Home Investasi 4 Rekomendasi Instrumen Investasi Menarik Untuk Pelajar

4 Rekomendasi Instrumen Investasi Menarik Untuk Pelajar

by Mas Abadi
bisnis berkembang

Masih berstatus sebagai pelajar dan ingin memulai investasi? Tentunya sekarang ini kebutuhan tersebut sangat mungkin untuk Anda coba dan lakukan. Apalagi trend investasi sedang banyak dicari dan dilirik oleh masyarakat. Dalam tahap ini, tidak ada salahnya Anda mencoba dan memahaminya secara menyeluruh. 

Untuk Anda yang ingin memulai investasi dan masih menjadi pelajar, sebenarnya ada beberapa rekomendasi atau pilihan yang bisa Anda coba. Karena modal yang Anda miliki belum terlalu besar dan aspek resikonya pun tidak begitu besar. Nah, berikut ini kami akan menjelaskan beberapa pilihan investasi yang bisa Anda lakukan, mari kita bahas secara menyeluruh. 

Pilihan Investasi Untuk Pelajar

1. Investasi Reksadana 

Awal tahun 2020 kemarin trend investasi pada reksadana banyak dicari dan dilirik oleh para pelajar, sehingga tentunya ini bisa menjadi pilihan utama yang mungkin dapat Anda coba. Jenis investasi satu ini termasuk yang paling ideal dan cocok untuk para pelajar, karena segi resiko dan keuntungannya pun sangat menjanjikan. 

Apalagi semuanya bisa dilakukan secara online, sehingga termasuk yang paling menarik bisa dilihat dan dipahami oleh para pelajar, karena mampu mengulik dan mempelajarinya secara lebih luas, termasuk instrumen investasi lainnya. Namun, sementara ini reksadana masih menjadi pilihan utama dan menarik untuk dicoba. 

Untuk yang baru memulai, reksa dana merupakan sebagai instrumen investasi yang dikelola oleh manajer investasi untuk mengatur dan menentukan pasarnya. Dalam tahap ini, ibaratnya Anda menitipkan uang pada profesional, selanjutnya keuangan yang Anda berikan tersebut akan meningkat dan mempunyai nilai tambah yang lebih. 

Selain itu juga, kenapa cocok untuk dipilih oleh pelajar? Karena dalam tahap ini reksa dana tidak membutuhkan modal yang begitu besar dan prosesnya tidak begitu sulit untuk dipahami. 

2. Investasi Emas 

Salah satu jenis investasi yang tidak pernah lepas dari daftar investasi adalah emas. Mungkin dulunya emas hanya bisa dilakukan dan dimiliki oleh orang-orang yang mempunyai modal besar. Tetapi, ketika Anda melihat secara lebih luas, sekarang ini emas pun juga bisa Anda pilih dan dapatkan sebagai instrumen investasi yang sangat menggiurkan. 

Jika Anda baru ingin terjun langsung dalam dunia investasi, emas termasuk yang paling menarik dan menggiurkan untuk dicoba. Faktor satu ini sangat menarik untuk Anda lihat dan pertimbangkan secara menyeluruh, karena emas sendiri termasuk dalam nilai investasi yang tidak mengalami penurunan yang terlalu besar dan sangat rendah. 

Keuntungan lainnya yang didapatkan ketika Anda memilih emas, kemudahan dalam proses jual beli, karena likuid nya sangat banyak diminati. Oleh karena itu, emas masih menjadi pertimbangan yang cocok dan pas untuk dicoba oleh para pelajar dalam memulai dan terjun dalam dunia investasi, rasanya ini menjadi yang menarik untuk Anda manfaatkan. 

3. Deposito Pelajar 

Mungkin dulunya beberapa bank hanya membuka deposito hanya untuk beberapa orang saja dan mempunyai penghasilan diatas rata-rata. Hal tersebut dipengaruhi oleh persyaratan tabungan dalam deposito yang relatif tinggi. Namun, permasalahan tersebut tidak lagi kembali, karena ada beberapa bank yang membuka tabungan deposito dengan setoran yang terjangkau.

Jika Anda ingin memulai investasi dengan keuntungan yang flat, maka deposito masih menjadi bagian yang paling menarik dan menguntungkan untuk dicoba. Segi resikonya pun sangat rendah, karena keuangan Anda tersebut langsung dikelola oleh pihak bank. Dengan begitu, prosesnya akan jauh lebih aman . 

Deposito berbeda dengan tabungan, dalam tahap ini deposito itu memberikan bunga setiap kepada nasabah yang memilihnya. Selanjutnya, ada ketentuan waktu yang harus disepakati oleh nasabah dan pihak bank untuk penarikannya. Berbeda dengan tabungan yang setiap waktu bisa Anda tarik dan cairkan. 

Ketentuan waktunya sendiri mengenai investasi deposito bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, atau lebih lama lagi. Semuanya bisa Anda sesuaikan dan tentukan berdasarkan dari keinginan dan kebutuhan masing-masing. 

4. Trading Saham 

Pilihan terakhir yang bisa Anda coba untuk investasi adalah trading saham. Bagian satu ini memang sangat menarik dan memberikan nilai keuntungan yang jauh lebih besar. Karena, nilai return yang diberikan akan sangat tinggi dan menggiurkan. Namun, perlu untuk Anda pahami apabila dalam trading saham itu menawarkan keuntungan tinggi dan juga resiko yang besar. 

Untuk Anda yang baru terjun, kami tidak merekomendasikannya. Karena bukan dari sektor keuntungan yang diberikan. Tetapi, pada tahap resiko yang akan didapatkan, semuanya akan sangat besar dan berpengaruh pada keuangan Anda nantinya. Hal ini harus Anda pertimbangkan dan pikir ulang sebelum benar-benar terjun langsung ke dalamnya. 

 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa rekomendasi investasi yang menarik dan menguntungkan untuk pelajar pilih dan lakukan. Namun, tetap perhatikan dunia investasi itu harus ada pertimbangan dan tidak sembarangan dalam memulai. 

You may also like