Home Investasi 4 Hal Sebelum Memulai Investasi Untuk Pemula

4 Hal Sebelum Memulai Investasi Untuk Pemula

by Mas Abadi
investasi untuk pemula

Ada banyak instrumen investasi yang bisa Anda pilih sekarang, apalagi prosesnya pun sudah sangat mudah dan tidak terlalu repot dalam melakukannya. Untuk Anda yang ingin memulai investasi, sebenarnya tahapannya sangat mudah untuk dilakukan dan dipahami. Tetapi, memang ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan terlebih dahulu. 

Apabila lagi ini pengalaman pertama kali Anda dalam memulai investasi, maka ada beberapa hal yang harus dan wajib untuk dipahami secara menyeluruh. Pada tahap ini, kami akan mencoba mengajak Anda untuk memahaminya secara lebih luas mengenai beberapa pertimbangan sebelum memulai investasi untuk para pemula, simak penjelasan lengkapnya. 

Tahapan Memulai Investasi

1. Menentukan Sekuritas 

Saat ini memang ada banyak pilihan untuk melakukan investasi, beberapa kebutuhannya pun sangat mudah dan tidak terlalu sulit dalam melakukannya. Tahapan satu ini memang sangat menarik untuk Anda lihat dan pahami dengan jelas. Oleh karena itu, apabila Anda baru pertama kali memulai sangat penting untuk memahami dan memperhatikan sekuritasnya tersebut. 

Dalam tahap ini, sebelum Anda terlalu jauh melangkah, perbanyak terlebih dahulu mengenai informasi yang berkaitan dengan sekuritas. Bagian satu ini sangat penting dan jelas untuk dipahami agar tidak salah langkah kedepannya. Apabila Anda baru memulai, lakukan riset dan sharing bersama teman yang sudah berpengalaman dalam dunia investasi. 

Tahapan pertama kali dalam memulai investasi, memang Anda diharuskan untuk membuat rekening sekuritas terlebih dahulu. Beberapa perusahaan menawarkan beberapa rekening sekuritas yang bisa dipilih. Tetapi, pastikan Anda mencari perusahaan sekuritas yang tepat dan tidak memilih broker yang akan ada banyak pengeluaran tagihan kedepannya. 

Harus ada beberapa penelitian dengan lengkap, karena ada banyak perusahaan sekuritas, tentunya Anda harus mencari yang saling menguntungkan. Karena apabila Anda tidak memperhatikannya akan terjebak oleh tarif yang mahal dan jika diperhitungkan lebih jauh akan membuat beberapa ketentuannya akan terasa dirugikan. 

2. Pembelian Dengan Tepat

Pada awal memulai mungkin Anda akan berpikiran untung dan rugi masih besar menghantui, padahal tindakan tersebut harus Anda hilangkan perlahan-lahan. Karena jika Anda ragu dalam memulai, maka perasaan tersebut akan perlahan juga mempengaruhi keputusan yang akan dapatkan kedepannya nanti, oleh karena itu harus tepat dan bijak dalam memperhatikannya. 

Jika masih ada keraguan, tidak ada salahnya mencoba dengan memilih investasi pada pilihan yang paling mudah dan tingkat resikonya rendah bisa mencari saham yang nominalnya rendah. Dengan demikian perlahan akan membuat Anda tidak merasa terlalu terbebani. Melalui beberapa proses satu ini memang agak rumit, namun ketika menjalaninya akan terbiasa. 

Membentuk mental dan memahami kebiasaan dalam investasi saham ada beberapa dinamika yang besar, semuanya harus Anda pahami dan ketahui dengan sangat jelas. Hal ini perlahan akan membantu Anda lebih siap dan matang dalam melakukannya. Oleh karena itu, pelajari saja terlebih dahulu sambil mencoba, sehingga akan membuat Anda akan terbiasa. 

Pertama kali dalam memulai, mulai atur semuanya dengan bijak dan tidak semuanya untuk kebutuhan investasi saham. Sebab, tentu Anda akan ada beberapa pengeluaran lainnya yang harus Anda perhitungan dan pertimbangkan juga. Tentukan semuanya dengan jelas dan jangan sampai Anda salah dalam melakukannya. 

3. Mempelajari Indeks Saham 

Langkah berikutnya yang tidak kalah penting untuk dilihat dalam mempelajari indeks saham dalam bermain. Tindakan satu ini akan membuat Anda akan jauh lebih mudah melakukan proses investasi, karena sudah mampu membaca indeksnya. Hal ini termasuk dalam modal dasar Anda untuk bisa melangkah. 

Dalam tahap ini bisa dilihat dari ukuran statistik yang dilihat, perhatikan beberapa faktor yang ada dan pastikan Anda mampu memahaminya dengan sangat jelas. Ada yang cocok untuk pemula dalam mengenal proses investasi, mungkin bisa mencoba dalam indeks LQ45 dan IDX30, beberapa jenis investasi tersebut termasuk paling menarik dan aman. 

Dengan demikian, membantu Anda dalam proses untuk bermain yang lebih menguntungkan kedepannya nanti. 

4. Rugi Bagian Investasi 

Jika Anda berharap bermain investasi akan selalu mendapatkan keuntungan, maka perlu untuk mengubah mindset Anda tersebut. Dalam bermain investasi saham, untung dan rugi dua bagian yang tidak dilepaskan, sehingga harus Anda pahami sedari awal. Apabila Anda hanya akan fokus pada keuntungannya saja dan tidak siap rugi, pikir ulang untuk bermain saham. 

Bagian satu ini sangat jelas dan penting untuk dipahami bersama-sama, karena memberikan banyak kesulitan dan harus bisa melaluinya dengan jelas. Jangan sampai Anda jika mengalami kerugian terus berhenti dalam bermain. Tindakan tersebut hanya akan membuat Anda tersiksa dan tidak sempat untuk menikmati keuntungannya. 

 

Nah, tahapan-tahapan tersebut harus Anda perhatikan ketika baru memulai investasi. Semuanya harus menjadi pertimbangan yang sangat penting agar tidak salah langkah dalam melakukan proses kedepannya. 

You may also like