Home Perencanaan 4 Alasan Bijak Sebelum Memberikan Smartphone kepada Anak

4 Alasan Bijak Sebelum Memberikan Smartphone kepada Anak

by Mas Abadi
smartphone pada anak

Smartphone sekarang ini sudah menjadi kebutuhan untuk orang dewasa dalam melakukan berbagai aktivitas dan kebutuhan lainnya. Tetapi, kebutuhan mengenai smartphone tersendiri tidak hanya dibutuhkan oleh orang dewasa, beberapa anak kecil pun sudah dipercayakan oleh orang tua nya untuk memiliki smartphone untuk menemani aktivitasnya. 

Berdasarkan riset dari situs inc, rata-rata anak yang sudah memasuki umur 10 tahun sudah memiliki smartphone dan diberikan fasilitas tersebut kepada orang tuanya. Namun, apakah memberikan smartphone kepada anak-anak termasuk tindakan yang tepat? Terutama untuk Anda yang sudah mempunyai anak dan masih mempertimbangkannya. 

Memberikan Smartphone kepada Anak

1. Melihat Aspek Motivasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan mengenai motivasi anak Anda yang menginginkan untuk memiliki smartphone. Apalagi jika pada prosesnya anak-anak Anda meminta smartphone secara mendadak, maka perlu mempertimbangkan dan pikir ulang. Sebelum memutuskan untuk membelinya, terlebih dahulu Anda menanyakan kebutuhan dan manfaatnya. 

Apabila alasannya akibat dari banyak anak-anak lainnya sudah memiliki smartphone dan memainkannya, maka dalam tahap ini Anda harus memikirkan ulang dan tidak langsung untuk memberikan smartphone kepadanya. Karena tindakan tersebut hanya akan membuat anak Anda kecanduan dan kebutuhannya pun belum terlalu mendesak. 

Tetapi, berbeda apabila kebutuhannya sendiri untuk meningkatkan keperluan belajar dan aktivitas yang menunjang masa depan, maka tidak ada salahnya Anda membelikan anak-anak Anda smartphone. Apalagi masa pandemi sekarang, banyak sekolah masih menerapkan sistem belajar online, sehingga membutuhkan smartphone sebagai sarana penunjang. 

Dengan adanya smartphone sendiri akan membuat anak-anak Anda akan lebih mudah melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi terbaru mengenai pembelajaran. Namun, tetap Anda harus memantau dan memperhatikan aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak Anda ketika sudah diberikan smartphone tersebut. 

2. Mengenal Cyber Security

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli atau memberikannya smartphone, maka perlu untuk diberikan penjelasan dan pemahaman menyeluruh terkait cyber security. Bagian ini menjadi sangat penting, ketika anak-anak Anda sudah mengakses berbagai situs dan media sosialnya sudah memahami mengenai dampak dan ancamannya. 

Hal ini harus Anda tanamkan sedini mungkin, sehingga anak-anak Anda tidak sembarangan dalam menggunakan smartphonenya tersebut dan memahami dampak yang akan terjadi. Apalagi jika smartphone pada anak Anda sering digunakan untuk main game, maka harus Anda berikan aturan sejak awal dan benar-benar harus dipahami semuanya secara keseluruhan. 

Dampak satu ini menjadi sangat penting untuk Anda lihat agar tidak salah langkah dalam melakukannya, sehingga semuanya harus tepat dan jelas sesuai dengan kebutuhan yang ada. Oleh karena itu, pastikan Anda sebelum memberikan anak-anak Anda yang masih kecil smartphone pertimbangkan dulu semuanya dan tidak sembarangan. 

Apabila mengharuskan untuk memberikannya HP atau smartphone, maka penting untuk memberikan pemahaman dan menentukan aturan yang jelas. Karena kebutuhannya sendiri untuk tidak terjebak dan kecanduan bermain smartphone yang berlebihan. 

3. Aplikasi yang Diinstal 

Sebelum Anda memberikan smartphone kepada anak Anda, maka mulai berikan beberapa ketentuan dan kesepakatan bersama. Termasuk mengenai beberapa aplikasi yang diperbolehkan untuk diinstall pada smartphone yang dipegang oleh anak Anda tersebut agar tidak salah dalam melakukannya. 

Dalam tahap ini sebagai orang tua Anda harus benar-benar bisa memahaminya secara keseluruhan agar tidak salah langkah dalam menentukannya. Sisi lainnya, prosesnya juga harus Anda lihat dan jangan sampai Anda langsung memberikannya saja tanpa ada pengawasan sama sekali. 

Sebelum Anda memutuskan untuk memberikannya, aktifkan fitur kids mode yang dari awal sebelum Anda memberikannya. Hal ini bertujuan untuk membuat anak-anak Anda hanya mengakses kebutuhan yang sesuai dengan usianya saja. Tindakan satu ini sangat penting untuk dilakukan, karena tidak mungkin setiap saat Anda memantau aktivitasnya. 

4. Memberikan Batasan Waktu 

Banyak kasus yang terjadi akibat kelalaian orang tua dalam memberikan smartphone kepada anaknya adalah tidak ada batasan waktu dan setiap hari mengakses smartphone yang dimilikinya. Bagian ini termasuk tindakan yang ceroboh dan jangan sampai Anda melakukannya dengan alasan biar anak tidak rewel dan diam saja dalam rumah. 

Tindakan tersebut termasuk dalam persepsi yang salah, karena membuat anak-anak Anda akan kesulitan berkonsentrasi dan mengganggu aktivitas lainnya, termasuk dalam belajar. Hal ini harus Anda pertimbangkan semuanya secara matang, jangan sampai Anda salah dalam bertindak dan memutuskan memberikan smartphone tanpa aturan yang jelas. 

Buat aturan yang sama mengikat, jika Anda ingin anak mematuhi perintah Anda tersebut tentu harus ada kesepakatan bersama, orang tua dan anak memiliki penggunaan smartphone berdasarkan pada waktu yang ditentukan, sehingga kebutuhan dan manfaat tetap berjalan sesuai dengan harapan masing-masing. 

 

Nah, memberikan smartphone kepada anak Anda dirumah memang harus mempertimbangkan banyak perhitungan. Oleh karena itu, semua aspek yang ada harus Anda tentukan dan pahami secara menyeluruh agar tidak salah langkah. 

You may also like