Home Bisnis 3 Fungsi Utama Manajemen Keuangan

3 Fungsi Utama Manajemen Keuangan

by Mas Abadi
fungsi manajemen keuangan

Manajemen keuangan memiliki peran penting dalam berbagai aktivitas bisnis. Tanpa adanya hal ini, mustahil proses pangalokasian dana berjalan sesuai rencana. Akan sulit bagi perusahaan melakukan proses produksi hingga penjualan ke konsumen, manajemen keuangan harus berjalan dengan baik supaya perusahaan tidak merugi. Oleh karena itu dibutuhkan peran dari manajer keuangan yang ahli dan berpengalaman dalam bidangnya.

Setiap pimpinan perusahaan bertanggung jawab mengambil keputusan penting bagi keberlangsungan bisnis. Sehingga sudah menjadi tugasnya untuk manajemen keuangan perusahaan sesuai prinsip-prinsip yang berlaku. Terutama dalam hal investasi dan pembiayaan seluruh operasional harus dilakukan secara efektif dan efisien. 

Dalam menggunakan dan memenuhi kebutuhan keuangan perusahaan, Anda harus mengetahui fungsi manajemen keuangan sesungguhnya. Mulai dari perencanaan, pengarahan, hingga pengendalian terhadap aktivitas investasi, pembiayaan dan kebijakan dividen. Silahkan simak informasi terkait 3 fungsi utama manajemen keuangan di bawah ini.

Mengenal Fungsi Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Setiap perusahaan tentu membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan operasional. Dana tersebut harus dikelola dengan baik dan terarah, untuk itu perlu memperhatikan manajemen keuangannya. Ini berhubungan dengan upaya atau cara memperoleh dana dengan mengurangi biaya perusahaan yang ingin mencapai berbagai tujuan. Manajemen keuangan menurut Martono dan Harjito (2010) mempunyai beberapa fungsi, diantaranya keputusan investasi, pendanaan, serta pengelolaan aset.

  1.     Keputusan Investasi (Investasi Decision)

Merupakan kebijakan atas penanaman modal pada aktiva finansial dan aktiva tetap. Contoh aktiva finansial seperti saham, obligasi atau surat—surat berharga. Sedangkan aktiva tetap meliputi gedung, alat, dan tanah. Perlu diketahui, keputusan investasi sangat penting karena berpengaruh langsung terhadap rentabilitas investasi serta cash flow perusahaan untuk masa mendatang.

  1.     Keputusan Pengelolaan Aset (Asset Management Decision)

Dalam hal ini manajemen keuangan berfungsi memastikan tujuan perusahaan dapat terwujud dan maksimal hasilnya. Manajer keuangan bersama manajer-manajer lain bertanggung jawab penuh terhadap pengoperasian aset-aset yang ada dalam perusahaan. Inilah yang dimaksud dengan keputusan pengelolaan aset.

  1.     Keputusan Pendanaan (Financing Decision)

Meliputi kebijakan manajemen dalam melakukan pencairan dana di perusahaan. Baik jangka pendek maupun panjang, seperti menerbitkan obligasi. Kebijakan ini dapat berasal dari pihak luar atau dalam perusahaan itu sendiri. Dua hal yang menjadi titik berat keputusan pendanaan adalah penetapan tentang pertimbangan pembelanjaan terbaik dan keputusan mengenai penetapan sumber dana yang dibutuhkan untuk membiayai kegiatan investasi.

Tujuan Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Dilansir dari Management Study Guide, terdapat 5 tujuan manajemen keuangan. Umumnya berkaitan dengan alokasi dan pengendalian sumber daya keuangan, serta pengadaan dana yang perlu diperhatikan. Diantaranya yakni:

  •       Merencanakan struktur modal yang sehat demi keseimbangan antara modal ekuitas dan hutang yang bisa terjaga.
  •       Memastikan keamanan investasi dalam usaha sehingga tingkat pengembalian yang memadai bisa dicapai.
  •       Memastikan pemanfaatan dana sudah berjalan optimal. Dana yang diperoleh perusahaan dari berbagai sumber memang harus dipakai semaksimal mungkin dengan porsi paling sedikit.
  •       Memastikan pengembalian yang memadai kepada pemegang saham. Hal ini sangat bergantung pada harga pasar saham, kapasitas penghasilan, serta ekspektasi pemegang saham itu sendiri.
  •       Memastikan pasokan dana memadai dan digunakan secara teratur.

Alasan Manajemen Keuangan Penting Bagi Perusahaan

Ada beberapa alasan penting kenapa manajemen keuangan harus berjalan baik. Diantaranya adalah:

  •       Memberikan stabilitas ekonomi
  •       Meningkatkan nilai keseluruhan organisasi atau perusahaan
  •       Membantu meningkatkan profit atau keuntungan
  •       Mendorong karyawan menghemat anggaran
  •       Membantu mengambil keputusan penting terkait keuangan
  •       Membantu mengalokasikan dana yang diperoleh atau diterima secara efektif.
  •       Membantu perusahaan dalam merencanakan dan memperoleh dana.

Berikut ini 3 aktivitas yang berkaitan dengan manajemen keuangan:

  •       Aktivitas penggunaan dana terhadap investasi yang dilakukan perusahaan. Contohnya aktiva finansial dan aktiva riil.
  •       Aktivitas pengelolaan aktiva yang harus dikelola seefisien mungkin.
  •       Aktivitas perolehan dana internal maupun eksternal perusahaan.

Fungsi dan Tugas Manajer Keuangan

Manajer keuangan umumnya bertugas membuat plan, mencari, serta mengoptimalkan pemanfaatan dana perusahaan. Setidaknya orang yang mengemban jabatan ini harus memiliki pengetahuan luas tentang pasar uang dan cara memperolehnya. Manajer keuangan bisa disebut sebagai ujung tombak pengambilan keputusan, sangat penting karena berhubungan dengan uang perusahaan. Berikut ini beberapa fungsi dan tugas manajer keuangan yang perlu diketahui:

  •       Perencanaan keuangan mulai dari arus kas serta laba rugi yang terjadi di perusahaan.
  •       Membuat anggaran mulai dari pengalokasian hingga penerimaan dana perusahaan yang harus digunakan semaksimal dan seefisien mungkin.
  •       Mengendalikan keuangan perusahaan serta sistem keuangannya, kemudian melakukan evaluasi perbaikan.
  •       Memeriksa keuangan perusahaan. Segera mengatasi penyimpangan yang muncul kalau ditemukan selama audit internal.
  •       Membuat laporan keuangan perusahaan dan melakukan analisis rasio keuangan. Melalui laporan ini, para pemegang saham dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan tersebut.

Itulah 3 fungsi utama manajemen keuangan, pengertian serta tujuannya bagi perusahaan. Dapat disimpulkan bahwa hal ini sangat penting dan harus dilakukan sebaik mungkin karena berkaitan dengan aktivitas bisnis. Semoga dapat dimengerti.

 

You may also like