Home Perencanaan 4 Cara Mengajarkan Keuangan Kepada Si Kecil

4 Cara Mengajarkan Keuangan Kepada Si Kecil

by Mas Abadi
atur keuangan buat si kecil

Memberikan pemahaman keuangan kepada anak sedini mungkin menjadi modal yang penting dan termasuk pendidikan yang harus Anda terapkan. Bagian ini menjadi menarik, sehingga ketika anak-anak Anda masuk usia dewasa tidak hidup dalam lingkungan konsumtif dan lebih menghargai uang yang dimilikinya dan membuatnya jauh lebih hemat kedepannya. 

Hal ini sangat penting untuk dilakukan oleh orang tua, sehingga mengajarkan keuangan kepada anak menjadi bagian yang tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Jika Anda mengajarkan mengenai keuangan sedini mungkin, maka tahapan tersebut akan membuat anak-anak Anda akan lebih mudah dalam memahaminya. Nah, berikut cara mengajarkannya, simak yuk. 

Mengajarkan Keuangan Pada Anak

1. Menjelaskan Asal Uang 

Bagian utama yang bisa Anda coba dan lakukan kepada anak-anak Anda untuk mengajaknya berdiskusi bersama. Dalam tahap ini Anda mungkin akan menemukan beberapa jawaban yang menarik dan menggemaskan dari mereka. Buatlah beberapa pertanyaan mengenai keuangan, salah satunya mungkin bisa dilakukan dengan memberikan pertanyaan asal uang didapatkan. 

Dalam tahap ini akan membantu anak-anak untuk berpikir secara lebih luas dan tidak hanya menerima uang itu semata. Tindakan satu ini sangat penting untuk dipahami secara bersama-sama, sehingga sebagai orang tua Anda harus memberikan peranan yang tepat dan memberitahu anak-anak Anda asal dari mendapatkan uang tersebut. 

Mungkin dalam tahap ini Anda bisa menjelaskan mengenai proses untuk mendapatkan uang tersebut dari melakukan pekerjaan. Secara tidak langsung bagian satu ini akan membuat anak-anak Anda tidak asal dalam menghabiskan uang yang diberikan. Buatlah beberapa tugas ringan untuk membuat mereka terbiasa apabila mendapatkan sesuatu harus ada tindakan. 

Tahapan satu ini sangat menarik untuk Anda lihat dengan jelas, sehingga memberikan pemahaman tersebut akan membuat anak-anak Anda akan jauh lebih merasa mudah menghargai keuangannya dan tidak sembarangan dalam menghabiskan. 

2. Membuat Games 

Salah satu mengajarkan keuangan kepada anak-anak Anda dirumah itu bisa dilakukan dengan beberapa bagian yang tidak terlalu kaku. Salah satunya yang bisa Anda lakukan membuat dan mengajak anak Anda dirumah dengan beberapa permainan yang menarik. Dalam tahap ini, mungkin Anda bisa mencoba dengan permainan jual beli. 

Pada aspek satu ini akan membuat anak-anak Anda sekaligus berimajinasi dan mengajak mereka untuk lebih mudah dalam mencerna penjelasan terkait keuangan. Selain itu juga, peranan Anda akan mampu menjelaskan mengenai harga pada mainan dan lainnya untuk bisa dipahami secara mudah oleh anak-anak Anda dirumah. 

Selanjutnya juga, pada bagian satu ini akan membuat anak Anda akan mendapatkan bentuk permainan yang saling mendekatkan hubungan antara Anda dan anak. Aspek ini selain memberikan banyak pembelajaran terkait keuangan juga mampu memberikan sisi kasih sayang yang diberikan melalui beberapa permainan yang diberikan tersebut. 

3. Membuat Tabungan Khusus 

Langkah berikutnya ketika Anda sudah memberikan beberapa penjelasan terkait keuangan pada mereka, maka tindakan berikutnya yang bisa Anda lakukan mengenai pembuatan buku tabungan. Bagian satu ini sangat menarik untuk dipahami, sehingga ketika anak Anda sudah mengenal uang, maka tidak ada salahnya untuk membuatkan tabungan khusus. 

Dalam tahap ini akan membuat mereka akan lebih mudah dalam menyisihkan keuangan yang didapatkan dari pemberian Anda dan orang sekitar. Keuntungan lainnya yang akan didapatkan adalah mengajarkan anak Anda untuk lebih mudah mengenal proses menabung sedini mungkin, sehingga kedepannya akan berpengaruh pada mental si anak. 

Selalu berikan informasi yang terbuka mengenai tabungan yang anak Anda buat tersebut, sehingga akan membuat mereka akan termotivasi untuk meningkatkan tabungannya. Nantinya, ketika mereka masuk usia dewasa, maka bisa dimanfaatkan dan digunakan ketika dewasa. Oleh karena itu, sedini mungkin Anda libatkan dan ajak untuk membuka buku tabungan. 

4. Kenalkan Antara Keinginan dan Kebutuhan 

Menjadi persoalan banyak anak mudah sekarang kesulitan dalam membedakan mengenai antara keinginan dan kebutuhan. Sehingga tidak jarang banyak anak mudah menghabiskan keuangannya tersebut tanpa ada tujuan yang jelas. Rasanya ini menjadi problematika kedepannya, sehingga mulai didik anak Anda untuk mengenal antara kebutuhan dan keinginan. 

Memang dalam prosesnya akan ada banyak pertanyaan yang dilontarkan oleh anak Anda dirumah, tetapi jika Anda bisa sabar dalam menjelaskan membuat anak Anda akan lebih mengerti. Dampak yang akan didapatkan dari proses tersebut adalah membuat anak-anak Anda kedepannya lebih mudah membagi antara kebutuhan dan keinginan. 

Sehingga keuangan yang dimiliki jauh lebih mudah diatur dan ditentukan dengan jelas, sehingga tidak sembarangan dalam menghabiskannya. Bagian satu ini harus Anda perhatikan secara menyeluruh, sehingga tidak menimbulkan banyak persoalan nantinya. 

 

Demikianlah beberapa cara mengajarkan keuangan sedini mungkin pada anak Anda, sehingga memberikannya pemahaman dan pengetahuan terkait manajemen keuangan. Karena kedepannya akan menjadi bekal yang sangat mahal. 

You may also like