Home Perencanaan 10 Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

10 Tips Mengelola Keuangan Rumah Tangga

by Mas Abadi
keuangan rumah tangga

Mengetahui cara mengelola keuangan saat sudah berumah tangga menjadi hal yang paling penting. Kadang-kadang tanpa Anda sadari kebutuhan rumah tangga ini dapat menghabiskan banyak uang dan mengakibatkan keuangan menjadi sangat boros. Belum lagi, apabila ada keperluan yang tidak terduga dan memerlukan dana yang cepat. Sering sekali hal ini menjadikan Anda kesulitan. 

Oleh karena itu, untuk mengatasi nya, kami akan berbagi tips mengelola keuangan rumah tangga dengan benar dan tepat untuk Anda. Mari simak ulasannya di bawah ini. 

Buatlah rincian keuangan 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengelola keuangan yaitu dengan buat rincian keuangan. Sama saja dengan pembukuan, di dalam rinciannya Anda dapat menuliskan pendapatan dan juga pengeluaran per harinya. Dengan demikian, Anda dapat mengontrol uang yang masuk dan keluar dengan mudah serta Anda tahu uang tersebut untuk kebutuhan apa saja. 

Buat rincian belanja bulanan dengan matang 

Masing-masing rumah tangga tentu saja mempunyai kebutuhan bulanan yang wajib untuk dipenuhi. Supaya biaya belanja yang akan dikeluarkan tidak banyak, Anda wajib bisa membuat rincian biaya belanja ini dengan benar. Cara mengelola keuangan ini dapat membuat Anda menjadi tahu apa saja barang yang harus dibeli dan berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan.

Sehingga Anda dapat menekan barang-barang yang tidak dibutuhkan, agar hemat dan tidak terlalu banyak mengeluarkan uang untuk hal yang kurang penting. 

Membuat simulasi cicilan 

Jika Anda berencana untuk mengambil angsuran, baik itu kendaraan maupun rumah, ada baiknya untuk membuat simulasinya. Simulasi ini untuk mengetahui berapa cicilan yang harus dibayarkan beserta dengan bunganya. Dengan melakukan cara ini, Anda dapat mengetahui angsuran tersebut sesuai dengan kemampuan atau tidak. 

Hitung semua pendapatan 

Supaya cara mengelola keuangan Anda bisa sangat efektif, sangat penting untuk menghitung semua pendapatan selama sebulan. Untuk hal ini, masukkan seluruh pendapatan utama dan tambahan yang Anda miliki dengan pasangan. Mempunyai catatan pendapatan bisa memudahkan Anda saat akan mengelola keuangan. Mengapa? 

Sebab Anda dapat langsung mengelola pengalokasian biaya untuk keperluan yang akan dipenuhi. 

Hemat saat memakai listrik 

Pemakaian listrik di dalam sebuah rumah memiliki pengaruh yang sangat penting untuk pengeluaran uang. Oleh sebab itu, sebisa mungkin Anda harus hemat memakai listrik. Lakukan sejumlah cara untuk menghemat listrik, misalnya memakai alat-alat elektronik seperlunya dan memakai lampu secukupnya. 

Cara mengelola keuangan yang satu ini juga bisa membantu Anda agar hidup menjadi hemat. 

Bijak saat memakai kartu kredit 

Walaupun bisa memberikan Anda banyak kemudahan, kartu kredit ini pun dapat memasukkan Anda ke dalam lingkaran hutang dengan nominal yang besar dan waktu yang lama jika Anda memakainya secara boros. Pemakaian kartu kredit yang bijak juga menjadi salah satu cara mengelola keuangan yang tepat. 

Saran untuk Anda yang menggunakan kartu kredit, jika Anda tidak mampu untuk memakainya dengan bijak, maka ada baiknya untuk tidak menggunakan kartu kredit ini. 

Jangan tunda membayar hutang 

Telah menjadi hal yang wajar saat berumah tangga mempunyai hutang. Mulai hutang kepada lembaga maupun ke Bank. Tidak ada yang menyalahkan Anda jika mempunyai hutang, namun pastikan Anda bisa membayarnya dengan tepat waktu. Jika Anda menunda bayar hutang, maka hutangnya terus akan menumpuk dengan tambahan bunga dan juga denda yang harus Anda bayarkan. 

Tentu saja hal ini menjadikan keuangan dalam rumah tangga Anda berantakan dan sulit untuk membenarkannya kembali. Untuk itu, jangan sampai hal ini terjadi ya! 

Jangan menambah limit hutang 

Cara mengelola keuangan selanjutnya yang bisa Anda terapkan yaitu jangan menambah limit hutang. Memang mengelola keuangan dengan benar dan tepat tidak berarti tidak boleh memiliki hutang. Namun, supaya keuangan bisa stabil, Anda wajib mengetahui berapa besaran limit serta resiko yang Anda miliki ketika menentukan besaran hutang tersebut. 

Sesuaikanlah besaran hutang dengan penghasilan Anda serta pastikan kebutuhan lainnya bisa tetap terpenuhi dengan baik. 

Menyimpan dana darurat

Menyimpan sebagian uang untuk keperluan darurat merupakan hal yang tidak dapat diabaikan. Karena, di dalam rumah tangga sering terjadi hal tak terduga dan memerlukan dana dengan cepat. Untuk itu, saat sudah mempunyai dana darurat, Anda tidak lagi bingung untuk mencari dana ketika ada kebutuhan mendadak. Cara ini harus bisa Anda lakukan agar tidak banyak berhutang yang mengakibatkan sulit mengelola keuangan. 

Berinvestasi 

Investasi tidak hanya menjadi tren saja, namun mempunyai banyak manfaat untuk keperluan di masa mendatang. Untuk Anda yang sudah bisa berpikir jangka panjang, pasti setuju jika menyimpan uang untuk investasi ini sangat menguntungkan dibandingkan dengan membeli barang yang sifatnya keinginan saja. 

Demikianlah beberapa tips mengelola keuangan dalam rumah tangga yang bisa Anda terapkan sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya! 

You may also like