Home Bisnis 10 Alasan Kenapa Usahamu Bangkrut 

10 Alasan Kenapa Usahamu Bangkrut 

by Mas Abadi

Sebagai pengusaha, kamu pasti akan sebisa mungkin menjalankan usaha dengan sebaik mungkin agar dalam prosesnya tidak banyak mengalami sebuah kegagalan dan kerugian. Salah satu yang menjadi musuh para pengusaha adalah jika usaha yang dijalani akhirnya mengalami kebangkrutan. Jika hal ini terjadi maka bisnis yang sudah di jalani dengan susah payah akan mengalami berbagai kerugian akibat bangkrut yang sudah terlanjur sudah terjadi. 

Maka dari itu para pengusaha biasanya menghindari segala macam kemungkinan yang akan membuat usaha yang di jalani jadi bangkrut. Karena dampak dari kebangkrutan pada sebuah usaha sangat berpengaruh pada keuangan yang didapat, selain itu juga akan berisiko pada pemecatan karyawan dan hutang yang bakalan menumpuk. 

Nah untuk mencegah usaha yang kamu jalani mengalami kebangkrutan, kamu harus mengetahui sebenarnya apa saja alasan kenapa usahamu bangkrut. Sehingga kamu bisa dengan mudah menghindari hal yang akan membuat usaha menjadi bangkrut. Ini dia 10 alasan kenapa usahamu bangkrut. 

1. Tidak Memiliki Rencana Usaha Yang Matang

Dalam menjalankan sebuah usaha, biasanya yang paling penting untuk dilakukan adalah membuat rencana usaha dengan sebaik mungkin agar dapat mencapai sebuah usaha yang berjalan dengan baik juga. Jadi bagaimana sebuah usaha akan berjalan dengan baik jika kamu tidak memiliki rencana usaha yang matang. 

Maka alasan pertama yang akan membuat usaha kamu bangkrut adalah jika kamu tidak memiliki rencana dalam usaha yang matang, sehingga usaha kamu rentan menemui berbagai masalah baru dan menyebabkan banyak kerugian. 

2. Seringkali Salah Dalam Mengelola Keuangan

Alasan kedua, kenapa usaha kamu bangkrut adalah tidak akan jauh dari masalah dalam mengelola keuangan. Karena dalam sebagai usaha mengelola keuangan adalah suatu hal yang sangat penting kamu perhatikan dengan baik. Sedikit saja kamu salah salam melaksanakan pemaSUkan data dalam keuangan, maka kamu akan mendapati kerugian. 

Nah apalagi jika kamu seringkali salah dalam mengelola keuangan, maka dampak yang pasti akan terjadi pada usaha kamu adalah sebuah kebangkrutan yang bahkan banyak menimbulkan kerugian lain selain keuangan. 

3. Usaha Yang Dijalani Tidak Inovatif

Alasan ketiga kenapa usaha kamu jadi bangkrut adalah bahwa usaha yang dijalani tidak inovatif. Maksud kamu hanya menjalankan sebuah usaha yang itu saja tidak ada hal yang menarik yang membuat konsumen jadi banyak tertarik menjadi bagian dari usaha yang kamu jalani. 

Maka ketika semua orang merasa bisnis yang kamu jalani tidak menarik lagi, tidak ada perubahan dan membosankan maka dampak yang akan terjadi adalah sebuah kebangkrutan yang tidak dapat dihindari sebelum kamu biaa lebih inovatif lagi. 

4. Kekurangan Modal

Alasan keempat adalah bahwa usaja yang kamu jalani sudah mulai kekurangan modal. Karena dalam sebuah usaha modal sangat dibutuhkan untuk membuat sebuah usaha terus berjalan maka jika tidak ada modal kamu tidak bisa menjalankan usaha tersebut. 

5. Terlalu Banyak Pinjaman

Alasan kelima adalah bahwa kamu terlalu banyak pinjaman, sebenarnya memang tidak salah jika dalam usaha pinjaman banyak dilakukan oleh para pengusaha. Tetapi banyak usaha yang tidak memaksimalkan pinjaman tersebut membuat banyaknya pinjaman yang lain dan menumpuk. 

6. Usaha Dijalankan Oleh Orang-orang Yang Salah

Alasan keenam adalah jika dalam usaha yang kamu jalankan banyak diisi oleh orang-orang yang salah. Jika sebelah nya banyak membahas alasan karena uang, maka alasan ini juga sering terjadi pada setiap perusahaan. Yaitu dikarenakan oleh orang-orang yang salah, maksudnya salah adalah seseorang yang bekerja tidak kompeten, tidak jujur dan melakukan hal buruk lainnya. 

7. Tidak Siap Dalam Perkembangan Zaman

Kehidupan di dalam masyarakat akan berjalan terus menerus, begitu juga dengan usaha yang kamu jalani. Sebuah usaha akan terus mengalami perkembangan dan perubahan yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Maka alasan ketujuh usaha kamu bangkrut adalah jika sebuah usaha tidak siap dalam perkembangan zaman. 

8. Kalah Dalam Bersaing Dengan Kompetitor

Salah satu yang membuat usaha kamu bangkrut adalah banyaknya pesaing, sebenarnya dalam usaha pasti ada kompetitor yang bersaing dalam bisnis. Maka jika kamu kalah dalam bersaing dengan kompetitor maka kamu akan mengalami kebangkrutan. 

9. Sulit Mencapai Target 

Memiliki target dalam sebuah usaha adalah suatu hal yang biasanya diharuskan, karena dengan mencapai target tersebut berarti kamu bisa melewati masa kritis salam keuangan perusahaan. Jika. Target itu sulit tercapai kamu akan menghadapi masalah. 

10. Jarang Melakukan Evaluasi

Evaluasi dalam sebuah usaha adalah suatu hal yang harus dilakukan, evaluasi bertujuan untuk melihat seperti apa perkembangan sebuah usaha agar jika ada masalah bisa diselesaikan dan jika sudah sesuaikan bisa dipertahankan. 

Nah itu dia 10 alasan kenapa usahamu bangkrut, dengan berbagai alasan yang sudah kamu ketahui ini kamu jadi bisa belajar agar tidak melakukan hal yang membuat usaha kamu menjadi bangkrut. Jadi kamu bisa melakukan evaluasi dan belajar dari beberapa alasan di atas agar tidak terkena bahkan agar tidak mendekati sebuah kebangkrutan yang sangat merugikan kamu dan orang-orang yang berkaitan dengan usaha yang kamu jalani. 

You may also like