Home Tips 4 Cara Melakukan Ekspor Melalui E-Commerce

4 Cara Melakukan Ekspor Melalui E-Commerce

by Mas Abadi
ekspor ecommerce

Untuk Anda yang sedang merintis bisnis online, peningkatan dan perluasan market tentu sangat penting untuk dilihat dan diperhatikan secara menyeluruh. Bagian satu ini tentunya menjadi sangat menarik untuk dilakukan, apalagi jika produk yang Anda jual mampu masuk ke pasar global dan menjadi produk ekspor yang memberikan nilai tambah dan keuntungan besar. 

Bagian satu ini tentu menjadi impian banyak pedagang online yang memasarkan produknya melalui beberapa e-commerce atau marketplace tersebut. Menariknya lagi kalau produk yang Anda jual tersebut banyak dilirik oleh pembeli internasional. Lantas, bagaimana sih cara ekspor produk online di e-commerce? Bagaimana mendapatkan pasarnya? Simak penjelasannya. 

Masuk Pasar Internasional Lewat E-Commerce

1. Melihat Trend Dunia atau Global 

Jika Anda tertarik untuk memasarkan produk melalui e-commerce dan dilirik oleh market internasional, tentu Anda harus melihat trend dunia atau globalnya terlebih dahulu. Dalam tahap ini, apabila Anda ingin produk Anda bisa ekspor, maka harus memperhatikan beberapa produk yang benar-benar dicari dan dilirik oleh market dunia tersebut. 

Dalam hal ini Anda bisa menentukan produk dan barang yang bisa dijual, sehingga kedepannya produk atau barang yang Anda letakkan pada marketplace tersebut bisa dijangkau dan dibeli oleh orang luar negeri, sehingga perlahan Anda bisa melakukan ekspor produk. Prosesnya memang tidak mudah dan harus memperhitungkan beberapa aspek lainnya. 

Untuk Anda yang sudah menemukan produk yang diminati, maka langkah selanjutnya Anda harus melihat juga negara yang akan dituju dan mencari informasi mengenai karakteristik yang ada, sehingga memudahkan Anda dalam menyediakan atau produksi produk yang akan dijual tersebut, sehingga barang yang Anda jual tersebut bisa laku dengan cepat. 

2. Memasarkan Produk Terbatas atau Limited

Apabila Anda menyasar market Eropa, biasanya karakter atau tipikal pembelinya lebih menyukai beberapa produk yang limited edition atau terbatas. Peluang satu ini bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan market benua tersebut. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda menjual produk yang terbatas, tetapi sisi kualitas dan keunikan sangat menjual. 

Cara pemasaran satu ini memang terbilang nekat, karena kebanyakan pemain pelaku usaha online lebih mengutamakan kuantitas, tetapi tidak ada salahnya mencoba arus yang berbeda. Terpenting Anda menemukan target pasarnya yang pas dan sesuai, sehingga produk yang akan Anda jual tersebut bisa dilihat, karena penasaran akan produk yang ditawarkan. 

Jika Anda menjual produk yang terbatas, maka harus mengutamakan sisi kualitas. Jangan sampai Anda meletakkan produk yang tidak kompeten, karena tindakan tersebut hanya akan mencoreng nama usaha Anda dan kesulitan untuk berkembang. Lakukan beberapa uji coba dan pastikan produknya terjamin dari segi mutu dan kualitas produknya. 

Hal ini menjadi konsekuensi ketika Anda memutuskan untuk memilih menjadi pedagang ekspor ke luar negeri, menggunakan produk terbatas atau limited memang Anda harus dituntut untuk bisa menjual barang yang benar-benar berkualitas dan tidak sembarangan. 

3. Mempunyai Legalitas Usaha 

Untuk Anda yang mempunyai tujuan memasarkan produk ke pasar internasional, maka pastikan terlebih dahulu mengenai legalitas usaha yang dimiliki. Hal ini untuk mendukung bisnis Anda akan jauh lebih berkembang, terutama mengenai regulasi dan undang-undang yang berlaku di Indonesia, semuanya harus Anda perhatikan dan lihat dengan tepat. 

Sehingga ketika produk Anda sudah masuk dalam proses pengiriman ke luar negeri tidak akan mengalami penolakan dan prosesnya akan lancar. Berbeda apabila Anda belum mempersiapkan legalitas bisnis di Indonesia, tindakan tersebut hanya akan menghambat proses yang ada dan produk yang akan Anda kirimkan akan batal. 

Dalam tahap ini Anda harus memperhatikan beberapa bentuk legalitas yang diberikan mulai dari Surat Izin Perdagangan Usaha (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Semua bagian yang tercantum tersebut harus Anda penuhi terlebih dahulu, jika tidak ada legalitasnya membuat Anda akan kesulitan dalam proses ekspor. 

4. Menguasai Bahasa Internasional 

Jika Anda memutuskan untuk melakukan penjualan ke luar negeri atau ekspor, maka bahasa yang akan Anda gunakan adalah bahasa Inggris sebagai kebutuhan komunikasi untuk market internasional. Apabila Anda tidak menguasainya, maka membuat proses transaksi dan pemasaran yang akan Anda lakukan akan percuma, karena membuat calon pembeli bingung. 

Sebab, tidak mendapatkan informasi yang jelas dan tidak ada pelayanan yang akan memudahkan para pembeli dalam memiliki produknya tersebut. Meskipun sekarang sudah ada tools secara online, tetapi dasarnya juga Anda harus memahami. Dengan demikian, proses pemasaran produk ke luar negeri akan lebih lancar dan tidak ada hambatan. 

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai proses untuk melakukan ekspor produk melalui e-commerce agar mendapatkan target pasar yang lebih luas dan membuat bisnis online yang dikelola akan semakin maju. 

 

You may also like