Home Perencanaan 4 Kebiasaan Mantap Agar Keuangan Tetap Sehat

4 Kebiasaan Mantap Agar Keuangan Tetap Sehat

by Mas Abadi

Urusan finansial atau keuangan sudah sangat melekat dan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari hari kita. Kondisi Kesehatan finansial juga sangat berpengaruh dalam aktivitas harian kita, apabila kondisi finansial dalam keadaan baik tentu akan membuat kita semangat dalam beraktivitas. Namun sebaliknya apabila kondisi finansial dalam keadaan buruk dapat membuat kita mengalami stress dan mengganggu aktivitas harian.

Sebelum kita membahas kebiasaan apa saja yang membuat keuangan kita tetap sehat, kalian mungkin perlu tau apa itu Kesehatan finansial. Kesehatan finansial merupakan kondisi dimana pendapatan atau pemasukan kita sama atau lebih besar dari pengeluaran. pengelolaan keuangan yang baik akan membuat kondisi Kesehatan finansial menjadi baik yang dimana akan berpengaruh terhadap kondisi fisik dan psikologis seseorang.

Sebagai contoh seseorang dengan kondisi finansial yang buruk cenderung lebih mudah stress dan mudah terserang penyakit. Sedangkan orang dengan kondisi finansial yang baik akan tampak lebih sehat. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kondisi finansial kita tetap sehat sejak awal. Berikut 4 kebiasaan agar kondisi keuangan kita tetap sehat

  • Menabung dan berinvestasi

Salah satu kebiasaan yang dapat membuat kondisi keuangan kita tetap sehat adalah dengan menabung. Tentu ada banyak manfaat dari menabung yang akan kalian rasakan di kemudian hari. Tujuan lain dari menabung ini juga dapat kalian gunakan sebagai uang pensiun, selain itu uang tabungan ini dapat kalian gunakan untuk keperluan lain.

Seperti membeli kendaraan, membeli rumah, biaya pendidikan anak, dan berbagai keperluan lainnya. Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menabung, bisa menabung uang dalam celengan, menabung di bank, atau menabung dalam bentuk investasi. Di era sekarang ini memiliki investasi sangat penting untuk kalian lakukan sebab selain menguntungkan, kalian juga memiliki tabungan untuk masa depan.

Saat ini kalian bisa dengan mudah menemukan tempat untuk berinvestasi baik secara offline ataupun online. Apalagi di era serba teknologi saat ini, menemukan tempat investasi yang baik sangat mudah dilakukan. Beberapa tempat investasi yang banyak digemari masyarakat kita saat ini antara lain reksa dana, saham, aset kripto dan property.

  • Mencatat setiap kebutuhan bulanan

Dengan mencatat setiap kebutuhan bulanan akan membuat kalian bisa mengelola keuangan menjadi lebih baik. Sebab dengan mencatat kebutuhan bulanan, kalian bisa mengatur yang mana menjadi pengeluaran prioritas dan tidak. Tujuan lain mencatat kebutuhan bulanan ini yaitu untuk memisahkan kebutuhan primer, sekunder dan kebutuhan tersier. Dimana setiap kebutuhan ini wajib memiliki budget atau dana nya masing masing.

Sebagai contoh apabila kalian hobi traveling atau liburan, gunakanlah dana khusus liburan yang sudah kalian siapkan dan tidak mengganggu dana lain atau uang dapur. Dengan begitu uang dapur kalian tetap aman dan tidak pusing sambal menunggu hari gajian. Manfaat lain dengan mencatat setiap kebutuhan bulanan yaitu memudahkan kalian untuk menabung. 

  • Pola hidup sederhana dan minimalis

Salah satu cara yang tepat untuk menekan pengeluaran yang dapat mengganggu kondisi keuangan kalian yaitu dengan menjaga pola hidup sederhana dan minimalis. Banyak dari masyarakat kita memilih untuk menjalani pola hidup sederhana dan minimalis dengan tujuan agar pemasukan tetap cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Salah satu kunci untuk dapat hidup sederhana yaitu tidak hidup dalam gengsi. Sering kali Kesehatan keuangan sulit dicapai akibat gaya hidup yang terlalu tinggi, ditambah dengan pemasukan yang tidak banyak. Sebisa mungkin hindarilah lingkungan atau circle yang hidup dengan gengsi tinggi sebab selain membuat kalian tertekan, kesehatan keuangan kalian juga akan terganggu.

Hidup sederhana dan minimalis tanpa memikirkan gengsi akan membuat kalian lebih bijak dalam mengatur keuangan terutama dalam hal pengeluaran. salah satu cara hidup minimalis, yaitu membeli barang yang hanya benar benar diperlukan dan membuang atau menjual barang barang yang sudah tidak terpakai. 

Ada banyak manfaat yang didapatkan dengan hidup sederhana dan minimalis, seperti bisa menabung sedikit lebih banyak, rumah kalian terbebas dari banyak barang yang tidak terpakai, Kesehatan keuangan lebih terjamin dan lain sebagainya.

  • Menjaga gaya hidup yang sehat

Selain menabung, investasi, dan hidup hemat menjaga pola hidup yang sehat juga menjadi salah satu kunci untuk menjaga Kesehatan keuangan kalian. Dengan rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat akan membuat fisik dan psikologis kalian menjadi sehat dan tentu saja akan berpengaruh dengan meningkatnya produktivitas baik dalam bekerja, belajar atau lainnya.

Seperti yang kita ketahui, biaya berobat dan rumah sakit sangat mahal apalagi jika kalian tidak ditanggung asuransi. Maka dari itu menjaga pola hidup sehat sangat membantu untuk menjaga Kondisi keuangan kalian tetap sehat.

You may also like