Home Pinjaman 4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menarik Pinjaman Online

4 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Menarik Pinjaman Online

by Mas Abadi

UANG adalah salah satu kebutuhan hidup yang perlu dimiliki seseorang guna memenuhi kebutuhan sehari-hari dari mulai makan, membayar kewajiban, membayar pendidikan anak dan lain-lain. Jika Anda ada dalam situasi keuangan yang sulit serta membutuhkan dana darurat, Anda dapat mengambil pinjaman online.

Hal ini dikarenakan saat ini banyak sekali aplikasi pinjol yang ditawarkan oleh fintech atau perusahaan financial technology. Memiliki aplikasi pinjaman terbaik serta terpercaya memudahkan seseorang mengajukan pinjaman dengan jumlah nominal yang dibutuhkan dengan lebih mudah juga cepat.

Namun, karena banyaknya platform pinjaman online, membuat Anda perlu lebih waspada dalam hal memilih aplikasi. Jangan sampai ketahuan oleh orang yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan, karena tentu saja akan merugikan diri Anda sendiri.

Perhatikan 4 hal berikut sebelum meminjam

Apa yang harus Anda pertimbangkan sebelum pinjaman online. Apabila Anda berniat untuk meminjam uang melalui aplikasi pinjol, Anda tidak boleh asal-asalan atau salah memilih. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengajukan pinjaman online, yakni:

Pastikan bila aplikasi tersebut memiliki kredibilitas yang baik

Jika Anda mencari aplikasi pinjaman yang andal dan terbaik, Anda perlu memastikan kredibilitas dari aplikasi tersebut terlebih dulu. Jangan langsung tergiur dengan tawaran menggiurkan. Pasalnya, sebab sudah banyak sekali korban pinjol palsu di internet yang malah mempersulit diri sendiri dengan teror suku bunga tinggi. 

Guna memastikan kredibilitas aplikasi pinjol Anda dapat melihat riwayat dan ulasan dari pengguna lain sebelumnya. Anda harus memastikan bahwa fintech tersebut terdaftar dan mendapat persetujuan dari OJK.Dengan memastikan kredibilitas, Anda dapat melakukan pinjaman dengan aman dan tenang.

Transparan

Pinjol terbaik tentunya akan terbuka pada pelanggannya dan tidak melakukan hal-hal mencurigakan atau licik. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar mencari aplikasi pinjol yang transparan dengan menjelaskan secara detail besaran bunga, tempo pembayaran serta informasi lainnya yang perlu diketahui kedua belah pihak (kreditur dan debitur).

Bacalah syarat serta ketentuannya dengan benar

Agar nantinya tidak ada kesalahpahaman serta masalah di waktu mendatang Anda, harus membaca semua syarat serta ketentuan yang tercantum pada aplikasi pinjol tersebut dengan seksama dan teliti. Perhatikan dan pahami setiap poinnya.

Pilihlah jumlah dana serta tempo pengembalian sesuai dengan kemampuan

Yang selanjutnya adalah Anda harus bisa menentukan jumlah dari dana pinjaman dan juga tempo pengembalian pastikan jika ini memang sesuai dengan kebutuhan. Jadi Anda harus mengetahui berapa besaran dari cicilan serta bunga yang nantinya dibayar, supaya pinjaman tersebut tidak menjadi beban bagi finansial pribadi anda karena itu pertimbangkanlah terlebih dahulu.

Anda boleh mengajukan pinjaman untuk satu hal yang memang mendesak contohnya kecelakaan, sakit hingga butuh modal untuk usaha. Namun, ada baiknya menghindari meminjam untuk hal-hal yang konsumtif karena nantinya hal tersebut bisa merugikan diri.

Apabila anda merasa bingung harus memilih aplikasi pinjol yang mana, ada satu pinjaman online yang memang direkomendasikan dan termasuk yang terbaik, serta sudah memiliki izin secara resmi dari OJK yaitu aplikasi Tunaiku. Aplikasi yang satu ini bisa Anda percaya karena memiliki kantor fisik yaitu bank Amar jadi ketika terdapat kendala-kendala tertentu Anda bisa mendatangi kantornya secara langsung.

Ciri-ciri dari pinjaman online legal

Pertama-tama Anda harus memastikan bahwa tempat yang kita pinjam adalah pinjaman online yang dapat dipercaya. Jangan sampai salah mengambil keputusan, sebab bisa membuat Anda rugi di waktu mendatang. Berikut ciri ciri pinjaman online legal:

Mempunyai situs resmi

Perusahaan pinjol terpercaya tentunya memiliki website atau website resmi yang didesain untuk memudahkan calon nasabah dalam mengakses informasi serta memahami produk apa yang ditawarkan oleh perusahaan pinjaman online tersebut.

Alamat kantor resmi

Selanjutnya perlu Anda pastikan adalah pinjol yang andal harus mempunyai alamat kantor resmi. Perusahaan pemberi pinjaman online terpercaya biasanya memberikan alamat lengkapnya di website resmi atau media sosial resminya.

Ini untuk meyakinkan pelanggan bahwa perusahaan dapat dipercaya dan mengikat secara hukum. Jika sewaktu-waktu ada kendala, Anda juga bisa langsung datang ke alamat kantor yang tertera di perusahaan pinjol terpercaya.

Suku bunga wajar

Ciri terakhir dari pinjol legal adalah perusahaan tersebut sudah dikenal mempunyai suku bunga wajar dan telah ditetapkan oleh OJK sebesar 0,4% per hari. Jika Anda menemukan pinjaman online dan meminjam 4 juta rupiah.  Perusahaan kemudian membebankan bunga 2,5 juta rupiah atas pinjaman yang berarti tingkat bunga tidak dianggap wajar.

Oleh karena itu lebih baik mencari pinjol yang terpercaya serta menawarkan suku bunga yang sesuai dengan aturan. Jika, Anda tetap nekat meminjam pada perusahaan pinjol tersebut, Anda hanya menambah beban hidup karena harus membayar bunga tinggi.

You may also like