Home Perencanaan 4 Cara Cek Kartu Kartu Keluarga Online, Cukup Bermodalkan NIK Saja

4 Cara Cek Kartu Kartu Keluarga Online, Cukup Bermodalkan NIK Saja

by Greg Pascal
cek kartu keluarga online

Dalam keadaan tertentu, misalnya ketika Anda sedang melengkapi dokumen pendaftaran, terkadang Anda harus menyertakan nomor kartu keluarga (KK). Pada situasi seperti ini, masyarakat akan kesulitan untuk mengecek nomor KK tersebut. Namun, dengan kecanggihan teknologi saat ini, Anda akan dimudahkan untuk cek kartu keluarga online.

Di era yang serba digital saat ini, Anda cek kk secara online tanpa harus membawa kartu keluarga kemana-mana. Hanya bermodalkan nomor induk keluarga (NIK) di Kartu Tanda Penduduk (KTP), Anda dengan mudahnya bisa mengetahui nomor KK yang dibutuhkan. Namun, sebelum itu ketahui terlebih dahulu apa itu kartu keluarga dan fungsinya.

Definisi Kartu Keluarga

Kartu Keluarga adalah bukti resmi identitas keluarga yang memuat keterangan tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. KK dikeluarkan langsung oleh pemerintah daerah setempat, menyesuaikan dengan domisilinya. Serta akan dicetak rangkap tiga dan dibagikan  kepada Kepala Keluarga, Ketua RT dan pemerintah Desa atau kelurahan.

Karena KK adalah dokumen resmi yang sering dibutuhkan untuk melengkapi dokumen pendaftaran maupun pengajuan, cek kk online merupakan solusi yang paling baik. Untungnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) sendiri kini menyediakan berbagai cara untuk mengecek nomor KK secara online, yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini.

4 Cara Cek Kartu Keluarga Secara Online

Adapun cara mengecek kartu keluarga secara online sebagai berikut:

1. Cek KK Melalui Website Resmi Disdukcapil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk melakukan pengecekan nomor KK, yang pertama dilakukan adalah menyiapkan NIK. Anda dapat melihat NIK ini di KTP yang Anda miliki. Setelah itu, Anda hanya perlu mengunjungi situs web resmi Kementerian Dalam Negeri. Seperti ini caranya:

  • Kunjungi halaman dukcapil.kemendagri.go.id/ 
  • Masukkan NIK di kolom yang disediakan 
  • Jika NIK Anda sudah terdaftar di database, maka detail lengkap informasi Anda akan muncul, termasuk nomor KK Anda.

Sangat simpel dan mudah kan?

Selain cara diatas, Anda juga bisa membuka website alternatif resmi milik pemerintah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi halaman layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/ 
  • Jika sudah terdaftar, masukkan nomor ponsel, kata sandi dan captcha yang diinginkan. Namun, jika Anda belum terdaftar, Anda dapat membuat akun terlebih dahulu dengan mengisi semua detail yang diperlukan
  • Setelah masuk dengan akun pribadi Anda, situs web akan menampilkan informasi tentang KK Anda yang terdaftar.

Misalnya, setiap kali Anda mengunjungi website yang mengalami gangguan, Anda juga bisa membuka situs resmi dukcapil di daerah tempat tinggal Anda masing-masing.

cek kartu keluarga online

Baca Artikel Selanjutnya :

Berikut ini beberapa halaman website resmi Disdukcapil daerah yang ada di Indonesia

  • Provinsi DKI Jakarta: kependudukancapil.jakarta.go.id/ 
  • Bandung: disdukcapil.bandung.go.id/
  • Kota Surabaya: dispendukcapil.surabaya.go.id/
  • Kota Medan: sibisa.pemkomedan.go.id/app
  • Provinsi Yogyakarta: kependudukan.jogjaprov.go.id/
  • Kota Bogor: disdukcapil.kotabogor.go.id/sikancil/

2. Cek Kartu Keluarga Melalui Media Sosial

Selain mengecek nomor KK melalui website resmi seperti cara di atas. Anda juga bisa menggunakan media sosial sebagai alternatif lain. Untuk ini, Anda bisa memeriksanya melalui sosial media seperti Facebook atau Twitter. Untuk akun resmi Dukcapil di Facebook adalah Ditjen Dukcapil, sedangkan akun Twitter-nya adalah @ccdukcapil.

Untuk mengetahui nomor KK atau informasi lain terkait data pribadi, silahkan bertanya melalui fungsi pesan langsung (DM) atau pesan langsung melalui Inbox. Hal ini untuk menjaga keamanan data Anda agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Cek Kartu Keluarga Melalui Layanan Email

Selain media sosial, email adalah cara praktis lainnya untuk mengetahui nomor KK. Caranya cukup sederhana karena hanya membutuhkan format yang sederhana. Seperti ini langkah-langkahnya:

  • Kirimkan nomor NIK yang tertera di KTP beserta nama dan data pribadi lainnya. 
  • Kemudian sampaikan tujuan Anda,  meminta nomor KK. 
  • Cantumkan dalam subjek email target. 
  • Kirim permintaan ke alamat email resmi: [callcenter.dukcapil@gmail.com]

Nah, setelah itu tinggal menunggu balasan dari dukcapil. Diperlukan waktu minimal 1×24 jam untuk menerima balasannya.

4. Cek Kartu Keluarga Melalui Aplikasi Whatsapp 

Bagi Anda yang ingin melakukan langkah yang lebih mudah daripada menggunakan email atau media sosial, aplikasi perpesanan, WhatsApp juga bisa Anda gunakan untuk mengecek nomor KK Anda.

Direktorat Jenderal Dukcapil memiliki nomor kontak resmi yang bisa dihubungi melalui Whatsapp. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menerapkan format yang diperlukan, seperti nama dan nama belakang, NIK, nomor telepon yang masih aktif, dan keluhan Anda. 

Pastikan Anda menuliskan identitas dengan akurat agar tidak diabaikan. Selain itu, tulis dengan detail, keluhan Anda mengenai pengecekan nomor KK. Kemudian kirim pesan ke nomor: +628118005373. Setelah mengirim pesan, yang tersisa hanyalah menunggu balasan dari Dukcapil setidaknya memerlukan waktu hingga 1×24 jam. 

Itulah dia empat cara cek kartu keluarga online yang bisa Anda lakukan dengan mudah melalui website resmi, sosial media, email maupun Whatsapp. Selain menggunakan keempat cara tersebut, Anda bisa menggunakan pesan SMS jika tidak mempunya koneksi internet. Untuk caranya sama persis dengan menggunakan aplikasi Whatsapp.

 

You may also like