ditawarkan kepada Anda tersebut mempunyai daftar bengkel yang banyak dan jaringan yang luas. Sehingga apabila terjadi permasalahan nantinya, tentu mobil Anda tersebut tidak terlalu lama untuk proses perawatan yang akan diberikan. 

Apabila bengkel asuransinya sangat terbatas, kegiatan tersebut akan membuat Anda akan kesulitan untuk bisa mendapatkan fasilitasnya. Selain itu juga, bengkel yang diajak kerjasama oleh pihak asuransi sudah mempunyai lisensi yang tepat, sehingga apabila ada permasalahan yang terjadi, maka prosesnya sudah melalui berbagai prosedur yang ketat dan jelas. 

Hal ini memang terlihat sepele dan tidak mungkin akan menggunakannya, namun namanya Anda mempunyai kendaraan dan melakukan perjalanan, semuanya tidak bisa Anda prediksi. Melakukan persiapan dan perencanaan memang sangat penting, bukan berarti Anda akan meminta bencana atau kesialan, namun memperhitungkannya bagian wajib harus dipahami. 

Ada banyak faktor dalam melihat proses satu ini, bisa lokasi bengkel, standar yang diberikan bengkel, proses perawatan, dan suku cadang yang diberikan berkualitas tinggi. Sehingga kendaraan Anda benar-benar akan dijaga dan terlindungi dengan sangat baik. 

 

Demikianlah beberapa tahapan untuk memilih produk asuransi kendaraan mobil Anda dirumah, jangan sampai Anda salah dalam menentukannya dan pastikan mendapatkan produk asuransi yang tepat. 

You may also like