Home Investasi 3 Jenis Profil Resiko yang Harus Dikenali Sebelum Memulai Investasi

3 Jenis Profil Resiko yang Harus Dikenali Sebelum Memulai Investasi

by Mas Abadi

Untuk memulai investasi memang bisa dibilang susah dan gampang. Karena banyak orang yang belum mengetahui banyak tentang investasi dan banyak juga yang belum mengetahui tentang apa itu profil risiko, maka untuk Anda yang ingin memulai bisnis investasi juga harus kenal dulu dengan yang namanya profil resiko sebelum memulai bisnis atau investasi.

Apa sih itu profil risiko?

Sebelum Anda memulai investasi, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu profil risiko agar Anda tahu dulu investasi mana yang cocok dengan keuangan yang Anda miliki untuk memulai bisnis tersebut.  Apa saja sih risiko risiko yang ada di dalam bisnis tersebut? dan apakah masih bisa untuk ditoleransi? Mari kita coba simak bersama-sama jenis profil risiko investasi

  • Investor moderat

Investor moderat adalah investor yang sangatlah memahami resiko investasi karena ini masih sangat bisa menerima resiko dengan batasan tertentu. Investor satu ini dapat selalu mencari proporsi dengan seimbang antara dengan resiko yang ada dan pendapatan atau penghasilan yang ada.

Untuk Anda yang ingin memasuki investor tersebut berarti Anda sudah berani untuk mengambil resiko yang tinggi demi Anda ingin mendapatkan hasil yang tinggi juga karena resiko yang diambil sebanding dengan penghasilan yang diambil.

  • Investor konservatif 

Jika Anda sudah menginginkan investasi yang memiliki resiko yang besar dan memiliki fluktuasi yang sangat rendah. Berarti Anda termasuk mengambil profil risiko yang memiliki profil konservatif dan juga kalau Anda memiliki  pemikiran nilai investasi yang lebih kecil tetapi nilai keutuhanya terjaga di bandingkan memiliki keuntungan yang besar, itu tandanya Anda termasuk dalam kategori investor konservatif.

Karena investor konservatif lebih ingin menjaga keamanan modalnya. karena bagi yang memiliki profil konservatif penghasilan yang tidak begitu besar atau bisa dibilang kecil itu lebih penting daripada mereka kehilangan modalnya. di dalam profil walaupun penghasilan kecil dari modal awal Anda bisa mendapatkan keuntungan per tahunnya.

  • Investor agresif

Untuk Anda yang memasuki profil investor yang kali ini berarti Anda sudah mengerti kalau semakin besar keuntungan yang akan didapat semakin besar juga resiko yang akan Anda dapatkan. Karena bagi investor untuk mendapatkan hasil yang besar adalah tujuan utamanya tapi juga dengan resiko yang akan didapatkan. Bagi Anda yang tidak ingin menerima resiko yang tinggi. 

Tapi, dengan resiko yang mereka dapatkan dan penghasilan yang merek dapatkan mereka yang menjadi investor agresif juga mempunyai potensi yang tinggi dan mereka sudah siap untuk menghadapi resiko yang yang besar. profil investor yang kali ini sudah banyak yang sebut investor yang mencari resiko atau bisa dibilang pencari resiko  

Pentingnya Mengenal Profil Risiko Investasi

Untuk Anda yang ingin memulai bisnis investasi Anda juga sangat juga perlu mengetahui apa sih pentingnya mengenal profil profil tersebut? Karena itu sangat penting untuk mengetahui jenis – jenis investasi yang ingin dijalankan sesuai modal,pendapatan dan resiko yang akan diambil. Karena sekarang banyak investor yang baru memulai usahanya dan belum tahu jauh tentang semua hal tersebut.  

Salah satu hal yang tidak boleh kita lakukan yaitu adalah profil risiko investasi tersebut, sebenarnya ada 4 jenis profil risiko yang wajib kamu ketahui. Apa sih yang ke 4 tersebut? yaitu adalah sangat konservatif 

Sangat konservatif

Namanya profil kali ini sama dengan urutan nomor 2, tapi yang kali ini memiliki kata sangat konservatif yang memiliki fungsi yang jelas berbeda juga dengan urutan yang ke 2 tadi. orang yang memiliki profil investasi kali ini yang lebih mengedepankan nilai kebutuhan pokok  investasinya. Untuk investor yang kali ini memiliki tujuan untuk berinvestasi dengan jangka pendek. ciri ciri orang yang menggunakan pronil ini mereka tidak membiarkan kerugian yang beresiko terhadap nilai pokok sekecil apapun itu. ini biasanya dilakukan untuk memilih investasi yang berupa tabungan.

Cara Mengetahui Jenis Profil Risiko Investasi Sebelum Memulai Bisnis

Mengetahui jenis investasi sana juga sangat diperlukan untuk Anda yang ingin memulai investasi, bagaimana sih cara mengetahui jenis profil risiko investasi tersebut? Untuk mengetahui profil risiko penyedia investasi akan memberikan kuesioner resikonya kepada Anda. Kuesioner adalah berupa jenis pertanyaan yang untuk mengetahui resiko dan keuntungan yang akan didapatnya juga Anda bisa mengetahui tinggi atau rendahnya resiko yang akan Anda terima apah siap atau tidaknya.

Demikianlah pembahasan tentang  jenis-jenis profil risiko investasi yang dapat kami rangkum kali ini untuk Anda yang ingin memulai bisnis tersebut, semoga bisa membantu Anda untuk mengetahui lebih dalam sebelum Anda memulai bisnis tersebut jadi jangan terburu buru untuk memulai bisnis tersebut sebaiknya ketahui resikonya juga

You may also like