Home Bisnis 10 Sikap yang Bikin Kamu Sulit Jadi Pengusaha

10 Sikap yang Bikin Kamu Sulit Jadi Pengusaha

by Mas Abadi

Banyak orang yang bermimpi untuk bisa jadi pengusaha sukses. Bisa merintis usaha sendiri, menghasilkan sebuah produk dan memiliki banyak karyawan.

Jika dibandingkan dengan bekerja kantoran, berwirausaha memang lebih fleksibel. Kamu bisa bekerja kapan saja dan tak perlu pergi ngantor. Tapi untuk bisa menjadi seorang pengusaha ternyata tidaklah mudah. Banyak sekali proses yang harus dilalui ketika kamu mulai merintis suatu usaha, dari menyiapkan modal hingga menentukan berbagai strategi yang tepat.

Tak sedikit yang pada akhirnya menemui kegagalan dalam setiap prosesnya untuk menjadi pengusaha. Kegagalan tersebut bukan karena modal yang terbatas atau tidak adanya peluang, melainkan datang dari diri sendiri. Terbiasa dengan sikap-sikap yang justru menjauhkan kamu dari kesuksesan.

Apa saja itu ? Simak 10 sikap yang bisa bikin kamu sulit untuk jadi pengusaha berikut ini.

  • Sikap Malas

Meskipun pengusaha tidak seperti orang kantoran yang punya aturan waktu, namun bukan berarti kamu bisa selalu santai dan bermalas-malasan. Jika memang berniat untuk jadi pengusaha, jam kerjamu justru bisa melebihi para pegawai kantoran. Tak kenal pagi, siang, dan malam bahkan di akhir pekan pun juga tidak ada kata libur. Nah, jika selama ini kamu cenderung malas, sebaiknya mulailah ubah sikap itu.

  • Suka Mencari-cari Alasan

Apakah kamu terbiasa mencari-cari alasan ketika akan melakukan sesuatu ? Ada saja alasan yang kamu buat untuk menghindari sesuatu yang justru bisa mendatangkan kesuksesan. Contohnya, saat ada kesempatan atau peluang di depan mata, kamu hanya sibuk mencari alasan. Pada akhirnya kamu bakal kehilangan kesempatan tersebut dan semakin jauh dari kesuksesan.

  • Terlalu Ingin Cepat Kaya

Pada dasarnya kesuksesan itu tidak mungkin bisa diraih hanya dalam waktu sebentar. Namun sayangnya, masih banyak yang ingin sukses dan kaya dengan cara instan. Tergiur dengan berbagai motivasi yang mengatakan bahwa kesuksesan bisa didapatkan hanya dalam kurun waktu beberapa bulan dan kurang dari setahun. Jika kamu terlalu fokus agar cepat dapat uang yang banyak, maka kemungkinan besar kamu akan gagal jadi pengusaha.

  • Mudah Putus Asa

Gagal adalah hal yang biasa dan bisa dirasakan oleh siapa saja yang sedang berproses untuk menjadi pengusaha sukses. Namun kegagalan seharusnya dimaknai sebagai pembelajaran saja, bukan malah bikin kamu mudah menyerah dan putus asa. Karena untuk menjadi pengusaha, kamu harus punya mental yang kuat sehingga tidak boleh cepat menyerah atau hanya menangisi nasib.

  • Suka Berfoya-fota Menghamburkan Uang

Saat ini orang-orang suka menghamburkan uang dengan berdalih “self reward”. Mungkin kamu termasuk salah satunya ? Jika iya, maka sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang. Karena ketika kebiasaan buruk ini terus dilakukan, kamu akan sulit untuk mewujudkan impian menjadi pengusaha.  

  • Anti Kritik

Untuk menjadi pengusaha, kamu harus terbuka dengan segalam macam saran dan kritik, apalagi jika itu membangun. Karena dalam menjalankan usaha apapun, kritik memang tidak akan bisa dihindari. Jadi, ada baiknya jangan anti kritik dan dengarkan berbagai macam masukan dari orang lain.  

  • Ragu Dalam Mengambil Keputusan

Ini merupakan sikap selanjutnya yang sebaiknya kamu hindari jika ingi jadi pengusaha. Karena setiap pengusaha tentu akan dihadapkan dengan banyak masalah dan kendala yang butuh segera diatasi. Nah, kamu tidak boleh ragu dalam mengambil keputusan agar tidak salah menentukan langkah yang tepat bagi usaha kamu.

  • Suka Menyalahkan Orang Lain

Ketika kamu gagal dalam sebuah proses, apakah orang lain yang selalu kamu salahkan ? Ini adalah sikap yang bikin kamu sulit untuk berhasil. Karena kamu tidak pernah intropreksi pada diri sendiri sehingga kecil kemungkinan untuk bisa belajar dari kegagalan.

  • Tidak Punya Tujuan yang Jelas

Sukses atau tidaknya sebuah usaha tergantung dengan pemiliknya. Jika kamu belum punya tujuan yang jelas, maka bagaimana usahamu bisa maju ? Dan dalam menentukan strategi yang tepat juga harus didasari dari visi misi yang jelas. Tanpa itu semua mustahil usaha kamu bisa berjalan lancar dan mungkin saja tidak akan bertahan lama. 

  • Tidak Terorganisir

Seorang pengusaha harus punya kebiasaan yang baik dalam mengatur kehidupannya. Terutama dalam mengorganisir waktu karena kamu pasti akan disibukkan dengan berbagai rutinitas yang padat. Misalnya, janjian bertemu klien atau menyelesaikan pesanan konsumen. Jika tidak diatur sebaik mungkin maka sulit untuk bisa tepat waktu. Padahal kamu akan selalu berurusan dengan banyak orang. Maka dari itu, atur sebaik mungkin segala sesuatunya mulai dari sekarang.

Nah, itulah tadi 10 sikap yang bikin kamu sulit untuk menjadi pengusaha. Semoga semua sikap di atas bisa kamu hindari, ya !  

 

You may also like