Home Karier 4 Kesalahan Fatal Freelance

4 Kesalahan Fatal Freelance

by Mas Abadi
kesalahan fatal freelance

Peluang dunia kerja dan sumber pemasukan sekarang ini semakin banyak serta sangat luas, sehingga memberikan Anda kesempatan dalam memilihnya. Paling banyak diminati termasuk menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer. Karena akan mendapatkan kebebasan waktu, tempat, dan bekerja sesuai dengan passion yang diinginkan. 

Meskipun dengan berbagai penawaran yang menarik, menjadi seorang freelancer itu memiliki pola kerja yang sangat padat dan harus mampu untuk mengaturnya. Sisi lainnya, ada banyak juga resiko yang harus diambil. Nah, jika Anda ingin terjun menjadi seorang freelancer, maka ada beberapa hal yang harus Anda siapkan dan tidak mengalami kesalahan fatal. 

Bentuk Kesalahan Fatal Menjadi Freelancer

1. Kontrak Kerja Tidak Dipahami 

Menjadi seorang freelancer itu layaknya Anda sebagai karyawan yang mempunyai nilai kontrak kerja dan ada beberapa ketentuan yang harus dipahami. Surat kontrak kerja termasuk dalam bukti yang penting dan sah bahwa Anda bagian dari perusahaan tersebut. Meskipun tidak mempunyai jabatan atau sebagainya, namun peranan Anda mempunyai posisi strategis. 

Hal ini harus Anda pahami ketika terjun langsung dalam dunia freelancer, karena apabila Anda tidak memahaminya harus saling melihat dan memahami antara satu sama lainnya. Tindakan satu ini juga berlaku untuk Anda bekerja bersama teman atau sahabat. Kontrak kerja termasuk dalam bagian yang harus dipersiapkan dan dipahami secara bersama-sama. 

Faktor tersebut jangan sampai Anda lewatkan, karena apabila terjadi permasalahan Anda tidak mempunyai pegangan yang membuat Anda akan mengalami kerugian nantinya. Apabila sudah memulai menjadi pekerja lepas, harus melihat dan memahami beberapa kontrak kerja yang ada didalamnya agar sesuai kesepakatan dan persetujuan bersama-sama. 

2. Tidak Memahami Ritme Kerja 

Apabila Anda mempunyai beberapa klien, maka harus bisa melihat beberapa sistem dan ketentuan pekerjaannya. Hal ini untuk melihat waktu yang Anda lakukan, pekerjaan yang sudah masuk tersebut bisa melihat waktu selesai dan proses pengerjaannya. Semua prosesnya harus benar-benar bisa Anda lihat secara menyeluruh. 

Skala prioritas memang sangat penting untuk Anda lihat, supaya tidak ada pekerjaan yang ketinggalan dan keteteran, sehingga semuanya selesai secara tepat waktu dan cepat. Apabila Anda mampu untuk membagi dan membuat hasilnya maksimal, maka memberikan Anda kesempatan dalam membuka pasar kembali nantinya. 

Klien Anda akan melihat bentuk dedikasi dan kualitas yang Anda berikan tersebut, sehingga membuat semuanya akan saling membutuhkan dan saling menguntungkan satu sama lainnya. Keadaan tersebut harus benar-benar bisa Anda lihat agar tidak mengalami kendala dan permasalahan, sehingga harus bisa memahami proses atau ritme kerjanya. 

3. Tidak Melihat Sifat Klien 

Menjadi seorang freelancer menuntut Anda harus berhadapan dengan banyak orang, sehingga Anda harus bisa melihat dan membaca sifat klien. Karena ada beberapa pengguna jasa Anda tersebut yang teliti, kritis, fleksibel, dan lain sebagainya. Semuanya harus bisa Anda lihat agar tidak mengalami permasalahan nantinya dan hasilnya pun bisa Anda sesuaikan. 

Semuanya harus Anda lihat dan perhitungkan dengan jelas, karena tidak hanya nominal dan nilai proyeknya saja. Namun, karakter dan sifat dari klien harus Anda pantau untuk bisa menyesuaikan ritme atau flow yang ada. Dengan demikian, sebelum memulai coba dahulu beberapa sampel dari klien, apabila semuanya setuju dengan hasilnya baru kontrak kerja. 

Bagian satu ini memang harus Anda lihat sepenuhnya agar tidak mengalami permasalahan yang membuat Anda akan tidak nyaman sendiri. Jika Anda tidak memahaminya dan bekerja dengan keterpaksaan akan membuat hasilnya tidak akan optimal. Semuanya harus Anda perhitungkan agar tidak menjadi beban kedepannya. 

4. Bayaran Tidak Sesuai

Ada banyak faktor yang membuat bayaran terlalu murah dan tidak sepadan, karena ingin untuk membuka nama terlebih dahulu dan mengumpulkan portfoolio. Apabila terlalu mahal membuat klien tidak ingin menggunakan jasa yang kita tawarkan, karena diluar sana masih banyak beberapa tempat yang menawarkan harga yang miring. 

Cara yang paling tepat untuk Anda lakukan adalah memberikan harga yang terukur dan tidak terlalu tinggi, meskipun agak murah dibandingkan rata-rata tidak ada persoalan. Namun, terpenting Anda bisa dan mampu memberikan semuanya secara kualitas dan tepat waktu. Apabila nanti klien sudah banyak, baru nego gaji kedepannya. 

Keadaan tersebut harus Anda lihat sepenuhnya dengan jelas, sehingga membuat Anda akan mendapatkan banyak pemasukan dari freelance. Memulai memang agak sulit dan butuh strategi, namun apabila Anda menikmati prosesnya, seorang pekerja lepas termasuk bagian yang menjanjikan untuk Anda nikmati kedepannya. 

Terpenting tetap sabar, mengacu pada proses, menilai karya berdasarkan kualitas, dan bayaran yang besar akan mendatangi diri Anda nantinya. 

 

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa kesalahan yang terjadi pada pekerja lepas atau freelance. Oleh karena itu, sebelum Anda terjun secara penuh penting untuk memperhatikan dan melihat semuanya dengan jelas agar tidak ada permasalahan kedepannya. 

You may also like