Home Belanja 4 Jenis Uang Elektronik yang Berlaku di Indonesia, Cari Tahu Disini!

4 Jenis Uang Elektronik yang Berlaku di Indonesia, Cari Tahu Disini!

by Mas Abadi
uang elektronik

Uang elektronik atau yang lebih dikenal dengan istilah e-money menjadi salah satu bentuk pembayaran yang banyak diminati belakangan ini. hal tersebut lantaran dengan adanya alat pembayaran ini akan memudahkan penggunanya dalam melakukan transaksi tanpa memakai uang tunai. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Mengenal Lebih Jauh Tentang E – Money

1. Pengertian E – Money dan Kegunaannya

Di jaman yang serba digital dan modern, tentunya muncul berbagai macam inovasi guna memudahkan kehidupan kita dalam bertransaksi. Salah satunya adalah munculnya e – money yang banyak digunakan belakangan ini. pengertian dari E – money sendiri merupakan uang yang disimpan dalam sistem perbankan.

Tentu saja gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi elektronik yang anda. E – money ini, umumnya akan memiliki bentuk seperti kartu ATM dengan dilengkapi chip yang terpasang di dalamnya. Namun, walaupun dalam kartu tersebut memiliki nilai yang setara dengan uang tunai, akan tetapi uang yang ada di dalam kartu tidak dapat diuangkan.

Hal ini sejalan dengan pengertiannya, yakni kartu yang hanya digunakan untuk transaksi secara elektronik. Kegunaan dari emoney ini juga beragam. Anda bisa memanfaatkannya untuk membayar tarif pada jalan tol, tiket kereta KRL maupun busway. Bahkan beberapa kartu dari e – money ini juga bisa anda gunakan untuk berbelanja di supermarket.

2. Kelebihannya

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan e – money. Kelebihan yang pertama adalah lebih memudahkan anda untuk melakukan transaksi. Contohnya saja ketika anda berada di gerbang tol. Jika dulu anda mengantri dalam waktu yang berjam jam, maka sekarang jauh lebih cepat dengan adanya e – money ini.

Selain itu, dengan menggunakan metode pembayaran satu ini, tentunya akan semakin ringkas. Ketika anda membawa e – money, maka anda hanya perlu untuk membawa kartu yang didalamnya telah berisi uang sekitar 1 juta rupiah tanpa membuat dompet anda menjadi tebal. E – money ini juga tak perlu membutuhkan pin atau tanda tangan sehingga lebih mudah.

Baca Artikel Selanjutnya : Mengenal Manfaat Dan Jenis Alat Pembayaran Non Tunai Yang Berlaku Di Indonesia

Apa Saja Jenis E- Money yang Ada di Indonesia?

uang elektronik

1. BNI TapCash

Setelah mengetahui tentang apa itu uang elektronik, anda pun bisa mengenali beberapa jenisnya. Pertama adalah BNI TapCash, yang dikeluarkan oleh bank BNI. Produk e – money satu ini bisa anda gunakan untuk melakukan berbagai macam bentuk pembayaran. Sebut saja di Indomaret, Alfamart, Trans Jakarta hingga membayar parkir.

2. BCA Flazz Card

Jika berbicara tentang e – money, Bank BCA termasuk salah satu jenis bank yang terdepan dalam masalah ini. bagaimana tidak, di tahun 2014 Bank BCA telah mengeluarkan 6.4 juta kartu e – money yang telah beredar dan digunakan oleh masyarakat. Hal ini lantaran banyak gerai yang bisa menggunakan BCA Flazz Card sebagai salah satu bentuk pembayaran.

Oleh karena itu, tak mengherankan jika BCA Flazz Card menjadi salah satu kartu yang cukup populer. Tak hanya itu saja, banyaknya promo yang diusung oleh Bank BCA dalam e – money ini membuat banyak pengguna yang mulai memakai kartu ini untuk metode pembayaran ketika berbelanja.

3. Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang memiliki banyak jenis e – money untuk memudahkan pembayaran anda. Hal ini dikarenakan Bank Mandiri memiliki GazCard, Mandiri Indomaret Card, E-Cash dan juga E-toll. Sesuai dengan namanya, tentu saja setiap kartu akan memiliki kelebihannya masing masing.

Contohnya saja, ketika anda memiliki Mandiri Indomaret Card maka anda pun bisa menggunakan kartu ini untuk berbelanja di Indomaret. Sedangkan untuk GazCard merupakan salah satu jenis kartu yang bisa anda gunakan untuk membeli bahan bakar di Pertamina. Sedangkan e- Toll berguna sebagai kartu untuk membayar tarif tol.

4. Brizzi

Bank BRI pun tak ingin ketinggalan di dalam mengeluarkan emoney. Hadirnya Brizzi, akan membantu anda untuk memudahkan pembayaran transaksi menggunakan digital. Dengan Brizzi, anda pun bisa menggunakannya sebagai pengganti uang tunai dalam kehidupan sehari hari. Sebab, berbagai macam transaksi bisa dilakukan dengan menggunakan kartu satu ini.

Bahkan Brizzi pun telah bekerja sama dengan salah satu kampus sebagai metode pembayaran di kantin kampus. Hal yang perlu anda lakukan hanyalah menempelkan kartu ke mesin pembaca. Selanjutnya, transaksi pembayaran anda pun akan langsung bisa untuk diproses. Lebihnya lagi, anda bisa top up Brizzi di Tokopedia, sehingga anda bisa mengisi ulang saldo kapanpun dan dimanapun.

Uang elektronik sejatinya telah menjadi salah satu alternatif di dalam melakukan pembayaran di era sekarang. Dengan adanya sistem pembayaran ini akan lebih ringkas, memudahkan dan tidak membuat pelanggan menunggu lama lantaran proses pembayaran hanya perlu menempelkan kartu ke mesin saja. hal ini tentu saja menjadi solusi bagi anda yang tidak ingin membawa uang dalam jumlah berlebih di dompet.

You may also like